19 Khasiat Bangle Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Luar Biasa

Khasiat bangle tentu saja berbeda dengan jahe, karena keduanya adalah temu – temuan yang beda jenis. Nama ilmiah bangle adalah Zingiber purpureum roxb atau zingiber cassumunar atau zingiber montanum. Tanaman rempah – rempah ini masih banyak ditemukan di pedesaan.

Manfaat Umbi Bangle
Ciri – ciri tanaman bangle

Banyak orang mengatakan, jika tanaman bangle mirip dengan jahe. Bahkan, aromanya sangat mirip. Tanaman obat ini merupakan umbi batang, dengan rimpang menjalar. Warna rimpangnya kuning muda.

Daun bangle letaknya selang – seling, bentuknya lonjong dan lancip. Sedangkan bunganya berbentuk tandan, bentuknya khas. Bentuk bunganya akan membuat tanaman ini sangat mudah dikenali sebagai Bangle, warnanya putih kemerahan.

Apa saja kandungan bangle?

Zat penting yang terkandung dalam umbi bangle seperti minyak atsiri (Pinene, terpinen, Sineol, dan Sisquiterpen), asam organik, Gom Albumioid, damar, mineral, lemak, dan gula.

Rimpang Z. montanum juga mengandung sabinene, butadiene, phenylbutanoids, trans, dan trans-4. Zat lain yang terdapat di dalam umbinya termasuk antioksidan cassumunarin A, cassumunarin B, dan cassumunarin C.

Sedangkan daunnya mengandung pinene, sabinene, caryophyllene, ocinene, dan triquinacene.

Minyak atsiri dalam bangle bersifat karminatif. Selain itu, tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi, antipiretik, dan analgesik. Jadi, sangat efektif sebagai obat tradisional.


19 Khasiat Bangle Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Luar Biasa


Sejak ratusan tahun lalu, orang Asia Tenggara sudah menggunakan Bangle untuk mengobati beberapa jenis penyakit di bawah ini:

1. Mengobati sembelit


Masalah pencernaan ini biasanya disebabkan oleh kekurangan serat, selain faktor lainnya. Akibatnya, BAB tidak lancar dan terasa sakit. Untuk mengatasinya, cukupi kebutuhan serat harian anda.

Obat tradisional untuk mengatasi sembelit, salah satunya adalah bangle. Rebus 20 gram rimpang bangle, bersama 2 gelas air. Biarkan air menyusut hingga segelas. Minum di pagi dan sore hari.

Selengkapnya: Cara Mengobati Wasir Secara Tradisional !

2. Obat alami penurun demam

Tubuh menggigil dan kedinginan seperti pada demam, dapat diatasi dengan bangle. Rasa pedas rempah ini mampu menghangatkan tubuh dan meredakan demam.

Caranya, parut 20 gram bangle. Rebus bersama segelas air dan, lalu tambahkan 1 sdm madu murni dan perasan jeruk nipis. Minum obat penurun demam ini di pagi dan sore hari.

Lainnya: Cara Mengobati Demam Berdarah Secara Alami

3. Mengatasi perut mulas

Ketika perut anda terasa mulas hendak muntah, buatlah ramuan tradisional untuk meredakannya. Ambil ½ jari rimpang bangle, lempuyang wangi, kencur, dan jahe. Iris tipis – tipis semua bahan alami tersebut, kemudian rebus bersama segelas air. Biarkan hingga airnya tinggal setengah gelas. Minum airnya, selagi hangat.

4. Mengatasi sakit perut akibat maag

Rasa nyeri akibat kenaikan asam lambung, dapat diredakan dengan minum wedang jahe yang dicampur dengan parutan bangle dan kunyit. Tiga jenis temu – temuan ini mampu menetralisir produksi asam lambung.

Selengkapnya: 9 Cara Mengobati Maag Dengan Bahan Alami !

5. Mengobati cacingan

Perut buncit badan kurus, merupakan satu indikasi anak terserang penyakit cacingan. Untuk mengobatinya, gunakan bangle. Tumbuk 30 gr bangle ( 3 jari ), 5 lembar daun sirih, 2 jari temu keeling atau temu hitam, dan 7 biji ketumbar. Seduh dengan segelas air panas, minum setelah airnya menjadi hangat.

Lebih lengkap: 12 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Dan Orang Dewasa !

6. Sakit kepala

Bangle dapat dimanfaatkan sebagai obat luar untuk meredakan sakit kepala. Caranya, parut rimpangnya dan campur dengan sedikit air. Terapkan krim ini pada bagian kepala yang sakit, pijat dengan lembut. Rasa hangat yang ditimbulkan mampu membuat otot – otot di bagian kepala, menjadi rileks.

Lebih detail: 23 Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami !

7. Obat batuk berdahak

Infeksi benda asing akan dikeluarkan berupa dahak, yang biasanya disertai batuk. Bangle di sini digunakan sebagai pelega tenggorakan, tidak berbeda dengan jahe.

Caranya, peras 2 buah jeruk nipis dan campur dengan segelas air. Gunakan air tersebut untuk merebus 5 gr rimpang bangle, sampai air tersisa setengahnya. Minum 3 kali dalam sehari.

Lebih lengkap: 7 Obat Alami Untuk Semua Jenis Batuk !

8. Mengatasi sakit kuning

Untuk meredakan demam kuning, parut 20 gram bangle dan rebus bersama segelas air. Campur dengan air jeruk nipis dan madu murni, minum di pagi dan sore hari.

9. Mengobati masuk angin

Efek panas dari bangle, mampu membuka pori – pori kulit dan menghangatkan tubuh. Campur dengan minyak sayur, aduk hingga membentuk krim. Oleskan pada badan, pijit – pijit seperti penggunaan balsem.

Untuk dikonsumsi, buatlah ramuan herbal. Parut 15 gram bangle, campur dengan ½ cangkir air panas dan 2 sdm madu. Peras dan saring untuk mengambil sarinya. Minum di pagi dan malam hari.

10. Mengobati gejala rematik

Rasa nyeri, bengkak, radang, dan sakit akibat reumatik dapat diatasi dengan bangle. Caranya, haluskan rimpang bangle dan campur dengan sedikit air hingga terbentuk krim. Terapkan pada kaki atau tangan yang sakit, pijat dengan lembut hingga rasa sakit menghilang.

11. Mengatasi begah

Akibat makan terlalu banyak adalah kekenyangan dan begah. Seseorang akan sulit bergerak, perut kembung, dan merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, gunakan daun bangle seperti penggunaan untuk menambah nafsu makan.

12. Menambah nafsu makan

Selain temulawak yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, bangle juga sering digunakan untuk mengatasi masalah ini. Bukan rimpangnya, tapi daunnya.

Remas selembar daun bangle, untuk mengeluarkan sarinya. Rebus sari tersebut, bersama segelas air. Minum setiap hari.

13. Mengurangi berat badan

Bangle yang direbus dan dicampur dengan air jeruk nipis, mampu mengontrol lemak tubuh. Tapi harus diingat, cara ini harus disertai oalharaga teratur dan asupan gizi yang seimbang. Pilih makanan yang rendah lemak, supaya diet berhasil.


Khasiat Bangle Untuk Kesehatan Lainnya


Bumbu dapur ini juga mujarab untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti di bawah ini:

  • Sebagai bahan campuran pembuatan jamu tradisional.
  • Sebagai pelangsing perut bagi Ibu-ibu setelah melahirkan.
  • Meringankan penyakit gangguan saraf.
  • Menyembuhkan luka luar.
  • Mencegah penuaan dini.
  • Mengencangkan kulit wajah.

Nah, demikian 19 khasiat bangle untuk kesehatan dan kecantikan. Mungkin anda berfikir untuk menanam tanaman obat ini di kebun atau pekarangan? Silahkan saja, karena itu bukan ide yang buruk.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

19 Khasiat Bangle Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Luar Biasa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.