21 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Buah pepaya punya sederet manfaat kesehatan yang menakjubkan. Buah dengan tekstur lunak ini cocok dikonsumsi dalam berbagai jenis makanan olahan, ataupun dimakan dalam keadaan segar. Bukan hanya lezat sebagai es buah, tapi pepaya juga dapat menjadi obat alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

21 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Dan Pengobatan
Apa kandungan pepaya?

Manfaat pepaya berasal dari berbagai nutrisi gizi yang cukup lengkap di dalamnya. Buah ini mengandung vitamin A, C, E, K, asam pantotenat (vitamin B5), folat, dan betakaroten. Mineral penting di dalamnya seperti magnesium, kalsium, kalium, dan tembaga.

Buah pepaya juga dilengkapi dengan senyawa karotenoid seperti lutein dan zeaxanthin. Nutrisi penting lainnya dalam buah ini termasuk enzim papain, fiber-3, glikosid, pectin, karpain, karposid, glutamine, saponin, karpaina, vitokinose, lycopene (salah satu antioksidan alami), dll.

Pepaya punya nama ilmiah, Carica papaya L. Buah yang berasal dari Mexico ini masih tergolong keluarga Caricaceae, dimana tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah dan tinggi (sekitar 1 km di atas permukaan laut).


21 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Dan Pengobatan


Mungkin anda tidak menduga bahwa di balik rasa manis dari buah ini tersimpan berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti berikut ini:

1. Baik untuk kesehatan mata


Buah pepaya mengandung zeaxanthin, yaitu senyawa yang memiliki sifat antioksidan kuat. Senyawa ini berguna untuk melindungi mata dari sinar biru berbahaya, yang dapat memicu risiko degenerasi makula.

2. Mencegah peradangan

Buah pepaya memiliki sifat anti inflamasi, yang berguna untuk mengatasi peradangan pada bagian tubuh. Makanan alami ini baik dikonsumsi oleh penderita edema maupun arthritis. Enzim dalam buah ini juga membantu dalam mencegah kanker.

3. Baik untuk jantung

Kombinasi kalium dengan natrium dan vitamin lainnya, efektif untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Enzim papain dalam pepaya juga berguna untuk mencegah oksidasi kolesterol, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bagi anda yang mudah terserang penyakit ringan seperti flu dan infeksi, sebaiknya perbanyak makan buah-buahan termasuk pepaya. Imunitas tubuh akan meningkat disebabkan asupan vitamin A, betakaroten, dan vitamin C yang berlimpah di dalamnya.

5. Baik untuk pencernaan

Buah pepaya diperkaya dengan enzim papain, yang mampu melunakkan daging. Serat berlimpah di dalamnya sangat efektif untuk mencegah sembelit. Tentunya anda tidak asing lagi dengan manfaat ini, bukan?

6. Menguatkan tulang

Buah pepaya bermanfaat untuk mencegah osteoporosis dan patah tulang. Pasalnya, vitamin K di dalamnya membantu dalam penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang yang sehat, serta konversi protein matriks tulang.

7. Mencegah Asma

Buah pepaya kaya akan betakaroten yang berguna untuk mencegah risiko penyakit Asma. Dalam hal ini, manfaatnya tidak jauh beda dengan wortel.

8. Menurunkan risiko Diabetes

Serat alami dalam buah pepaya membantu untuk mengontrol kadar insulin, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.


Buah pepaya sebagai obat alami


Manfaat pepaya bukan hanya diperoleh dari buahnya saja, bagian tanaman lainnya juga dapat digunakan untuk mengobati sejumlah penyakit. Berikut ini ramuan tradisional menggunakan pepaya untuk mengatasi gangguan kesehatan:

9. Membantu menyembuhkan luka

Ekstrak pepaya dapat digunakan sebagai salep, untuk mengobati kulit melepuh akibat tersiram air panas. Hal ini disebabkan adanya enzim papain dan proteolitik chymopapain yang terdapat dalam buah ini.

Ambil getah alami dengan menoreh kulit buahnya, oleskan pada kulit yang bermasalah. Biarkan getah melekat selama 10 jam. Cara lainnya dengan membalurkan parutan buah ini pada luka bakar.

10. Mengatasi Cacing gelang

Salah satu cara mengobati penyakit cacingan pada anak maupun orang dewasa adalah menggunakan biji pepaya. Caranya, giling 2 sdm biji pepaya kemudian seduh bersama setengah cangkir air panas, tambahkan 1 sdm madu murni. Minum obat alami ini saat airnya masih hangat.

11. Mengobati malaria dan demam

Cara menyembuhkan malaria secara tradisional dapat menggunakan daun pepaya. Caranya, tumbuk segenggam daunnya. Campur dengan ¾ gelas air dan sedikit garam dapur. Peras dan saring, untuk mengambil airnya kemudian minum 3 kali dalam sehari selama seminggu.

12. Mengobati sembelit

Sulit mengeluarkan kotoran (sekresi feses) yang disebabkan banyak makan jengkol, dapat diobati dengan daun pepaya. Caranya, siapkan ½ tangkai daun pepaya, 6 tangkai daun singkong, dan 10 lembar daun kacang panjang. Setelah dicuci, tumbuk semua bahan hingga lumat. Campur dengan ½ cangkir air minum kemudian remas. Tuangkan 1 sdm madu, kemudian peras dan saring. Minum ramuan tradisional ini, 2 kali dalam sehari untuk mengatasi sembelit.

13. Sebagai obat sakit gigi

Untuk mengobati sakit gigi secara alami, anda dapat menggunakan getah pepaya. Caranya mudah, cukup teteskan getah dari pepaya yang masih muda ke gigi yang berlubang.

14. Mengobati keputihan

Iris-iris selembar daun pepaya, rebus bersama 1 ½ liter air bersih. Masukkan juga 50 gram akar alang-alang dan pulasari. Biarkan mendidih selama beberapa menit, saring airnya. Setelah dingin, minum segelas airnya setiap hari.

15. Mengobati sengatan binatang beracun

Jangan panik saat kulit anda digigit oleh ular berbisa. Tumbuk akar pepaya sepanjang 5 jari, balurkan pada kulit yang disengat ular. Balut dengan kasa, ganti dua kali dalam sehari.

16. Mengatasi haid tidak lancar

Masalah yang sering dialami oleh banyak wanita ini, dapat diobati dengan ramuan tradisional. Caranya, tumbuk 2 helai daun pepaya. Campur dengan ¼ gelas air minum, kemudian peras dan tambahkan garam dapur. Minum obat alami ini, setiap hari secara teratur. Lebih lengkap: 8 Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Secara Tradisional

17. Menambah nafsu makan

Atasi selera makan yang berkurang dengan air daun pepaya. Caranya, lumatkan selembar daunnya, tambahkan sedikit garam dan ¼ gelas air. Selanjutnya, peras dan minum airnya.

18. Sebagai obat diare

Jemur segenggam biji pepaya, giling hingga lembut. Seduh bubuk ini bersama segelas air panas, minum 3 kali dalam sehari.

19. Mengobati penyakit Influenza

Penyakit flu sering menyerang seseorang dengan kekebalan rendah. Untuk mengobatinya, haluskan 3 lembar daun pepaya muda. Peras dan tambahkan sedikit garam. Minum airnya di pagi dan petang hari.

20. Menurunkan tekanan darah tinggi

Buah pepaya muda diparut dan diperas, untuk mendapatkan airnya. Minum di pagi dan sore hari, selama 3 hari berturut-turut.

21. Melancarkan kencing dan meluruhkan batu ginjal

Akar pepaya memiliki sifat diuretik, yang dapat digunakan sebagai obat batu ginjal. Potong-potong 3 jari akar pepaya, kemudian rebus bersama 1 liter air hingga berkurang ½ liter. Setelah airnya dingin, minum ¾ gelas ramuan ini 3 kali dalam sehari.


Efek samping buah pepaya


Meskipun secara keseluruhan buah ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi tidak disarankan untuk dikonsumsi orang yang alergi terhadap lateks. Hal ini disebabkan buah ini mengandung enzim chitanases, yang dapat memicu alergi bagi penderita.

Nah, itulah 21 manfaat buah pepaya bagi kesehatan dan pengobatan. Tapi perlu dicatat, bahwa pola hidup sehat berorientasi pada diet yang seimbang. Jadi, pastikan anda menambahkan makanan sehat lainnya ke dalam menu harian. Simak juga: 19 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa. Semoga tetap sehat dan bugar.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

21 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Dan Pengobatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.