19 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Buah semangka kaya akan manfaat kesehatan. Buah yang manis dan segar ini bukan hanya sekedar pengusir dahaga di hari yang panas, tapi juga dilengkapi dengan sederet nutrisi gizi yang berkhasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit.



19 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa
Cara penyajian semangka pun sederhana. Bahkan, anda dapat makan buah ini dalam keadaan segar secara langsung. Bukan hanya manis dan menyegarkan tenggorokan, tapi semangka juga punya kontribusi besar di dunia kecantikan. Silahkan pelajari artikel sebelumnya: 13 Manfaat Buah Semangka Bagi Kecantikan Kulit Dan Rambut Yang Menakjubkan

Buah dari pohon merambat ini masih satu kerabat dengan mentimun. Bedanya, batang semangka tidak pernah menjulur ke atas. Ciri khas tanaman ini tidak perlu dibahas lebih jauh, karena anda sudah mengenalnya dengan baik. Dengan melihat kulit buahnya yang saja, anda dapat memastikan buah semangka atau bukan.


19 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa


Khasiat semangka berasal dari beragam nutrisi seperti vitamin A, C, E, likopen, dan lainnya. Silahkan mengkonsumsi buah semangka sebagai diet harian, terserah anda untuk memilih semangka tanpa biji, sengkaling, ataupun hibrida. Pastinya buah ini punya segudang manfaat kesehatan seperti berikut ini:

1. Melancarkan aliran darah

Buah semangka mengandung arginin yang mampu meningkatkan oksida nitrat, sehingga memudahkan bagi pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Pelajari juga: Ramuan Super Untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

2. Mengurangi risiko penyakit stroke

Pengerasan arteri dan vena dapat berakibat buruk bagi sistem kardiovaskular. Stroke merupakan risiko terburuk akibat tersumbatnya aliran darah ke otak. Mineral penting dalam semangka berguna untuk melancarkan aliran darah, sehingga dapat menurunkan risiko stroke.

3. Baik untuk ginjal

Buah yang mudah ditemukan di pasaran ini kaya akan kalium, yang mampu membersihkan racun dalam ginjal. Bahkan, dengan rutin konsumsi semangka dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

4. Mengobati tekanan darah tinggi

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak semangka ternyata efektif dalam mengatasi hipertensi pada orang tua yang bertubuh gemuk. Khasiat ini disebabkan adanya kalium di dalamnya.

5. Mencegah sariawan

Kadar air yang berlimpah dan juga vitamin C dalam semangka mampu membilas bakteri dalam mulut anda, sehingga penyakit sariawan mulut dapat dicegah.

6. Menyehatkan Jantung

The American Heart Association menobatkan semangka sebagai buah yang menyehatkan jantung. Kalium dalam buah ini dibutuhkan oleh cairan tubuh untuk menjaga detak jantung tetap normal.


7. Mencegah peradangan

Buah semangka dilengkapi dengan senyawa fenolik, termasuk karotenoid, triterpenoid, dan flavonoid. Tiga senyawa penting ini bersifat anti inflamasi, yang efektif untuk mencegah peradangan tubuh.

8. Sebagai diuretik alami

Seseorang yang mengidap penyakit gagal jantung kongestif dianjurkan untuk banyak makan buah semangka. Sifat diuretik dalam buah ini menyebabkan sekresi urin lebih banyak, sehingga membantu dalam pengobatan gagal jantung.

9. Mengurangi nyeri pada otot

Penelitian menunjukkan bahwa atlet yang rutin mengkonsumsi semangka, lebih cepat masa pemulihannya. Demikian pula nyeri otot setelah latihan, lebih cepat sembuh dengan teratur makan buah ini. Hal ini diduga akibat kandungan asam amino L-citrulline yang ada di dalamnya, serta citrulline yang diubah menjadi L-arginine, yang mampu meredakan nyeri otot pasca-latihan.

10. Aman bagi ibu hamil

Semua nutrisi dalam semangka termasuk vitamin dan mineral berguna untuk mengurangi morning sickness, kelelahan, dan rasa mual di masa kehamilan. Magnesium dan kalium di dalamnya dapat mengurangi kram otot.

11. Mencegah Kanker

Likopen dalam semangka merupakan antioksidan kuat yang mampu menetralkan radikal bebas, penyebab kanker. Bahkan, sifat antioksidan dari likopen lebih kuat dibandingkan vitamin E maupun betakaroten.

Penelitian ilmiah menunjukkan efektivitas semangka dalam mencegah kanker prostat, paru-paru, endometrium, usus besar, dan lainnya.

12. Meningkatkan kualitas tidur

karbohidrat polisakarida dalam semangka mampu meningkatkan kadar serotonin, sehingga mengurangi kepekaan otak terhadap suara berisik saat tidur.


Manfaat buah semangka lainnya


13. Meningkatkan daya tahan tubuh, disebabkan antioksidan di dalamnya.
14. Melancarkan pencernaan.
15. Mencegah sembelit.
16. Meringankan gejala penyakit asma, disebabkan sifat anti inflamasi.
17. Menyehatkan mata, karena banyak mengandung vitamin A.
18. Mencegah tulang keropos, karena buah ini dilengkapi dengan kalsium.
19. Mengurangi risiko penyakit karena diet asam yang ketat.

Nah, itulah 19 manfaat semangka bagi kesehatan yang luar biasa. Anda dapat menikmati makanan sehat ini sebagai pelengkap salad, atau dengan minum jus buah ini. Jus semangka baik untuk rehidrasi setelah tubuh kehilangan cairan karena olahraga.

Tapi, jangan konsumsi satu jenis buah saja. Konsep pola makan yang seimbang harus diperhatikan. Sehingga tubuh kita mendapatkan asupan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan bugar. Mungkin anda belum tahu: 15 Manfaat Blewah Untuk Kesehatan Juga Kecantikan Kulit

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

19 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.