7 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Obat alami - Tahukah anda, bahwa bunga rosella tenyata memiliki sekitar 300 jenis yang tersebar di seluruh penjuru dunia? Salah satu jenis yang paling terkenal adalah rosella merah. Di balik keindahan bunga ini sebagai tanaman hias, ternyata rosella memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

7 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat bunga rosella dapat diperoleh dengan menyeduhnya sebagai minuman teh, atau dengan menikmatinya dalam bentuk jelly dan selai. Cara mengkonsumsi bunga rosella sangat beragam, sebagian orang lebih menyukai rosella yang ditambahkan ke dalam salad. Di Afrika, teh rosella sering diminum sebagai penyejuk di musim panas. Ada lagi yang menambahkan bunga rosella ke dalam sari tebu dan minuman kopi.

Tanaman rosella biasanya dipanen saat usianya mencapai sebulan atau lebih. Warna bunganya cukup bervariasi, seperti merah, putih, ungu, dan kuning. Kualitas bunga rosella dapat diketahui dari aromanya, saat kelopak bunga telah dikeringkan. Rosella yang bermutu tinggi biasanya berbau sitrus yang sangat khas. Warnanya mudah larut di dalam air panas. Teh rosella siap untuk digunakan, setelah bunga dijemur selama tiga hari.

Kandungan bunga rosella

Beberapa vitamin yang terdapat di dalam bunga rosella seperti vitamin A, riboflavin, niacin, thiamine, betakaroten, vitamin C, B1, B2, dan D.  Bunga rosella juga dilengkapi dengan beberapa mineral penting seperti kalsium, magnesium, potasium, fosfor, dan zat besi. Nutrisi lainnya yang ada pada bunga rosella termasuk protein, lemak, asam essensial, omega-3, asid askorbik, dan serat


7 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Bukan hanya indah untuk dipandang mata, bunga rosella ternyata menyimpan efek farmakologis sehingga efektif untuk mengobati batuk, kadar gula darah tinggi, dan melawan kanker. Teh bunga rosella juga cocok untuk dikonsumsi oleh pelaku diet untuk menurunkan berat badan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga rosella untuk tubuh kita:

1. Menguatkan tulang


Setiap orang tentunya ingin memiliki tulang yang kuat dan sehat. Namun, seiiring perubahan usia maka struktur dan kepadatan tulang dapat menurun. Apalagi usia lanjut, sangat rentan dengan tulang keropos (osteoporosis).

Jangan menunggu tulang menjadi rapuh dan keropos, cukupi semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kekuatannya. Teh bunga rosella mengandung kalsium, zat besi, kalium, dan vitamin D yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Sehingga anda terhindar dari osteoporosis.

2. Mencegah kanker

Berbagai zat yang ada dalam bunga rosella bersifat antioksidan kuat, yang mampu melawan zat karsinogen dan oksidan penyebab kanker. Dengan minum teh rosella secara rutin, akan mencegah kerusakan DNA dan leukemia.

3. Mengontrol kadar gula darah

Bunga rosella merah diperkaya dengan berbagai mineral penting, yang mampu untuk menjaga kadar gula dalam darah. Teh rosella baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, untuk menurunkan kadar gula darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, seduh teh rosella bersama air hangat dan minum setiap pagi dan malam hari.

4. Mengobati sariawan

Jika anda menderita sariawan dan panas dalam, obati dengan bunga rosella merah. Caranya dengan minum teh rosella secara teratur, dan menggunakan airnya sebagai obat kumur. Vitamin C yang cukup berlimpah di dalam teh herbal ini efektif dalam pengobatan sariawan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan minum teh rosella setiap hari, akan mendongkrak sistem imunitas. Sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Baca juga: 11 makanan yang memperkuat daya tahan tubuh.


Manfaat teh rosella untuk kecantikan


6. Mengencangkan kulit

Berbagai vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang dikandung oleh teh rosella bermanfaat untuk menjaga kelenturan kulit kita. Dengan rutin minum teh rosella akan membuat kulit lebih cerah dan kencang.

7. Menurunkan berat badan

Bagi pelaku diet, teh rosella adalah pilihan terbaik untuk mengurangi berat badan yang berlebih. Bunga rosella kaya akan vitamin C yang berperan dalam metabolisme lemak dan kolesterol. Seduh ekstrak rosella bersama segelas air hangat, di pagi dan malam hari untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Nah, itulah 7 manfaat bunga rosella untuk kesehatan dan kecantikan. Simak juga: 10 Manfaat buah Tin untuk kesehatan dan kecantikan. Anda dapat membuat teh dari bunga rosella yang telah dikeringkan. Menanamnya di pekarangan rumah atau taman anda, tentu akan menambahk keindahan suasana. Dan, pastinya banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh darinya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.