Cara Mengatasi Kesemutan Dengan Cepat Dan Mudah

Kesemutan (paresthesia) biasanya diderita pada tangan atau kaki. Rasanya seperti tertusuk oleh ratusan jarum runcing atau tersengat aliran listrik. Bagian tubuh yang mengalami kesemutan akan sulit digerakkan. Ketika dipaksa untuk digerakkan, seolah-olah mati rasa. Kenapa kaki sering menderita kesemutan? Bagaimana cara cepat untuk menghilangkan kesemutan? Simak artikel ini lebih lanjut.

Penyebab kesemutan

Kesemutan umumnya hilang dengan sendirinya. Namun jika intensitasnya terlalu sering, kemungkinan itu adalah gejala penyakit yang serius. Kesemutan umumnya disebabkan oleh pembuluh darah yang terhimpit, sehingga aliran darah ke bagian tubuh tertentu mengalami hambatan. Pelajari juga: 7 Makanan Super Untuk Melancarkan Peredaran Darah!


kesemutan
foto: vox-cdn.com via shutterstock

Penyebab kesemutan adalah gangguan fungsi pada sistem syaraf tepi, serabut syaraf, sel syaraf di sumsum tulang, atau di jalur syaraf tepi.


Kesemutan pada tangan dan kaki, bisa berlangsung dalam waktu lama atau sesaat. Jika berlangsung secara singkat, kemungkinan karena gangguan pada aliran arah, sedangkan kesemutan yang berlangsung dalam durasi lama bisa disebabkan oleh luka pada syaraf, syaraf terjepit, atau stroke. Penyakit lain yang terkait seperti Carpal Tunnel Syndrom (CTS), Herpes Zoster, trauma, atau tumor otak. Sedangkan kesemutan pada kedua kaki atau tangan kemungkinan dipicu oleh:

Kekurangan beberapa jenis vitamin

Untuk menjaga kesehatan syaraf diperlukan asupan vitamin E, vitamin B1, B6, B12 dan niasin. Kekurangan asupan vitamin B12 bisa menyebabkan anemia pernisiosa, yang pada akhirnya menimbulkan neuropati perifer. Asupan vitamin B6 dalam jumlah tinggi, dapat menimbulkan kesemutan pada kaki dan tangan.

Diabetes

Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan rusaknya syaraf perifer, yang biasanya ditandai dengan kesemutan.

Minuman keras

Konsumsi minuman ini terlalu sering dapat menyebabkan tubuh kekurangan vitamin  B1, sehingga memicu neuropati perifer.

Penyakit Autoimun (Lupus, sindrom Guillaain-Barre, dan rheumatoid arthritis)
Kelainan bawaan (Charcot-Marie-Tooth)


Cara Mengatasi Kesemutan Dengan Cepat Dan Mudah



  1. Cukupi asupan vitamin B1, vitamin B6 dan B12. Vitamin ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi syaraf dan metabolisme tubuh. Vitamin tersebut hanya diperoleh dengan konsumsi makanan sehat, karena tidak diproduksi oleh tubuh.
  2. Hindari minuman keras, karena dapat menyebabkan defisiensi vitamin B1.
  3. Olahraga secara teratur, mengurangi kebiasaan buruk, dan lakukan pola hidup sehat.

Mengatasi kesemutan pada kaki dan tangan dengan cepat


Kesemutan pada tangan

Gangguan ini biasanya terjadi ketika seseorang dalam posisi tidur, sehingga tanpa disadari tangan tertindih oleh tubuh. Aktivitas lain seperti tangan menopang terlalu lama juga dapat menjadi penyebabnya. Cara mengatasinya sebagai berikut:

  • Ubah posisi tangan sehingga lebih nyaman dan tidak terhimpit.
  • Menjentikkan atau menyentil jempol kaki.
  • Rasa kebas akan berlangsung selama beberapa saat. Gerak-gerakkan tangan secara perlahan.

Kesemutan pada kaki

Kesemutan di kaki umumnya disebabkan duduk terlalu lama atau kaki tertindih. Untuk menyembuhkannya, ikuti langkah di bawah ini:

  • Atur posisi kaki sehingga lebih nyaman dan bebas dari himpitan.
  • Menyentil jempol tangan.
  • Cobalah untuk menggerakkan kaki secara perlahan kemudian cepat.

Cara di atas berlaku untuk mengatasi kesemutan yang berlangsung sesaat. Sedangkan untuk yang berlangsung lama dan sering, harus mengikuti tips pertama. Konsultasi dengan dokter Anda, untuk memeriksa kondisi kesehatan tubuh. Penyakit yang terkait harus segera diobati, sehingga kesemutan pun hilang secara otomatis.

Perhatian: Lakukan pola hidup sehat dengan banyak berolahraga secara teratur dan konsumsi makanan sehat yang memiliki gizi seimbang. Kesehatan tubuh tidak lepas dari gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Silahkan share melalui akun sosial media, jika artikel ini bermanfaat.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Mengatasi Kesemutan Dengan Cepat Dan Mudah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.