12 Manfaat Aerobik Bagi Kesehatan Wanita

Senam aerobik merupakan serangkaian gerakan tubuh dengan mengikuti musik yang sedang diputar selama durasi tertentu. Berbeda dengan senam kegel, senam aerobik lebih ditujukan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan organ paru-paru. Manfaat lainnya adalah menjaga fungsi kognitif dan emosi agar lebih stabil. Olahraga ini banyak disukai oleh wanita.

Anda dapat pergi bersama teman untuk melakukan senam aerobik, dengan mengikuti panduan dari instruktur di sebuah sanggar senam. Jika anda telah terbiasa dan terlatih dengan baik, senam dapat dilakukan di rumah dengan memutar dvd. Selain menyehatkan tubuh, latihan ini sangat menyenangkan. Artikel sebelumnya tentang Manfaat Berjalan Kaki Di Pagi Hari


aerobik


12 Manfaat Aerobik Bagi Kesehatan Wanita


Secara umum, latihan fisik ringan yang bertujuan untuk membakar energi tergolong ke dalam aerobik, seperti jogging, berenang, berjalan cepat, atau bersepeda. Semua aktivitas tersebut bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika dikombinasikan bersama irama musik yang teratur, jadilah senam aerobik. Hampir semua orang melakukan senam aerobik untuk melangsingkan tubuh atau menurunkan berat badan. Padahal di balik semua itu, banyak manfaat lain yang tidak terduga seperti di bawah ini:

1. Menjaga kesehatan jantung

Gerakan yang energik dengan irama cepat akan meningkatkan kinerja jantung, sehingga memompa darah lebih banyak. Aktivitas ini bermanfaat untuk melatih jantung lebih aktif dan sehat. Ketahui: 8 Tanda-tanda Jantung Tidak Sehat

2. Mencegah insomnia


Sirkulasi darah yang lancar baik untuk kesehatan syaraf otak, serta meningkatkan suasana hati. Masalah sulit tidur dapat teratasi dengan kondisi tubuh yang bugar dan fikiran segar. Senam aerobik membuat tidur anda lebih nyenyak.

3. Menyehatkan paru-paru

Suplai oksigen yang baik, harus dipenuhi untuk menunjang kesehatan tubuh dan paru-paru. Dengan melakukan senam aerobik secara rutin, sistem pernafasan akan bekerja secara optimal sehingga meningkatkan kinerja paru-paru.

4. Mengobati depresi

Rangkaian gerakan yang disertai dengan irama bersemangat, dapat mengaktifkan endorfin sehingga meningkatkan perasaan euphoria. Suasana hati yang senang akan mencegah dan meredakan depresi yang dialami seseorang. Simak juga: 12 Cara Efektif Menghilangkan Stres Dengan Cepat

5. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Peredaran darah lancar, sistem kekebalan tubuh yang baik, dan kebugaran akan membuat tubuh lebih kebal dari berbagai serangan penyakit akibat radikal bebas. Keringat yang banyak keluar dari tubuh merupakan toksin berbahaya yang harus dibuang. Bahkan, jika anda benar-benar rutin melakukan senam berirama ini, maka lebih kecil kemungkinan terkena penyakit stroke, kolesterol tinggi, bahkan kanker.

6. Meningkatkan fungsi kognitif

Otak juga memerlukan suplai oksigen yang cukup, agar berfungsi secara optimal. Jika kebutuhan otak akan oksigen dipenuhi maka fungsi kognitif pun meningkat. Dengan teratur melakukan latihan, dapat meningkatkan memori dan kapasitas otak.

7. Menjaga berat badan dan melangsingkan tubuh

Manfaat senam aerobik yang paling dirasakan adalah membakar lemak tubuh, serta membuat otot tubuh lebih kencang. Inilah alasan banyak wanita melakukan latihan ini, demi memperoleh tubuh langsing dan padat.

8. Meningkatkan imunitas dan stamina tubuh

Lelah dan lesu setelah beraktivitas ringan menunjukkan daya tahan tubuh yang buruk. Kondisi ini juga dapat dipicu oleh gangguan lemak ataupun aliran darah tidak lancar. Gerakan aerobik sangat bersemangat dan bertenaga, sehingga tubuh lebih bugar.

9. Meningkatkan kesehatan otot

Otot tubuh memerlukan oksigen yang cukup, untuk mencegah kelebihan asam laktat ataupun limbah lain. Dengan rutin melakukan gerakan aerobik, otot tubuh terhindar dari berbagai limbah yang buruk bagi kesehatan.

10. Menurunkan kolesterol jahat di dalam darah

Gerakan energik ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kolesterol buruk menyebabkan penimbunan plak di arteri, sehingga memicu risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

11. Mengontrol tekanan darah

Aerobik juga efektif dalam mencegah dan mengobati hipertensi, karena mampu membuat sirkulasi darah dan oksigen menjadi lancar.

12. Awet muda

Beberapa faktor yang membuat anda awet muda seperti kulit kenyal, otot yang elastis, serta jauh dari gangguan lemak dan kalori. Semua faktor tersebut dapat diperoleh dengan melakukan aktivitas fisik yang powerfull, salah satu caranya adalah aerobik.


Tips Melakukan Senam Aerobik



  • Gunakan sepatu khusus yang nyaman digunakan untuk bergerak.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat.
  • Lakukan latihan ini di pagi hari ketika udara masih segar.
  • Lakukan gerakan sesuai arahan instruktur, untuk menghindari cedera dan masalah lainnya.
  • Jangan memaksakan diri melakukan sebuah gerakan yang belum dikuasai.

Catatan: Bagi penderita diabetes, stroke, ataupun ibu hamil, silahkan konsultasi dengan dokter sebelum melakukan senam aerobik.

Jika anda ingin memiliki tubuh langsing dan bugar, tidak cukup dengan melakukan senam aerobik saja. Faktor lain yang menentukan kesuksesan program diet anda adalah gaya hidup sehat, dengan mengatur pola makan dan mencukupi asupan gizi yang diperlukan tubuh. Selain itu, jauhi kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan tubuh.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Manfaat Aerobik Bagi Kesehatan Wanita
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.