12 Manfaat Petai Dan Jengkol Bagi Kesehatan

Manfaat Petai dan Jengkol jarang dikenal oleh banyak orang. Padahal jengkol memiliki banyak manfaat kesehatan, terkait asam jengkolat yang terdapat di dalam buahnya. Sedangkan petai menyediakan cukup energi, sehingga membuat kedua pasangan lebih harmonis.

manfaat petai

Petai dan jengkol biasanya dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan, atau dapat diolah menjadi sebuah masakan yang lezat. Tidak semua orang menyukai bau jengkol ataupun petai. Kedua makanan ini memiliki manfaat untuk kesehatan, demikian pula efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.


12 Manfaat Petai Dan Jengkol Bagi Kesehatan


1. Menurunkan risiko kanker dan penyakit hati


Makan buah petai ternyata dapat menangkal radikal bebas yang merusak jaringan tubuh. Tentunya anda sering mendengar istilah ini, radikal bebas seperti superoksida anion, hidrogen peroksida, dan hidroksil. Radikal bebas bisa ditimbulkan oleh paparan sinar UV matahari, debu yang beterbangan, serta makanan yang digoreng atau dipanggang. Radikal bebas memiliki dampak kesehatan yang sangat buruk, seperti kerusakan organ hati dan ginjal. Bahkan radikal bebas dapat memicu timbulnya kanker. Buah petai mengandung antioksidan yang membuat tubuh lebih kuat terhadap gangguan radikal bebas.

2. Menghilangkan stres dan depresi

Jika anda sering marah akibat stres ataupun suasana hati yang buruk, cobalah makan buah petai. Depresi biasanya menyebabkan gelisah, khawatir, murung, dan perubahan emosi. Siapa sangka di balik bau tak sedap yang ditimbulkan oleh petai mengandung zat tryptophan. Zat ini merupakan sejenis protein yang dapat diubah oleh tubuh menjadi hormon serotonin. Hormon ini dapat memperbaiki suasana hati sehingga lebih tenang, santai dan senang.

3. Menurunkan Hipertensi

Penyakit darah tinggi tergolong penyakit berbahaya yang dapat memicu penyakit berat lainnya. Dengan konsumsi buah petai dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Buah pete kaya akan kalium, dan memiliki kadar garam yang rendah. Kalium merupakan mineral penting yang mampu mengontrol tekanan darah.

4. Membuat awet muda

Protein yang terdapat di dalam buah pete bermanfaat untuk regenerasi sel kulit, bahkan pete dapat digunakan sebagai bahan kosmetik untuk kecantikan kulit.


Manfaat jengkol bagi kesehatan di luar dugaan


5. Jengkol kaya akan serat sehingga baik untuk sistem pencernaan, jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.
6. Memiliki anti toksin, sehingga menyingkirkan racun-racun berbahaya di dalam tubuh.
7. Jengkol bermanfaat untuk mencegah diabetes, terkait mineral dan kandungan asam di dalamnya.
8. Membantu mengontrol asam lambung dan mencegah iritasi dengan melapisi dinding lambung.
9. Mencegah penyakit jantung koroner.
10. Jengkol juga bermanfaat untuk mencegah anemia
11. Meningkatkan nafsu makan.
12. Kulit luar petai dapat mencegah gigitan nyamuk serta mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan olehnya, dengan menggosokannya pada kulit tubuh.

Petai mengandung gula alami seperti sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Selain itu, petai juga mengandung kalium, fosfor, zat besi, vitamin A, karbohidrat, dan serat alami. Tidak heran jika memiliki segudang manfaat kesehatan. Namun buah petai juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan, jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut efek samping konsumsi jengkol dan petai:


Efek samping makan jengkol dan petai


  • Menimbulkan bau pada urin.
  • Dapat menyebabkan sulit kencing dan disertai rasa nyeri. Solusi untuk masalah ini adalah dengan banyak minum air.
  • Menyebabkan bau mulut. Solusinya dengan minum kopi, mengunyah cengkeh, atau menggunakan obat kumur.
  • Kedua buah ini memiliki kadar asam amino yang tinggi, sehingga dapat mengganggu kerja ginjal.
  • Meningkatkan asam urat.
  • Menyebabkan pusing.

Manfaat kesehatan tidak melulu berasal dari makanan lezat. Manfaat mengkudu bagi kesehatan juga tidak kalah dibanding buah lezat lainnya. Jika anda menyukai jengkol maupun buah pete, sebaiknya pertimbangkan kondisi kesehatan anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Manfaat Petai Dan Jengkol Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.