13 Manfaat Tidur Malam Tepat Waktu

Tidur malam bukanlah sekedar kebiasaan tanpa arti. Tidur memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh dan fikiran. Tubuh kita memerlukan waktu sekitar 7 jam untuk beristirahat. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi, maka akan timbul banyak masalah kesehatan. Mulai dari penurunan kekebalan tubuh hingga risiko penyakit berbahaya.

tidur malam

Tidur yang baik harus memenuhi kualitas dan kuantitas. Jadi, bukan hanya berapa lama waktu tidur, tetapi juga nyenyak atau tidak. Produksi hormon melatonin secara optimal dilakukan oleh tubuh ketika hari gelap, dimulai sekitar pukul 9 malam. Hormon ini terletak di dalam otak, berfungsi untuk mengatur ritme biologis dan sistem kekebalan tubuh. Inilah alasan utama tidur malam hari sangat penting bagi kesehatan. Namun, bukan berarti tidur siang tidak bermanfaat.


13 Manfaat Tidur Malam Tepat Waktu


1. Mencegah stres dan depresi

Kurang tidur akan menyebabkan produksi serotonin menurun, sehingga dapat memicu stres. Hormon kortisol penyebab stres akan meningkat, sehingga fikiran menjadi tegang dan tertekan. Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan suasana hati, serta mengontrol emosi anda.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh


Tubuh memproduksi hormon melatonin sebelum pagi tiba. Hormon ini adalah antioksidan alami yang sangat kuat dalam melawan radikal bebas dan serangan penyakit. Aktivitas melatonin menyebabkan tubuh mampu melakukan detoksifikasi, sehingga kekebalan tubuh meningkat. Hormon ini diproduksi dengan maksimal ketika lampu padam.

3. Mencegah hipertensi dan serangan jantung

Saraf simpatis secara aktif mempengaruhi aktivitas tubuh di siang hari, sehingga mempercepat detak jantung dan tekanan darah. Saraf parasimpatik memerintahkan tubuh untuk istirahat di malam hari. Jika keseimbangan ini terganggu, jantung akan bekerja secara paksa dan tekanan darah meningkat. Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa hutang tidur selama 2 jam, akan meningkatkan risiko hipertensi sebesar 39%.

4. Waktu terbaik untuk detoksifikasi

Racun di dalam tubuh akan dibuang di malam hari. Akumulasi racun di dalam tubuh terkait aktivitas selama seharian. Jadi sangat jelas bahwa istirahat malam tidak dapat diganti atau dihutang. Toksin yang dibuang oleh tubuh antara lain di bagian kelenjar getah bening, organ hati, empedu, paru-paru, dan usus besar.

5. Mencegah kanker

Kebiasaan begadang dapat meningkatkan risiko kanker. Alasannya adalah kadar melatonin menurun karena terhambat oleh cahaya. Kini anda mengerti alasan memadamkan lampu di malam hari.

6. Menyehatkan sistem pencernaan

Ketika tidur, getah pencernaan dan gerakan peristaltik meningkat. Sistem pencernaan bekerja untuk membersihkan lambung dan organ pencernaan lainnya secara maksimal.

7. Menjaga Kadar gula darah

Produksi hormon kortisol berlebihan dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Hal ini dapat terjadi, jika anda sering begadang.

8. Meningkatkan kemampuan otak

Hormon yang terkait dengan konsentrasi adalah serotonin dan noradrenalin. Keduanya akan pulih dengan istirahat. Untuk mencegah pikun dini, anda harus tidur tepat waktu.

9. Menjaga berat badan

Kebiasaan begadang akan meningkatkan ghrelin, serta menurunkan leptin. Hormon ghrelin berperan dalam stimulasi rasa lapar, sedangkan leptin menyebabkan kenyang lebih lama. Kurang tidur malam cenderung menyebabkan makan berlebihan.

10. Lebih energik dan bugar

Kewaspadaan akan meningkat dengan tidur yang berkualitas. Dengan istirahat cukup, tubuh akan lebih siap untuk bekerja dengan baik tanpa malas.

11. Mencegah penuaan dini

Kurang tidur akan memicu kenaikan hormon kortisol, sehingga beberapa bagian tubuh mengalami peradangan. Inflamasi sangat berhubungan dengan serangan jantung dan penuaan dini.

12. Tubuh lebih segar

Sel-sel tubuh membebaskan diri dari kepenatan ketika tidur malam. Rasa lesu akan hilang dengan istirahat di malam hari. Kurang tidur dapat menyebabkan kantung mata, dan wajah kusam.

13. Mencegah selesma dan sakit kepala

Produksi protein oleh sel-sel tubuh akan meningkat ketika tidur malam. Molekul protein ini akan memperbaiki kerusakan, termasuk mengobati sakit kepala dan selesma.

Anda tidak bisa membayar hutang tidur dengan tidur seharian penuh. Cara terbaik adalah melakukan aktivitas ini secara teratur dan berkualitas.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

13 Manfaat Tidur Malam Tepat Waktu
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.