11 Anjuran Dan Larangan Bagi Ibu Hamil

Kehamilan merupakan peristiwa paling spesial bagi wanita, yang mampu membuktikan bahwa ia adalah wanita sejati. Banyak wanita ingin hamil, namun belum terealisasi keinginannya. Bayi yang akan lahir adalah sebuah harapan, buah hati, dan penerus genetik. Aktivitas apa yang harus dilakukan dan dihindari oleh ibu hamil? Bagaimana cara menjaga janin yang benar? Obat alami kali ini akan mengupas tentang apa saja yang tidak boleh dilakukan di masa kehamilan.



11 Anjuran Dan Larangan Bagi Ibu Hamil


1. Konsumsi makanan pedas

Makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan gangguan lambung dan diare. Meskipun tidak bahaya bagi janin, namun menambah penderitaan selama kehamilan.

2. Menggendong bayi

Di masa kehamilan tidak seharusnya wanita mengangkat benda yang memiliki berat di atas 12 kg.


3. Makan cokelat

Rasa mual ingin muntah biasanya dialami di awal kehamilan. Sebagian wanita mengatasi masalah ini dengan ngemil cokelat. Kafein dalam kadar rendah yang terdapat di dalam cokelat mampu memperbaiki suasana hati dan mencegah penurunan kadar gula darah bagi ibu hamil. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan peningkatan berat badan, bahkan dapat memicu diabetes.

4. Mandi Uap

Mandi sauna atau mandi uap dapat menyebabkan kenaikan suhu tubuh hingga mencapai kondisi hipertermia. Hal ini dapat berakibat kecacatan janin, khususnya jika dilakukan pada tiga bulan pertama.

5. Adakah imunisasi yang dilarang bagi ibu hamil?

Vaksinasi yang diperbolehkan untuk ibu hamil seperti imunisasi tetanus toxoid yang berguna untuk mencegah infeksi tetanus pada calon bayi, serta imunisasi hepatitis. Ibu hamil tidak dibolehkan melakukan imunisasi terhadap campak, rubella, cacar air, dan gondong.

6. Posisi tidur yang tidak dianjurkan bagi ibu hamil

Ibu hamil sebaiknya tidur dalam posisi miring ke kiri, sehingga membantu sirkulasi darah ke janin. Ketika terasa pegal, posisi tidur dapat diubah miring ke kanan. Ketika usia kehamilan mencapai 6 bulan ke atas, wanita hamil dilarang tidur telentang. Posisi ini dapat menghambat aliran darah ke janin, begitu juga tengkurap.

7. Apakah minum susu untuk ibu hamil merupakan kewajiban?

Nutrisi yang terdapat di dalam susu, sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan wanita hamil. Namun, bagi sebagian wanita yang merasa mual dapat menggantinya dengan keju ataupun mentega.

8. Nonton tv terlalu lama

Monitor televisi ataupun komputer dapat memancarkan radiasi, tapi pengaruhnya bagi janin belum terlihat. Masalahnya, duduk terlalu lama dapat menghambat aliran darah.

9. Bolehkah wanita hamil makan kerang?

Kerang dan ikan laut mengandung omega 3 dan protein yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan otak. Namun, kita perlu waspada terhadap racun merkuri di dalamnya. Sebagian makanan laut telah tercemar oleh merkuri, hindari konsumsi kerang maupun ikan yang telah tercemar oleh limbah industry.

10. Adakah larangan bagi ibu hamil untuk minum teh, kopi, atau minuman bersoda?

Teh dan kopi merupakan minuman yang mengandung kafein, xantin, dan senyawa lainnya. Dampak dari minuman kafein adalah menaikkan tekanan darah, serta memperbanyak frekuensi berkemih. Konsumsi kafein oleh wanita hamil paling banyak adalah 400 mg per hari.

Di dalam segelas minuman bersoda terdapat sekitar 250 kalori dan fruktosa yang buruk untuk kesehatan. Gula yang terdapat di dalam minuman bersoda adalah gula buatan yang diperoleh melalui proses kimiawi dengan kandungan kalori tinggi yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah secara drastis. Konsumsi minuman ini secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes bagi ibu hamil, dan kenaikan berat badan janin. Jauhi minuman ini di masa kehamilan hingga melahirkan.

11. Daging sapi dan burung

Protein yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, memperbaiki sistem enzim, dan meningkatkan jumlah sel darah merah. Namun perlu anda waspada terhadap bakteri maupun virus flu burung. Anda dapat mengganti makanan tersebut dengan ikan laut yang berasal dari perairan bersih, atau yang berasal dari nabati seperti kacang kedelai, kacang hijau, dan minyak kelapa.

Referensi: nakita

foto: todaysparent.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Anjuran Dan Larangan Bagi Ibu Hamil
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.