Makanan yang Mengandung Serat Paling Tinggi

Sering kita mendengar istilah serat. Perlu anda ketahui bahwa serat tidak menghasilkan energi maupun kalori. Fungsi serat di dalam tubuh kita seperti pelumas pada kendaraan. Tanpa pelumas, mesin pada mobil akan cepat aus, timbul karat dan rusak. Begitu juga tubuh tanpa asupan serat. Ada dua jenis serat, larut dan tak larut. Serat larut akan dicerna oleh tubuh, dan mengikat lemak dari makanan untuk dibuang. Serat tak larut akan tetap utuh sehingga tubuh mengeluarkannya. Tanpa serat, kotoran yang ada di dalam tubuh sulit dikeluarkan sehingga menjadi racun. Serat juga menyebabkan kenyang lebih lama, sehingga baik untuk diet sehat. [Simak: Ramuan Alami Penurun Berat Badan]

Serat banyak terdapat pada sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan. Serat larut maupun tak larut bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar gula dalam darah. Dengan demikian akan mencegah resiko hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, obesitas dan sindroma metabolik. Bahkan ada kemungkinan bahwa serat dapat menurunkan resiko kanker gastrointestinal dan kolorektal. Manfaat lainnya adalah mencegah sembelit, mencegah kanker usus, menurunkan berat badan, serta menurunkan resiko wasir.


serat

foto sumber serat: smartypantsvitamins.com

Berapa besar kebutuhan tubuh akan serat?

Menurut para ahli gizi dan kesehatan, sebaiknya asupan serat tiap hari sebanyak 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Faktanya, rata-rata serat yang kita konsumsi hanya sekitar 11 gram saja. Artinya bahwa kebutuhan tubuh kita akan serat belum tercukupi. Oleh karena itu, kita seharusnya menambahkan makanan yang tinggi serat ke dalam menu harian.

Sumber serat paling tinggi

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung serat dengan jumlah paling tinggi. Makanan ini baik untuk anda masukkan ke dalam menu harian anda, untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan serat.

Buah dan Sayur yang memiliki peringkat tertinggi dalam serat


1. Buah Alpukat

Alpukat mengandung serat sekitar 10 gram per 100 gram bahan. Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah resiko penyakit jantung.

2. Kacang Polong

Kacang polong merupakan sumber serat yang lezat dan murah. Kadar serat pada kacang polong sangat tinggi, sekitar 16,3 gram tiap cangkir.

3. Jambu Biji Merah

Jambu biji merah memiliki kandungan glukosa dan kalori yang rendah, baik untuk mengobati diabetes. Jambu biji merah mengandung serat yang sangat tinggi, sekitar 7,3 gram tiap 100 gram bahan.

4. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang mengandung serat tinggi, sekitar 5,1 gram tiap cangkir. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai jus atau salad.


5. Buah Apel

Serat yang terkandung pada buah apel terletak pada daging dan kulitnya. Apel mengandung serat larut, kalium dan asam organik. Kadar seratnya sekitar 4,4 gram. Makan buah apel setiap hari dapat mencegah banak penyakit, serta menjaga kesehatan tubuh. Apel juga efektif mengontrol tekanan darah. Pektin pada kulit apel bermanfaat untuk membersihkan racun pada tubuh, menurunkan kolesterol, menyerap air yang berlebihan di usus, melunakkan kotoran, serta mencegah karies gigi.

6. Wortel

Wortel adalah sayuran dengan kadar serat yang tinggi, sekitar 4 gram tiap 100 gram bahan. Wortel juga kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan betakaroten.

7. Buah Kiwi

Buah Kiwi memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, yaitu sekitar 3 gram per 100 gram. Buah yang rasanya enak dan kaya akan serat.

8. Paprika

Paprika juga mengandung serat yang tinggi, sekitar 1,3 gram / 100 gram. Selain serat, paprika juga kaya akan vitamin C dan mineral.

9. Buah Pisang

Selain serat yang tinggi, pisang juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi dan fosfor. Manfaat pisang termasuk menurunkan asam lambung, kolesterol, serta mencegah resiko stroke dan penyakit jantung.

10. Buah Pir

Makan buah Pir membuat perut cepat kenyang. Buah ini mengandung serat sekitar 2,3 gram tiap 100 gram bahan. Pir juga kaya akan vitamin C, pektin, kalium dan magnesium.

11. Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga mengandung serat dalam jumlah yang tinggi. Hal ini bermanfaat untuk mencegah sembelit, serangan jantung dan stroke.

12. Daun selada

Selain mengandung banyak serat, daun selada juga kaya akan provitamin A, serta kalsium dan kalium. Daun selada bermanfaat untuk mencegah panas dalam, melindungi kesehatan rambut, mencegah kulit kering, serta mengobati insomnia.

Serat sangat berperan terhadap kesehatan anda. Tanpa serat, tubuh akan mengalami banyak masalah. Penuhi kebutuhan tubuh anda akan serat, serta ikuti pola hidup sehat dengan olahraga secara teratur supaya kesehatan tetap terjaga.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Makanan yang Mengandung Serat Paling Tinggi
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.