10 Manfaat Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mangga merupakan buah yang sangat mudah didapatkan di berbagai penjuru tempat. Mungkin bisa dibilang bahwa buah ini menjadi favorit bagi semua orang. Mangga adalah buah yang punya rasa manis asam dengan sederet kandungan nutrisi. Mangga mengandung gizi sekitar 65 Kcal per 100 gram, sebuah nilai yang sangat tinggi. Gizi yang dikandung olehnya terdiri dari beberapa senyawa penting seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, karbohidrat, protein, thiamin, betakaroten, niacin, riboflavin, asam folat, asam pantinenat, kalsium, fosfor, zat besi, seng, magnesium, kalium dan lainnya. Itulah alasan kenapa mangga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.


khasiat buah mangga

ilustrasi manfaat mangga untuk kecantikan: viralknot.com


Manfaat Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Menyehatkan Mata dan Mencerahkan Pandangan

Mangga kaya akan vitamin A, disamping vitamin C tentunya. Dengan mengkonsumsi secangkir irisan mangga saja, telah memenuhi 25% dari kebutuhan harian akan vitamin A. Mangga efektif untuk mencegah banyak gangguan mata seperti pelunakan kornea, rabun ayam, mata kering, dan mata gatal. Vitamin A yang dikandungnya membuat mata senantiasa lembab.

2. Memperlancar sistem pencernaan

Mangga mengandung senyawa yang mampu membantu proses pemecahan protein, serta membantu sistem pencernaan. Enzim yang terdapat pada mangga punya kemampuan untuk menenangkan perut, dengan cara mencegah sembelit dan keasaman. Hal ini terkait erat dengan serat yang dikandungnya.

3. Meningkatkan Kualitas S3ks

Hal ini disebabkan oleh vitamin E yang banyak dikandungnya, sehingga punya efek mendorong lebih kuat. Vitamin E juga berperan untuk mengatur hormon pembangkit S3ks.

4. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Buah mangga juga mengandung sejumlah asam glutamin yang mencukupi kebutuhan nutrisi bagi otak kita. Jadi, mangga punya peran dalam meningkatkan daya ingat otak.
[Simak: 11 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat]

5. Mencegah Serangan Kanker

Mangga mengandung sejumlah senyawa aktif seperti asam galat, filsetin, astragalin, methylgallat dan quercetin. Senyawa tersebut bermanfaat untuk menurunkan resiko serangan kanker. [Penting: 14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah Anda Lakukan.]

6. Menurunkan Kolesterol Jahat


Vitamin C yang sangat banyak terdapat pada buah mangga, punya kemampuan untuk menetralisir darah dari unsur yang tidak berguna seperti kolesterol jahat.

7. Memenuhi kebutuhan tubuh akan Alkali

Buah mangga kaya akan senyawa asam sitrat dan asam malat. Kedua senyawa tersebut dapat mempertahankan cadangan alkali yang ada dalam tubuh kita.

8. Mengobati Panas Dalam

Buah mangga punya efektifitas sebagai pendingin bagi tubuh. Ketika cuaca panas, ginjal bekerja lebih berat dari biasanya. Dengan makan buah mangga, mampu menetralisir racun di ginjal.

9. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Mangga kaya akan vitamin A, vitamin C dan karotenoid yang sangat bermanfaat dalam menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Manfaat Mangga Untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

10. Melembutkan Kulit dan Membuat Kulit Bersinar

Mangga sangat efektif untuk melawan jerawat dari dalam, serta membuat pori-pori kulit menjadi bersih. Vitamin A dan serat yang dikandung olehnya mencegah kulit kusam, menghaluskan kulit, mencerahkan dan melembutkan kulit.


buah mangga

ilustrasi rambut lembut: itechtalk.com

Mangga mengandung vitamin c dalam jumlah tinggi. Vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen, nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit. Mangga juga mengandung enzim dan phenol yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit. Vitamin B 3 dan B kompleks yang terdapat pada mangga, sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut anda.

Untuk mendapatkan kulit wajah cantik, anda bisa menerapkan kulit mangga pada wajah selama 10 menit. Cara ini bertujuan untuk meluruhkan kotoran yang menyumbat di pori-pori kulit, serta mengurangi jerawat. Cara lain adalah dengan menghaluskan buah mangga ke dalam blender, kemudian menerapkannya sebagai masker wajah. Jangan lupa untuk membilas wajah anda, setelah melakukan perawatan ini.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Manfaat Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.