Manfaat Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah Nanas memiliki bau yang khas dan berbeda dari buah lainnya, bahkan hidung kita dapat mengenalinya dalam keadaan mata terpejam. Buah Nanas banyak dimanfaatkan untuk kecantikan maupun kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh sejumlah senyawa penting yang terdapat pada buahnya.

Nutrisi yang dikandung oleh Buah Nanas

Buah nanas kaya akan nutrisi dan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Nanas mengandung antioksidan seperti vitamin A dan vitamin C yang efektif untuk melawan serangan radikal bebas. Mineral penting yang dimiliki oleh buah nanas diantaranya seperti magnesium, zat besi, tembaga, selenium, fosfor, kalsium, mangan, thiamin, kalium dan natrium. Buah nanas juga mengandung zat gula seperti sukrosa, glukosa, fruktosa dan dekstrosa. Di dalam buah nanas terdapat enzim bromelain atau sering disebut sebagai enzim protease, berfungsi untuk memecah protein. Sedangkan dalam hal vitamin, buah nanas mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.


khasiat nanas

ilustrasi foto: stylishwalks.com

Buah nanas mengandung sejumlah kalori dan serat. Tidak ada kolesterol di dalam buahnya. Buah nanas rendah lemak dan sodium, sehingga baik untuk diet. Nanas mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga tidak baik untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes. Buah nanas sangat kaya akan vitamin C atau sering disebut asam askorbat. Jadi, tidak mengherankan jika buah ini termasuk ke dalam deretan buah paling sehat.

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan


1. Menurunkan Hipertensi

Buah nanas kaya akan kalium yang efektif untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Serat yang terdapat padanya mampu mengikat lemak, sehingga mencegah penyerapan oleh sistem pencernaan. Hal ini akan mencegah timbunan lemak yang dapat memicu kenaikan tekanan darah. [Simak: Cara Menurunkan Hipertensi Secara Alami]

2. Melangsingkan tubuh

Buah Nanas juga mengandung enzim proteiolitik dan vitamin C. Keduanya juga berfungsi secara efektif sebagai penyerap dan pembakar lemak.
[Simak juga: Ramuan Tradisional Untuk Melangsingkan Perut]

3. Mengontrol Kadar Asam Urat

Buah nanas yang tidak terlalu matang mengandung enzim bromelain dan kalium. Kedua zat ini bersifat diuretik bagi tubuh sehingga mampu mengobati penyakit asam urat. Perlu diperhatikan bagi penderita asam urat untuk tidak mengkonsumsi nanas matang, karena justru akan menyebabkan kadar asam urat naik.


4. Mencegah sembelit

Jus Nanas kaya akan serat yang baik untuk sistem pencernaan, sehingga mampu mencegah masalah sembelit. Sebaiknya memilih nanas yang rasanya masam.

5. Mencegah kembung

Nanas mengandung zat yang disebut sebagai bromelain. Zat ini punya kemampuan untuk memecah makanan sehingga mencegah kembung. Zat ini juga bermanfaat untuk perawatan setelah operasi, disebabkan kemampuannya untuk mengurangi peradangan. Bromelain juga efektif untuk mengobati hidung yang bengkak akibat infeksi sinusitis, serta mengurangi nyeri pada penderita oesteoarthritis.

6. Memperkuat tulang

Zat mangan yang terdapat di dalam buah nanas diperlukan oleh tubuh untuk membentuk kepadatan tulang. Sebiji buah nanas telah mencukupi kebutuhan mangan sebesar 73% dalam sehari.

7. Mengobati batuk akibat flu

Vitamin C yang banyak terdapat di dalam buah nanas mampu melawan virus penyebab flu. Sedangkan bromelain di dalamnya berperan untuk memperlancar dahak.

8. Menyehatkan Gigi

Vitamin C pada buah nanas efektif untuk mencegah plak di gigi yang dapat memicu nyeri pada gusi. Hal ini juga perlu disertai dengan menggosok gigi secara teratur.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nanas juga mengandung asam amino, esensial maupun non esensial. Kedua senyawa ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengobati kelelahan.

10. Mengobati Radang Tenggorokan

Nanas mampu mengobati radang tenggorokan disebabkan kandungan vitamin C yang tinggi pada buahnya. Anda dapat meminumnya dalam bentuk jus.

11. Meningkatkan Kesehatan Mata

Hal ini terkait kandungan vitamin A yang terdapat pada buahnya.

12. Menyehatkan Jantung

Nanas kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Hal ini juga berarti baik untuk kesehatan jantung.
[Simak: Ramuan Tradisional Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami]

Manfaat Nanas untuk Kecantikan

13. Menghaluskan Kulit

Peradangan pada kulit dapat menyebabkan kulit bersisik dan mengelupas. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat menggunakan buah nanas. Buah nanas dikupas kulitnya, kemudian diparut. Terapkan pada kulit yang bersisik selama semalaman. Cucilah di pagi harinya. Selain itu, mengkonsumsi buah nanas secara rutin menyebabkan kulit menjadi halus disebabkan kemampuannya mengangkat sel kulit mati.


keyword2

photo credits: healthyfoodstyle.com

14. Menyuburkan Rambut

Senyawa Cystine pada nanas mampu menyuburkan rambut, serta menghambat penuaan pada rambut.

Nanas memiliki segudang manfaat kesehatan. Namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya. Kadar asam oskalat di dalam buah nanas cukup tinggi. Berdasarkan kenyataan ini, dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Nanas juga tinggi kadar gula.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.