Tips agar Tetap Sehat Meski Bekerja di Depan Komputer

Seiring peradaban modern, zaman semakin canggih dan teknologi berkembang pesat. Zaman dahulu penggunaan computer maupun laptop belum begitu populer seperti saat ini. Kini, hampir semua pekerjaan melibatkan penggunaan komputer maupun laptop. Banyak keuntungan didapat dengan menggunakan komputer sebagai mesin untuk memudahkan pekerjaan kita. Sebagian orang menghabiskan waktunya berjam-jam di depan laptopnya. Bagi pekerja kantor, komputer seolah menjadi kekasih yang mengisi hari-harinya.

Di balik keuntungan penggunaan komputer, anda perlu mewaspadai bahayanya terhadap kesehatan. Bekerja lama di depan komputer sangat rentan terkena masalah kesehatan jika tidak mengetahui tipsnya. Jangan biarkan anda terkena efek buruk dari penggunaan komputer sebagai teman kerja. Bekerja lama di depan laptop atau komputer, tidak jauh beda efeknya dibanding nonton tv terlalu lama. Mata, menjadi sasaran paling utama dari aktivitas ini. Kualitas mata bisa menurun akibat bekerja lama dengan memandang monitor kaca. Demikian pula gangguan kesehatan lain yang bisa timbul akibat duduk terlalu lama.


Mata Sehat

Ilustrasi oleh skinnyms.com via shutterstock

Baiklah, saya rasa anda telah menyadari akan bahayanya. Lantas, Apa yang bisa kita lakukan agar tetap sehat, meski harus bekerja di depan komputer secara terus-menerus? Tips ini saya berikan untuk anda yang tidak bisa lepas dari komputer atau laptop kesayangan anda.

Tips agar tetap sehat meski bekerja di depan komputer

1. Kurangi pencahayaan layar monitor


Cahaya yang memancar dari monitor yang terlalu terang dapat menyebabkan mata cepat lelah. Atur kecerahan monitor agar tidak terlalu menyiksa mata anda.

2. Gunakan Pelindung Layar

Pelindung layar berfungsi untuk mengurangi radiasi yang memancar dari monitor komputer.

3. Menggunakan Mouse Eksternal

Bagi anda yang suka menggunakan laptop selama berjam-jam, sebaiknya taruh laptop anda di atas meja. Gunakan kipas pendingin dan mouse. Hal ini akan membuat jari tangan lebih leluasa bergerak dan nyaman, juga mencegah kram.

4. Benahi Posisi Duduk anda

Upayakan posisi punggung tetap tegak, jangan membungkuk. Jaga posisi bahu agar nyaman. Istirahatlah sesekali, ketika anda sedang mengetik tulisan panjang.
5. Lakukan Olahraga Ringan

Terlalu lama mengetik dapat menyebabkan kram pada jari tangan, kaki, dan leher. Gerakkan leher anda memutar beberapa kali. Reggangkan jari kaki dan tangan. Untuk jari tangan, anda bisa mengibaskannya beberapa kali.


6. Jaga Jarak Pandang

Jangan terlalu dekat dengan layar monitor. Usahakan memperoleh jarak pada kisaran 45 cm, antara mata dengan layar komputer.


tips sehat

maxcdn.fooyoh.com

7. Istirahatkan mata anda sejenak

Frekuensi normal berkedip adalah 18 kali tiap menit. Ketika di depan komputer, anda terlalu memfokuskan pandangan sehingga jarang berkedip. Ambil waktu istirahat setiap 2 jam. Anda juga bisa mengalihkan pandangan ke luar ruangan. Untuk mengatasi mata perih dan kering, anda perlu mengedipkan mata lebih sering daripada biasanya. Ini juga mencegah resiko penyakit mata. [Lainnya: 10 Tips Cara Merawat Mata yang Benar ]


Tips Agar Tetap Sehat Meski Bekerja di Depan Komputer


8. Pola makan sehat

Sebagian orang mengalami perubahan berat badan, akibat duduk dalam durasi lama di depan komputer. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat dan Vitamin. Hal ini bertujuan untuk menjaga metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan mata.

9. Olahraga teratur

Kebiasaan duduk di depan komputer secara terus-menerus membuat otot dan persendian jarang bergerak. Ini tidak baik untuk kesehatan. Olahraga sesering mungkin untuk mencegah efek buruk dari kebiasaan ini.

10. Periksa kesehatan mata

Ada baiknya setiap 3 bulan sekali untuk memeriksa kesehatan mata ke dokter. Jika ada keluhan mata, dokter spesialis dapat segera mengetahuinya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Tips agar Tetap Sehat Meski Bekerja di Depan Komputer
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.