10 Tips Cara Merawat Mata yang Benar

Menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Selama ini kita sibuk merawat wajah agar cantik, melakukan diet ketat supaya tubuh langsing. Padahal, apalah arti semua itu tanpa mata yang sehat? Tanpa perawatan yang benar, penglihatan bisa mengalami gangguan kesehatan. Rabun jauh, rabun dekat, katarak, dan penyakit mata lainnya cukup menjadi masalah bagi orang yang menderitanya. [Lainnya: Ramuan Alami Untuk Melangsingkan Tubuh]

Tips Cara Merawat Mata yang Benar



mata-sehat
photo: kurwaeye.com

1. Penuhi Asupan Nutrisi Untuk Mata

Mata memerlukan nutrisi, agar senantiasa sehat. Masukkan ke dalam menu harian anda, makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, pepaya, alpukat, tomat, dan labu kuning. Senyawa beta karoten pada wortel dan labu kuning, sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Perbanyak makan sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli, bayam, dsb. Sayuran tersebut mengandung karotenoid yang mencegah resiko perkembangan katarak dan penurunan daya penglihatan yang disebabkan gangguan di retina.


Buah-buahan yang kaya antioksidan seperti jeruk, berry, ceri, dan plum memberi perlindungan dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mencegah pengerasan lensa mata, pemicu katarak.

Asupan asam lemak omega-3 juga diperlukan untuk melindungi saluran air mata, mencegah katarak, mencegah mata kering, dan melindungi lensa. Anda bisa memilih salmon, tuna, atau halibut sebagai sumber omega-3 yang baik. Multivitamin juga baik untuk menghambat penurunan daya penglihatan.

Untuk melindungi mata dari kerusakan oleh cahaya, anda perlu mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zinc yang tinggi seperti kacang-kacangan, daging unggas, dan daging merah.

2. Gunakan Pelindung Layar Monitor

Ini berlaku untuk anda yang bekerja di depan monitor. Radiasi yang ditimbulkan oleh komputer atau monitor lainnya dapat menyebabkan mata lelah dan kering. Pasang pelindung pada monitor anda. Usahakan setiap ½ jam untuk mengalihkan pandangan ke monitor komputer anda. Istirahatkan mata anda selama 30 detik dengan melihat benda sejauh 6 meter. Cara lain dengan mengedipkan mata secara cepat. Ini berlaku juga ketika anda melihat sesuatu terlalu lama fokus.

3. Jaga Jarak saat Membaca

Hindari membaca terlalu dekat maupun terlalu jauh. Idealnya adalah 30 cm. Rabun dekat dapat dicegah dengan menjaga jarak baca. Hindari juga membaca buku dengan posisi tidur dan membaca dengan pencahayaan kurang.

4. Gunakan kacamata Pelindung ketika di Luar

Kondisi katarak dapat semakin parah jika terkena radiasi sinar matahari. Pakailah kacamata, payung, atau topi ketika sedang berada di luar ruangan. Ini dapat melindungi anda dari bahaya sinar ultra violet.

Khusus bagi anda yang bekerja dekat dengan bahan kimia atau gas kimia, gunakan kacamata untuk melindungi mata dari efek buruk bahan kimia tersebut.

5. Menjaga kebersihan kontak lensa

Jika anda memakai kontak lensa, jaga kebersihannya. Jangan pakai ketika tidur. Gunakan cairan untuk kontak lensa yang masih bagus (belum kadaluarsa).

6. Hindari Asap

Asap dapat menyebabkan iritasi pada mata. Begitu juga aliran udara yang mengenai mata harus dihindari. Seperti saat menggunakan kipas angin, jangan biarkan mata terkena angin terlalu sering. Ini dapat menyebabkan mata kering.
Ada cara efektif saat terjadi iritasi mata, dengan memejamkan mata kemudian menggerakkan mata secara berputar. Tempelkan telapak tangan pada mata yang terpejam selama 10 detik.

7. Jangan menyentuh kelopak mata

Infeksi dapat terjadi saat anda mengucek mata dengan menggunakan tangan yang kotor. Bersihkan tangan anda sebelum melakukannya.


bahaya mengucek mata

photo: gallery.mailchimp.com

8. Periksa mata secara rutin

Lakukan pemeriksaan terhadap mata anda, paling lambat 2 atau 3 tahun sekali. Ini mencegah penyakit mata semakin parah.


Merawat Mata menggunakan bahan Tradisional


9. Menggunakan Uap Daun Sirih

Untuk mengobati mata lelah, selain istirahat ada cara yang efektif. Rebus daun sirih ke dalam air hingga mendidih. Tuangkan airnya ke dalam sebuah wadah, kemudian dekatkan mata anda agar terkena uap daun sirih.

10. Mentimun dan Teh

Masukkan 2 irisan mentimun dan 2 kantung teh ke dalam kulkas. Terapkan bahan tersebut ke mata anda sambil terpejam. Teh digunakan setelah beraktifitas, berfungsi untuk mengobati mata lelah dan menghilangkan kantung mata. Sedangkan mentimun diterapkan ketika menjelang tidur untuk mengatasi mata bengkak.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Tips Cara Merawat Mata yang Benar
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.