Awas, Bahaya Dibalik 12 Jenis Makanan Sehat Ini!

Makanan yang kita anggap sebagai makanan sehat, terkadang mengandung bahaya yang tidak kita sadari. Beberapa jenis makanan memang benar-benar bermanfaat bagi kesehatan kita, namun berdasarkan temuan FDA, ada beberapa jenis makanan yang dapat mengancam kesehatan tubuh kita. Jadi, anda harus cermat dalam mengkonsumsi makanan.

Bahaya di balik beberapa Jenis Makanan Sehat Ini


Di bawah ini beberapa jenis makanan yang seharusnya perlu anda waspadai, supaya kesehatan tubuh kita tetap terjaga serta terhindar dari penyakit.


Bahaya Dibalik 12 Jenis Makanan Sehat Ini
1. Telur mentah

Telur kaya akan kandungan omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, di balik manfaatnya ada ancaman bakteri salmonella. Bakteri ini dapat terkandung di dalam telur mentah, maupun telur setengah matang. Larangan untuk makan telur mentah atau setengah matang, khususnya ditujukan bagi wanita ketika masa hamil. Hal ini disampaikan oleh seorang peneliti di University of Minnesota.
[Simak: 4 Bahaya Makan Telur Mentah atau Setengah Matang Bagi Kesehatan]

2. Sayuran mentah

Berbagai nutrisi penting dan antioksidan terkandung di dalam sayuran hijau, ini memang benar. Namun, tahukah anda bahwa tidak semua sayuran ditanam dengan cara organik? Kebanyakan, sayuran telah bercampur bahan pestisida untuk mematikan hama tanaman. Racun ini tidak akan hilang, meskipun sayuran telah dicuci bersih. 20 tahun terakhir ini telah ditemukan puluhan ribu kasus keracunan akibat pestisida dan racun pada sayuran. Jadi, hindari sayuran mentah non organik.


3. Keju

Makanan yang terdengar lezat dan bergizi hasil olahan susu ini ternyata dapat mengandung bahaya, karena bakteri salmonela dan listeria di dalamnya. Beberapa wanita hamil alergi terhadap beberapa jenis keju. Sebagian jenis keju dapat mengandung salmonela dan listeria yang membahayakan bagi wanita hamil.

4. Es krim

Lezat dan tinggi nilai gizi. Namun, beberapa jenis es krim yang proses pembuatannya tidak melalui pembersihan bakteri secara sempurna dapat berbahaya bagi kesehatan. Terlebih, es krim dengan tambahan telur mentah merupakan peluang bagi salmonela. Jadi, pilihlah es krim yang sudah teruji tingkat kebersihan dan cara mengolahnya.

5. Tuna Mentah (sushi)

Bagi anda penggemar ikan mentah, perlu waspada terhadap racun dan bakteri yang terkandung di dalamnya. Bahaya yang dapat ditimbulkan akibat makan sushi antara lain kram pada tubuh, mual yang sulit dikendalikan dan sakit kepala.

6. Kentang mentah maupun setengah matang

Alasannya mirip dengan sayuran mentah. Kentang yang tidak dimasak terlebih dahulu, dapat berpotensi membawa bakteri salmonella, listeria dan Shigella E. Coli. Sebaiknya, makan kentang yang telah direbus atau diolah secara baik dan sehat. Solanin yang terdapat pada kentang mentah  juga berbahaya bagi kesehatan.

7. Anggur dan Buah berri

Buah-buahan yang sering dimakan tanpa mengupas kulitnya, sangat punya potensi mengandung pestisida dan bakteri berbahaya. Cuci buah-buahan ketika anda hendak memakannya. Atau pilih jenis buah-buahan yang bebas dari unsur pestisida, jika anda mampu melakukannya.

8. Kecambah dan Jamur

Makanan yang banyak mengandung gizi ini memiliki kemungkinan membawa penyakit, terkait tempat tumbuhnya yang lembab. Jadi, mencuci dan mengolahnya secara sehat merupakan tindakan pencegahan dari penyakit yang tidak kita inginkan.

9. Terong

Solanin merupakan senyawa yang terdapat di dalam terong. Senyawa ini dapat menyebabkan keracunan, pusing, muntah, diare dan kram perut.

10. Buncis

Zat asam amino yang terdapat di dalam buncis cukup berbahaya, jika dimakan dalam keadaan mentah.

11. Kacang merah

Kacang merah mengandung lektin, racun yang dapat menyebabkan mual.

12. Bagian lembut pada buah

Bagian lunak pada apel (seperti busa), dapat mengandung amygladin yang membahayakan kesehatan tubuh.

Cermat dalam memilih makanan dan cara mengolahnya adalah tindakan tepat untuk mencegah kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Awas, Bahaya Dibalik 12 Jenis Makanan Sehat Ini!
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.