11 Ramuan Tradisional Menggunakan Temulawak

Temulawak merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan obat alami. Bentuk Temulawak sekilas mirip dengan kunyit atau jahe. Kenapa saat ini orang – orang heboh membicarakan tanaman ini ? Apa kandungan dari temulawak, sehingga tanaman ini bisa digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan sampai penyakit kanker ?

Pemanfaatan temulawak sebagai obat alami sudah dikenal oleh hampir semua orang. Bagian dari tanaman ini yang dimanfaatkan adalah akarnya. Terdapat puluhan senyawa kimia yang dikandung pada rimpang / akar temulawak. Senyawa kimia tersebut antara lain adalah turmerol, minyak atsiri, foluymetik karbinol glukosida, kamfer dan fellandrean,

Kurkuminoid dibagi menjadi kurkumin dan desmetoksikurkumin yang berkhasiat untuk: mencegah terjadinya pelemakan dalam sel-sel hati, menghilangkan nyeri pada sendi, menetralkan racun dalam darah, meningkatkan sekresi pada empedu, menurunkan kadar kolesterol, antibakteri, antioksidan dan banyak lagi.




11 Ramuan Tradisional Menggunakan Temulawak


- Membantu mengatasi gangguan pencernaan

Tanpa terduga, ternyata temulawak bisa mengatasi gangguan pada saluran pencernaan antara lain; indisgestion, dyspepsia juga perut kembung.

- Membantu meringankan osteoarthritis


Sejak ribuan tahun lalu, di India sudah diketahui manfaat kesehatan dari temulawak. Temulawak benar – benar bisa meredakan peradangan (osteoarthritis).

- Membantu mengatasi Kanker

Begitu juga, Pengaruh Temulawak terhadap kanker sangat kuat dan efektif. Termasuk di dalamnya kanker usus, payudara, dan prostat.
Temulawak mengandung curcumin yang bisa menghambat perkembangan kanker prostat. [Simak: 14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah Anda Lakukan]

Temulawak sebagai Ramuan Herbal

Banyak cara mengolah temulawak, kebanyakan mengolahnya menjadi jamu. Tapi, terkadang rasa pahit itu ada ketika dikonsumsi. Berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengolah temulawak menjadi jamu untuk mengobati berbagai penyakit.

Untuk menjadikan temulawak sebagai jamu, beragam cara bisa dilakukan, Di bawah ini beberapa cara untuk membuat temulawak menjadi sebuah jamu.

1. Untuk Mengobati penyakit Limfa

Sediakan bahan–bahan : 1/2 rimpang lengkuas, 2 rimpang temulawak, 1 genggam 'daun meniran'.
Cara membuat ramuan: Parut lengkuas dan temulawak, lalu rebus semua bahan tersebut bersama 1 liter air sehingga mendidih lalu saring !
Cara mengkonsumsi: Minum setiap hari sekali, sebanyak 1 cangkir.

2. Untuk Mengobati Penyakit Ginjal

Gunakan Bahan: Segenggam daun kumis kucing, 2 rimpang temulawak, segenggam daun 'kacabeling'.

Cara membuat ramuan : Iris tipis – tipis temulawak, lalu rebus bahan tersebut dengan bahan lainnya di dalam 1 liter air, lalu saring!

Cara mengkonsumsi: Minumlah ramuan tersebut secara rutin selama 3 hari.

3. Untuk Mengobati Sakit Pinggang

Sediakan Bahan berupa: 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari, 1 rimpang temulawak, 1 genggam daun 'kumis kucing'.
Cara membuat ramuan : rebus semua bahan tersebut di dalam 1 liter air, lalu saring!
Cara mengkonsumsi: Minum segelas ramuan tersebut setiap hari satu kali.

4. Untuk mengobati penyakit Asma

Siapkan bahan berupa: Satu setengah rimpang temulawak dan secuil 'gula aren'.
Cara membuat ramuan: Irislah temulawak secara tipis lalu keringkan!. Kemudian rebuslah bahan tersebut ke dalam 5 gelas air ditambah secuil 'gula aren' sehingga mendidih sampai tersisa 3 gelas, lalu disaring.

5. Untuk Mengobati Sakit Kepala serta masuk angin

Siapkan bahan: beberapa ruas temulawak.
Cara membuat ramuan: Irislah temulawak secara tipis, lalu keringkan dan tumbuk sehingga halus seperti tepung. Rebuslah kira – kira 2 genggam tepung temulawak ke dalam 4 sampai 5 gelas air sehingga mendidih hingga tersisa 3 gelas, lalu saringlah!.

6. Untuk mengobati Sakit Maag

Siapkan bahan: 1 ruas temulawak.
Cara membuat ramuan: Iris temulawak secara tipis lalu keringkan dengan membiarkannya tertipu angin sebentar, lalu rebus ramuan tersebut ke dalam 5-7 gelas air sehingga mendidih, lalu disaring.
Cara mengkonsumsi: Minum ramuan tersebut setiap hari satu kali sebanyak satu gelas.

7. Untuk Mengobati Sakit perut maupun Sakit perut saat haid

Siapkan bahan: 3 buah mata asam, 1 rimpang temulawak, 1 potong gula kelapaa dan garam.
Cara membuat ramuan: Parutlah temulawak, lalu rebus beserta bahan – bahan lainnya ke dalam 4 gelas air sehingga mendidih sampai tersisa 2 gelas.
Cara mengkonsumsi: Minum ramuan tersebut secara rutin 2 kali setiap hari sebanyak 1 cangkir, lakukan tiap pagi juga sore.

8. Sebagai penghilang bau amis saat haid

Siapkan bahan: 5 buah biji buah asam, 1 rimpang temulawak, 1 potong gula kelapa.
Cara membuat ramuan: Iris temulawak secara tipis lalu biarkan terkena angin, lalu taruh ke dalam sebuah panci, tuangkan air panas sebanyak 2 gelas lalu tutup rapat selama 15 menit lalu disaring.
Cara mengkonsumsi : Minum tiap hari satu kali.

9. Untuk Mengatasi Kesulitan saat berak.

Siapkan bahan: 3 buah mata asam, 1 rimpang temulawak, 1 potong gula kelapa.
Cara membuat ramuan : Iris temulawak secara tipis lalu keringkan di tempat terbuka, lalu beserta bahan lainnya tuangi dengan air panas secukupnya lalu saring!
Cara mengkonsumsi: Minum ramuan tersebut secara rutin.

10. Untuk mengobati Sembelit

Sembelit atau konstipasi sering timbul sebagai akibat kurang serat. Temulawak dapat digunakan untuk membantu mengobatinya. Bahan : beberapa biji sawi dan 1 rimpang temulawak.
Cara membuat ramuan : Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus, lalu seduh menggunakan air panas secukupnya lalu disaring.
Cara mengkonsumsi : Minum secara rutin.

11. Sebagai Penambah nafsu makan

Siapkan bahan: 1/4 rimpang lengkuas, 2 rimpang temulawak, 1/2 genggam 'daun meniran'.
Cara membuat ramuan : Rebus semua bahan tersebut ke dalam 3 gelas air sampai mendidih sampai tersisa 2 gelas, lalu disaring.
Cara mengkonsumsi : Minum 2 kali setiap hari sebanyak 1/2 gelas.
Demikian pengobatan tradisional menggunakan temulawak untuk kesehatan. Semoga menambah pengetahuan kita dan bermanfaat!

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Ramuan Tradisional Menggunakan Temulawak
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.