Cara Alami Mengobati Wasir Menggunakan Ramuan Tradisional

Wasir adalah suatu kondisi dimana bantalan pada pembuluh darah di dubur mengalami perubahan, yaitu berupa pembengkakan dan pelebaran.

Gejala penyakit wasir yang kerap terjadi


- Tidak nyaman saat duduk.
- Darah segar keluar tanpa rasa sakit.
- Setelah BAB terasa mengganjal, rasa mengejan makin kuat disbanding sebelumnya.
- Nyeri pada dubur disertai rasa gatal ( hal ini disebabkan infeksi virus).


Faktor Penyebab Wasir


Wasir umumnya disebabkan oleh sembelit, sehingga penderita mengejan kuat ketika BAB. Hal ini erat kaitannya dengan asupan harian kita. Kurang serat menyebabkan masalah BAB. Oleh sebab itu, perbanyak makan sayuran dan buah. Penyebab lainnya adalah duduk dalam durasi yang lama. Hendaknya anda sering merubah posisi duduk, dan memakai kursi empuk yang berlubang di tengah. Hal ini dapat mengurangi tekanan yang berlebihan. Wasir juga bisa disebabkan oleh obesitas, penuaan, diare berkepanjangan, atau hubungan suami istri yang tidak benar. [Lainnya: Makanan Penyebab dan Pereda Asam Lambung]


wasir, jambu-biji

sumber foto: wikimedia.org


Mengobati Wasir dengan Cara Alami Menggunakan Obat Tradisional


1. Daun Sosor Bebek

Cara membuat obat alami pereda wasir adalah dengan merebus 25 gram daunnya ke dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum ramuan ini secara teratur.


2. Daun Sembung

Siapkan bahan berupa 25 gram daun sembung, 3 gram kapur sirih, 5 gram adas, dan 3 gelas air. Campur semua bahan tadi, kemudian rebus hingga mendidih. Setelah dingin, minum sebanyak 3 kali sehari.

3. Cukup Minum air

Dengan minum air sebanyak 2 liter tiap hari dapat melancarkan peredaran darah. Hindari minuman keras atau minuman bersoda.

4. Daun Jambu batu yang masih muda

Sediakan beberapa daun jambu batu dan sebuah pisang batu tanpa dikupas. Tumbuk kedua bahan tadi hingga keluar airnya. Minum air tersebut secara rutin hingga wasir sembuh.

5. Akar Jeruk Nipis

Sediakan 20 gram akar jeruk nipis dan 15 gram daun ungu yang segar. Rebus bahan tadi ke dalam 3 gelas air hingga tersisa sepertiga bagian. Minum air tadi 2 kali dalam sehari.

6. Bayam berduri

Siapkan daun bayam dan batangnya. Rebus hingga mendidih sebelum anda mengangkatnya. Uap yang keluar dapat diterapkan pada wasir. Berendamlah dengan air hangat hasil rebusan.

7. Buah Makasar

Giling 7 buah makasar hingga halus. Anda dapat memasukkannya ke dalam kapsul kosong untuk meminumnya.

8. Kangkung

Lumatkan kangkung yang telah dibubuhi garam. Oleskan ke tempat yang sakit.

9. Es batu

Es batu dapat meredakan nyeri dan mengontrol aliran darah. Bungkus es batu menggunakan plastik, kemudian lapisi dengan handuk. Yang harus anda lakukan adalah duduk di atas handuk tersebut selama 10 menit.

10. Lidah buaya

Peradangan dapat dikurangi oleh penggunaan lidah buaya. Sensasi dinginnya juga meredakan rasa panas yang diderita akibat wasir. Lidah buaya diiris hingga keluar lendir. Oleskan lendir tersebut pada bagian tubuh yang sakit.

11. Daun Jambu muda

Sediakan daun jambu dan biji pisang. Pisang diparut, tanpa mengupasnya. Kemudian kedua bahan ditumbuk. Peras untuk mengambil airnya.

12. Bawang Putih

Sediakan 2 siung bawang putih. Haluskan bawang putih setelah anda mengupasnya. Peras untuk mengambil airnya. Oles ke tempat yang sakit.

13. Jangan Menahan BAB

Saat perut terasa sesak, segera pergi ke kamar mandi. Menahan BAB dapat menyebabkan anda mengejan lebih kuat. Hal ini dapat memicu wasir semakin parah.

Demikian beberapa tips mengobati wasir secara alami. Jika wasir tidak segera sembuh, segeralah konsultasi dengan dokter anda.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Alami Mengobati Wasir Menggunakan Ramuan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.