22 Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat lobak putih bagi kesehatan dan kecantikan tidak diragukan lagi, mengingat nutrisi gizi dan non gizi yang terkandung di dalamnya. Sayur ini bentuknya sekilas mirip dengan wortel, biasanya diolah bersama soto, sup, acar, dan sebagainya. Ada beberapa varietas lobak dengan warna umbi yang berbeda-beda, seperti merah, ungu, dan putih.

Khasiat Lobak putih
Apa saja kandungan gizi lobak?

Di sini kita fokuskan pembahasan pada lobak putih saja, karena jenis ini yang terkenal. Nah, nutrisi dalam lobak putih cukup lengkap. Lobak putih mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, Betakaroten, vitamin B1, riboflavin, niasin, vitamin C, dan E.

Lobak putih juga dilengkapi dengan beberapa mineral penting seperti zat besi, kalsium, mangan, dan zat fosfor. Lobak putih juga mengandung minyak atsiri, asam oksalat, kolin, asam folic, serat kasar dan asam oksalat.

Sayur ini kini diburu banyak orang, disebabkan manfaat kesehatan dan kecantikan yang diperoleh dari nutrisi di dalamnya.


22 Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Mungkin anda merasa penasaran, apa saja keistimewaan lobak dibandingkan dengan sayur lainnya. Berikut ini khasiat lobak putih untuk tubuh kita:

1. Mencegah kanker

Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan konsumsi lobak putih seperti kanker perut, usus, dan ginjal. Hal ini disebabkan kemampuan anti radikal bebas yang berasal dari anthocyanins, asam folic, dan vitamin C di dalamnya. Selengkapnya, silahkan pelajari: 14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah Dilakukan

2. Menguatkan imunitas

Lobak putih kaya akan vitamin C, yang berperan sebagai antioksidan kuat. Seperti anda tahu, antioksidan ini mampu melawan radikal bebas dan menguatkan kekebalan tubuh. Sehingga konsumsi sayur ini secara teratur, akan mencegah tubuh mudah sakit. Lebih lengkap: 11 Makanan Yang Menguatkan Kekebalan Tubuh

3. Mengobati penyakit kuning


Umbi dan daun lobak putih efektif dalam mengatasi penyakit kuning. Zat tertentu di dalamnya dapat menekan produksi bilirubin yang berlebih. Pembentukan sel darah merah akan terganggu akibat penyakit kuning, dan lobak putih akan memperbaiki keadaan ini dengan mensuplai oksigen yang berasal dari zat-zat di dalam sayur ini.

4. Mengontrol tekanan darah

Zat besi dalam lobak berguna untuk melancarkan aliran darah, sehingga tekanan darah tinggi dapat dicegah. Peredaran darah yang lancar, menjadi salah satu syarat tubuh yang sehat. Lebih detail: Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

5. Menyehatkan tulang dan gigi

Lonak putih diperkaya dengan fosfor dan kalsium, dimana kedua mineral ini berguna untuk pembentukan struktur tulang yang kuat dan sehat. Sehingga pengeroposan tulang (osteoporosis) dapat dicegah. Sedangkan untuk anak pada masa pertumbuhan, rutin mengkonsumsi jus lobak akan membantu pertumbuhan gigi mereka.

6. Melawan parasit dalam tubuh

Sifat antimikroba dalam lobak berasal dari kandungan enzim di dalamnya, termasuk enzim amylase, esterases, diastase, dan mirosinase. Enzim-enzim tersebut efektif dalam melawan jamur, parasit, virus, dan bakteri berbahaya dalam tubuh.

7. Membantu meluruhkan keringat

Lobak putih memiliki sifat diaforetik, sehingga keringat akan mudah luruh dan keluar lewat pori-pori kulit. Kotoran dan racun yang keluar bersama keringat, pastinya akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar.

8. Meluruhkan batu ginjal

Lobak putih merupakan sayur yang memiliki sifat diuretic, dengan kandungan potassium yang tinggi. Zat ini berguna untuk meminimalisir sekresi kalsium bersama urin, yang dapat berisiko membentuk batu ginjal.

Sedangkan diuretic maknanya pelancar saluran kemih, serta mengikis batu ginjal. Bagi penderita batu ginjal, minum ½ gelas jus lobak putih setiap pagi hari sebelum sarapan. Simak juga: Cara Mengobati Batu Ginjal Yang Efektif

9. Melancarkan sekresi urin

Kandungan air yang sangat banyak dalam lobak putih berguna untuk melancarkan buang air kecil, sehingga membantu mengatasi peradangan dan sakit saat buang air kecil.

10. Menjaga kesehatan liver (hati)

Zat tertentu dalam lobak mampu membersihkan racun dalam liver dan empedu. Konsumsi secara teratur akan bermanfaat untuk menyehatkan hati anda.

11. Sebagai penawar racun

Lobak putih juga berguna untuk mengatasi keracunan akibat konsumsi obat-obatan kimia secara berlebihan. Dengan minum jus sayur ini diharapkan bahan kimia yang tertelan dapat dimuntahkan oleh penderita.

12. Mengatasi demam dan panas

Jus lobak putih yang dicampur dengan garam, ternyata efektif untuk meredakan peradangan yang menyebabkan demam dan panas.

13. Mengobati leukoderma

Lobak putih dapat digunakan untuk detoksifikasi dan anti karsinogen, yang membantu pengobatan leukoderma. Cara menggunakannya, lumatkan biji lobak dan campur dengan cuka kemudian terapkan pada area kulit yang berwarna putih.

Untuk mengobati leukoderma, gunakan jus lobak sebagai obat luar dan dikonsumsi. Cara ini lebih efektif, supaya penyembuhan lebih cepat.

14. Baik untuk paru-paru

Jus lobak putih akan meningkatkan produksi dahak pada tenggorokan anda, sehingga risiko batuk dapat dicegah. Kotoran dan debu yang akan masuk ke paru-paru dapat dibuang bersama dahak. Dengan begitu, anda akan terhindar dari risiko asma dan sakit tenggorokan. Perlu anda baca: 16 Makanan Yang Baik Untuk Paru-Paru Perokok

15. Mengobati eksim

Untuk membantu mempercepat penyembuhan terhadap eksim, campur jus lobak putih dengan sari jahe kemudian minum secara teratur.

16. Mencegah dehidrasi

Lobak putih mengandung air yang berlimpah, sehingga tubuh anda tidak kekurangan cairan jika minum jus sayur ini. Dengan konsumsi teratur, tubuh terhindar dari pusing, letih, dan pucat.

17. Mengatasi gigitan serangga

Lobak putih memiliki sifat pruritis yang berguna untuk meredakan sakit dan demam akibat sengatan lebah.

18. Melancarkan pencernaan

Penyerapan makanan lebih optimal dengan konsumsi serat dari sayur seperti dalam lobak putih. Sehingga akan mencegah masalah pencernaan termasuk sembelit, sakit perut, dan wasir. Bukan hanya itu, penumpukan racun yang dapat memicu obesitas dapat dihindari dengan rutin makan sayur ini.


Manfaat Lobak Putih Untuk Kecantikan


19. Mengatasi jerawat di wajah

Jus lobak putih dapat diminum dan diterapkan sebagai masker wajah. Vitamin B kompleks, C, dan E di dalamnya menjadi pembersih alami bagi kulit wajah anda. Sehingga wajah anda lebih cantik, bersih, dan bercahaya.

20. Menyehatkan kulit anda

Kandungan air yang melimpah dalam lobak putih, dapat menjaga kelembaban kulit anda. Masalah kulit seperti kulit kering, bersisik, dan terkelupas dapat dicegah dengan rutin minum jus lobak.

Kecantikan kulit anda akan terjaga dengan nutrisi yang terdapat dalam lobak putih, seperti vitamin C, zinc, vitamin B kompleks, dan zat fosfor. Sayur super ini juga memiliki sifat desinfektan, sehingga mencegah masalah kulit gatal, infeksi, dan ruam. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda harus menggunakannya sebagai masker.

21. Mengatasi ketombe dan rambut rontok

Nutrisi dalam lobak putih mampu mengurangi produksi sebum, jika diterapkan sebagai masker di kulit anda. Aplikasikan jus lobak pada seluruh area kulit kepala secara merata, biarkan selama ½ jam kemudian cuci rambut dengan air dan shampo.

22. Mengurangi berat badan

Jus lobak putih sangat cocok diminum secara teratur oleh pelaku diet. Dengan minum jus sayur ini, perut terasa kenyang lebih lama. Tentu saja, anda dapat menekan asupan makanan secara berlebihan.

Rasa lapar akan tertunda, tanpa asupan kalori dan karbohidrat berlebih. Inilah salah satu jus yang cocok untuk diet menurunkan berat badan.


Efek samping konsumsi lobak putih


Sebenarnya ini berlaku untuk semua jenis umbi ataupun sayur, dimana mengkonsumsi sayur tanpa mencuci bersih dan memasaknya dengan benar dapat menimbulkan risiko toksoplasmosis.

Gejalanya dimulai dengan infeksi, kemudian demam tinggi. Penderita juga merasa mudah capai dan nyeri otot pada beberapa tempat. Gejala lain termasuk radang tenggorokan, sedak nafas, dan sakit kepala.

Jadi, pastikan anda mencuci sayur dan memasaknya dengan benar untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itulah 22 manfaat lobak putih untuk kesehatan dan kecantikan. Luar biasa, bukan? Semoga makin sehat dan bugar. Mungkin anda belum tahu: 14 Manfaat Kol Merah Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

photo credits: flickr.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

22 Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.