27 Khasiat Krokot Sebagai Obat Tradisional dan Perawatan Kecantikan

Manfaat krokot kurang dikenal masyarakat perkotaan. Wajar saja, mengingat tanaman ini jarang tumbuh di kota. Beda dengan di pedesaan, tanaman krokot banyak tumbuh di lading atau pekarangan rumah. Khasiat krokot tidak hanya sebagai makanan bagi jangkrik saja. Lebih dari itu, tanaman berdaun kecil-kecil ini memiliki sederet manfaat kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Krokot Untuk Kecantikan
Selama ini anda mungkin mengetahui krokot banyak digunakan sebagai pakan ternak. Tapi, tahukah anda bahwa tanaman yang tak ubahnya rumput liar ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan?

Beberapa masalah kesehatan seperti diare, cacingan, dan wasir dapat diobati menggunakan krokot. Hal ini tentunya tidak lepas dari nutrisi yang terdapat di dalamnya. Apa saja?

Ciri-ciri krokot sangat mudah dibedakan dari tumbuhan lain. Dengan melihat sekilas saja tanaman ini, pastinya anda dapat mengenalinya. Batangnya lembab dan mengandung air, dengan warna merah kecoklatan bercampur ungu. Daunnya agak bulat dan tebal, dengan bunganya yang cantik berwarna kuning. Rasa batangnya agak masam dan asin.

Kandungan krokot

Sejumlah mineral dan vitamin terkandung dalam daun krokot (Portulaca oleraceae L), seperti vitamin A, B kompleks (riboflavin, niacin, pyridoxine dan karotenoid), vitamin C, kalsium, magnesium, tanin, zat besi, fosfor, sodium, saponin, mangan, fosfat, dan lainnya.

Krokot juga mengandung omega-3 dan asam linolenat. Keduanya mampu menurunkan kadar kolesterol darah, serta mencegah fatty liver.

Krokot juga diperkaya dengan asam amino. Tapi hati-hati, asam oksalat di dalamnya dapat meningkatkan risiko kencing batu.
Krokot dilengkapi dengan pigmen betalain yang berkhasiat sebagai antioksidan, yang memiliki sifat anti-mutagenik.


27 Khasiat Krokot Sebagai Obat Tradisional dan Perawatan Kecantikan


Baik akar, batang, bunga, dan daun krokot dapat dikonsumsi sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Nah, berikut ini adalah khasiat krokot untuk kesehatan dan cara membuat ramuannya:

1. Mengobati sakit kuning (hepatitis) dan radang gusi

Rebus 200 gram herba krokot selama beberapa saat, dinginkan airnya. Minum airnya setiap hari hingga penyakit sembuh.


2. Mengobati penyakit maag dan disentri

Uapkan 50 gram krokot segar selama 5 menit, kemudian tumbuk dan peras sampai airnya terkumpul sebanyak 150 cc. Air ini diminum untuk 3 kali dalam sehari.

Cara lainnya: 9 Cara Mengobati Maag Secara Alami

3. Mengatasi radang akut usus buntu (Appendicitis acuta)

Segenggam krokot segar dicuci, kemudian tumbuk dan peras hingga terkumpul 30 ml airnya. Tambahkan madu atau gula pasir dan air masak, hingga volume menjadi 100 ml. Minum ramuan ini 3 kali dalam sehari. Ulangi pengobatan tiap hari, sampai gejala penyakit hilang.

Metode lainnya: 6 Cara Tradisional Mengobati Usus Buntu

4. Sebagai obat bisul

Seduh 1/3 cangkir teh krokot, minum setiap hari secara teratur. Lakukan dengan rutin hingga bisul kering dan sembuh.

5. Mengobati keputihan

Haluskan 200 gram krokot, ambil airnya. Masak bersama putih telur dengan cara ditim. Segera makan obat alami ini, selagi airnya hangat. Cara lain: Obat keputihan

6. Mengatasi kencing berdarah

Daun krokot memiliki anti-infeksi, sehingga mampu mencegah penyakit infeksi saluran kencing (ISK) yang pada umumnya disebabkan oleh kuman. Sedangkan untuk mengatasi kencing berdarah, rebus 100 gram krokot kering dan 25 gram daun sendok (Plantago mayor L.). Saring, minum airnya setiap hari hingga gejala berhenti.

7. Mengobati radang kulit dan luka borok

Cuci segenggam daun krokot segar, tumbuk sampai lembut. Campur dengan sedikit garam, balurkan pada area yang bermasalah.

8. Menstabilkan jantung berdebar

Ambil 4 tanaman krokot, kemudian cuci dan tumbuk hingga lembut. Tambahkan ½ cangkir air matang, peras dan ambil airnya saja. Campur dengan ½ sdm madu murni, minum 2 kali dalam sehari. Lakukan secara rutin hingga sembuh.

9. Menurunkan demam

Cuci 2 tanaman krokot hingga bersih, kemudian rebus setengah matang. Segera konsumsi saat masih hangat. Ulangi beberapa kali dalam sehari, hingga demam turun.

10. Mengatasi gugup dan gelisah

25 gram tanaman krokot segar dikukus beberapa menit, tumbuk dan peras. Biarkan airnya dingin, minum dengan segera.

Manfaat Krokot lainnya:

11. Mengobati penyakit cacingan.
12. Sebagai obat diare.
13. Melancarkan haid.
14. Menurunkan tekanan darah tinggi.
15. Peluruh urine atau bersifat diuretik.
16. Menenangkan fikiran, sehingga mampu mengatasi stres.
17. Memulihkan stamina yang menurun (sumber energi tubuh).
18. Melancarkan sirkulasi darah.
19. Mencegah anemia (kurang darah).
20. Mencegah ambeien (wasir).
21. Mengatasi pegal linu.
22. Menyehatkan paru-paru, sehingga meringakan gejala asma.
23. Mengobati mastitis, disebabkan krokot memiliki sifat anti-inflamasi.
24. Mengeluarkan racun dalam tubuh
25. Menguatkan struktur tulang dan gigi sehingga dapat mencegah osteoporosis.
26. Mencegah rambut rontok.


Manfaat Krokot Untuk Kecantikan Kulit


27. Mencerahkan kulit

Ekstrak krokot banyak dibuat sebagai produk pemutih kulit. Menurut penelitian oleh Myong Hee Lee bersama tim dari Department of Cosmetic Science di Korea Selatan, beberapa senyawa dalam krokot seperti alpha-linolenic acid, betakaroten, betasyanin, dan betasyanthin mempunyai efek yang mirip dengan asam arbutin, asam kojat, dan asam askorbat. Senyawa tersebut merupakan bahan pemutih kulit dan mengurangi kerutan.

Ekstrak krokot mengandung zat yang mampu menghambat enzim tirosinase, yang terkait dengan melanin pada kulit kita. Sehingga mampu mencegah kulit gelap.

Artikel lainnya: 8 Ramuan Alami Untuk Memutihkan Kulit Wajah

Nah, itulah 27 manfaat krokot untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mungkin di tempat anda menyebut tanaman ini dengan nama lain. Anda dapat memasak daunnya sebagai oseng-oseng atau tumis. Makanan ini aman dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan. Semoga makin sehat dan cantik.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

27 Khasiat Krokot Sebagai Obat Tradisional dan Perawatan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.