7 Cara Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare dan Sayur Lainnya

Semua orang tahu bahwa sayur sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, disebabkan nutrisi penting di dalamnya. Pastinya asupan mineral dan zat lainnya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sayangnya, tidak semua jenis sayur memiliki rasa yang memanjakan lidah kita, sebagian rasanya pahit dan getir. Nah, bagaimana cara menghilangkan rasa pahit tersebut?

Cara kurangi rasa pahit pada sayuran
Banyak orang menyukai sayur yang rasanya pahit, seperti pare salah satunya. Apalagi tumis pare teri yang diolah dengan benar, pastinya menjadi masakan favorit bagi pecinta kuliner. Selain kaya akan vitamin dan mineral, rasanya yang lezat menjadi citarasa tersendiri.

Selain pare, banyak orang juga menyukai sayur pahit lainnya seperti kembang turi, daun pepaya, dan lobak. Sayuran tersebut tidak diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan, tapi bagaimana dengan rasa pahitnya? Untuk itulah, kali ini saya akan bagikan tips untuk mengurangi rasa pahit dari sayuran tersebut.


7 Cara Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare dan Sayur Lainnya


Sayur merupakan asupan harian yang seharusnya dipenuhi sebagai salah satu syarat pola makan sehat. Di dalamnya tersedia berbagai zat penting yang dibutuhkan tubuh kita. Nah, untuk menghilangkan rasa pahit pada sayur tertentu, berikut cara yang dapat anda coba di rumah:

1. Kurangi pahitnya pare dengan garam


Sayur dengan nama lain paria (Momordica charantia /jetalone) ini punya sejumlah manfaat kesehatan, yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pare biasanya ditumis bersama ikan teri, atau dihidangkan bersama siomay. Pecinta kuliner pastinya tidak asing lagi dong, dengan rasanya yang khas.

Namun, pare yang dimasak dengan cara biasa, rasanya terlalu pahit. Untuk menghilangkan rasa pahit tidaklah sulit. Cuci pare hingga bersih, belah dan buang selaput berwarna putih. Iris-iris tipis, campur dengan garam kemudian remas-remas.

Tunggu pare menjadi lunak atau layu, rebus ke dalam air dan tambahkan garam secukupnya. Biarkan mendidih selama beberapa saat, sehingga rasa pahit luruh dalam air. Kini, pare siap untuk dimasak bersama bahan lainnya.

2. Hilangkan pahitnya pare menggunakan gula

Tidak berbeda dengan cara pertama, hanya saja bahan yng digunakan untuk mengurangi pahit adalah gula pasir. Pastikan anda meremas-remas pare, untuk membuat zat pahit keluar dari sayur ini.

3. Teknik merebus pare untuk menghilangkan pahitnya

Supaya pare tidak pahit, ada metode tradisional yang efektif. Dengan merebus pare menggunakan kuali atau panci berbahan tanah, maka rasa getir dari sayur ini dapat dikurangi atau diminimalisir.

4. Membuat pare tidak pahit menggunakan daun jambu biji

Daun jambu biji ternyata ampuh untuk menghilangkan rasa pahitnya pare. Remas-remas daunnya, rebus bersama pare ke dalam air selama 5 menit. Takarannya, 10 lembar daun jambu biji untuk direbus bersama ½ kg pare.

5. Menghilangkan rasa pahitnya lobak

Ciri khas dari sayur asia ini terletak pada dagingnya yang berwarna putih. Sayangnya, sebagian orang kurang menyukai rasa pahit dari lobak. Untuk menghilangkan rasa getir tersebut, kupas kulit lobak dengan pisau tajam. Kulit luar ini menyimpan enzim pahit. Pastikan pisau cukup tajam, untuk menjaga serat-serat lobak tidak rusak.

6. Hilangkan rasa pahit dari kembang turi

Jika anda penyuka pecel, tentu tidak asing lagi dengan kembang turi. Apalagi di jawa, rasanya kurang lengkap pecel tanpa kembang turi. Bukan hanya lezat, tapi juga kaya akan mineral, zat besi, dan serat. Namun, rasa kembang turi terkadang cukup pahit bagi mereka yang tidak terbiasa menyantapnya. Untuk mengurangi rasa pahit, buang putik bunga ini sebelum dimasak.

7. Kurangi rasa pahit pada daun pepaya

Anda dapat merebus daun pepaya bersama daun beluntas atau singkong, untuk mengurangi rasa pahitnya yang berlebih. Cara lainnya dengan merebus daun ini beberapa kali. Rebus, ganti airnya dan rebus kembali. Simak juga: 21 Manfaat Pepaya Untuk Pengobatan

Nah, itulah 7 cara menghilangkan rasa pahit pada pare dan sayur lainnya. Semoga bermanfaat bagi pecinta kuliner, sehingga dapat menikmati sayur yang kaya nutrisi ini.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Cara Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare dan Sayur Lainnya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.