10 Manfaat Pepaya Untuk Kecantikan Kulit Dan Rambut

Manfaat pepaya bukan hanya sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, tapi juga memiliki sejumlah besar manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Buah tropis yang berasal dari Meksiko ini kaya akan vitamin, mineral, senyawa penting termasuk papain, dan sederet zat lain yang mampu menutrisi kulit anda.

10 Manfaat Pepaya Untuk Kecantikan Kulit Dan Rambut
Manfaat pepaya bagi kecantikan kulit termasuk untuk memutihkan, melembabkan, dan mengencangkan kulit. Khasiat ini dapat diperoleh dengan menerapkan buah jingga ini pada wajah anda sebagai masker. Wajah pun makin cantik dengan rutin makan buah pepaya sebagai menu harian.

Enzim papain dalam buah pepaya mampu mencegah dampak buruk radikal bebas, serta berguna untuk mengatasi kulit terbakar oleh sinar matahari. Tidak berhenti di situ, manfaat pepaya untuk rambut sudah dibuktikan oleh banyak orang. Masker pepaya efektif untuk mengatasi ketombe, serta efektif untuk melebatkan rambut.


10 Manfaat Pepaya Untuk Kecantikan Kulit Dan Rambut


Bagi anda yang penasaran terhadap manfaat pepaya untuk kecantikan, berikut ini adalah beberapa khasiatnya untuk kulit dan rambut anda:

1. Mengencangkan kulit

Antioksidan yang berasal dari vitamin A dan C dalam pepaya, berguna untuk melawan radikal bebas dan menjaga kekenyalan kulit anda. Untuk terlihat awet muda, campur jus pepaya dengan tepung beras dan madu kemudian terapkan pada wajah anda. Biarkan selama 25 menit, sebelum membilas wajah. Lakukan perawatan ini, 3 kali dalam seminggu supaya kulit lebih kencang.

2. Menyingkirkan kulit mati


Kombinasi masker pepaya dengan susu murni mampu mengatasi kulit kusam, serta menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan kulit terbakar. Antioksidan dan enzim papain dalam buah ini efektif untuk eksfloitasi sel kulit mati.

Jus pepaya dicampur dengan minyak zaitun dan madu, juga dapat digunakan sebagai scrubuntuk mengelupas kulit mati di wajah.

3. Merawat kulit sensitif

Tidak semua pembersih wajah dapat diaplikasikan pada kulit sensitif. Salah satu bahan alami yang aman digunakan untuk anda yang memiliki kulit sensitif adalah buah pepaya. Anda dapat mencampur jus buah ini dengan lemon, untuk dipakai sebagai masker wajah bagi pemilik kulit sensitif dan kering. Selengkapnya, silahkan baca: 11 Cara Merawat Kulit Sensitif Secara Alami

4. Menghaluskan kulit


Cara membuat masker pepaya untuk wajah
Rendahnya kadar sodium dalam pepaya membuatnya efektif untuk melembabkan kulit anda, jika diaplikasikan sebagai masker wajah. Untuk melembutkan kulit wajah dan membuatnya bercahaya, campur jus pepaya dengan madu. Terapkan pada kulit wajah selama 20 menit. Bilas dengan air dingin, setelah perawatan kecantikan ini.

5. Memutihkan kulit wajah

Banyak wanita pergi ke salon kecantikan, untuk merawat wajahnya sehingga menjadi putih dan cantik. Anda dapat membuat sendiri masker pepaya, kemudian menerapkan pada kulit wajah. Jika anda melakukan perawatan dengan rutin, maka wajah pun menjadi cantik dan lebih putih. Cara lain: 8 Ramuan Alami Untuk Kulit Wajah Putih Berseri

6. Mengatasi bercak gelap akibat terbakar sinar matahari

Jus pepaya ternyata mampu mencerahkan kulit wajah, disebabkan tingginya kadar vitamin C di dalamnya. Vitamin ini akan menutrisi kulit anda, sehingga memperbaiki kerusakan kulit. Selain itu, masker pepaya juga efektif untuk mendinginkan kulit yang terbakar.

7. Sebagai pembersih bagi wajah

Pepaya kaya akan enzim yang memiliki sifat anti bakteri. Kobinasi jus pepaya dengan yogurt dapat diterapkan pada wajah anda, untuk membersihkan dan menyegarkan wajah.


Manfaat Jus Pepaya Untuk Kecantikan Rambut


8. Mengatasi ketombe dan kekeringan pada kulit kepala

Berbagai jenis mineral penting dalam buah pepaya dan vitamin di dalamnya mampu membersihkan kulit kepala dari minyak, kotoran, dan bahan kimia yang melekat pada rambut. Dengan menerapkan masker pepaya pada rambut dan kulit kepala secara teratur, maka masalah ketombe dapat diatasi. Lebih lanjut: 8 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Cepat dan Tuntas

9. Menyuburkan rambut

Menggunakan jus pepaya sebagai masker rambut, akan memberikan nutrisi bagi folikel rambut anda. Sehingga penggunaan rutin akan menyebabkan rambut menjadi lebat dan kuat.


Manfaat Pepaya Untuk Program Diet


10. Menurunkan berat badan yang berlebih

Buah pepaya baik dikonsumsi oleh pelaku diet, untuk mengurangi berat badan. Enzim dalam buahnya yang belum terlalu matang, berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan makan buah pepaya, maka proses pembakaran lemak lebih optimal. Sehingga tubuh anda lebih berenergi, dan lemak pun tidak menumpuk dalam tubuh. Simak juga: 11 Penyebab Diet Selalu Gagal

Nah, itulah 10 manfaat pepaya untuk kecantikan kulit dan rambut. Pastinya, buah ini mudah didapatkan di sekitar anda. Jadi, tidak selalu mahal untuk mendapatkan kulit cantik dan bersinar, bukan?

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Manfaat Pepaya Untuk Kecantikan Kulit Dan Rambut
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.