15 Manfaat Blewah Untuk Kesehatan Juga Kecantikan Kulit

Buah blewah sangat cocok dikonsumsi sebagai minuman segar, atau es buah di hari yang panas. Dalam tradisi masyarakat kita, es blewah sering diminum sebagai menu berbuka puasa. Manfaat buah ini berasal dari berbagai nutrisi gizi di dalamnya. Bukan hanya segar di tenggorokan, tapi juga berkhasiat sebagai obat alami yang mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

15 Manfaat Blewah Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit Yang Tidak Terduga
Buah yang sekilas mirip dengan melon ini punya daging berwarna kuning, yang sering diserut untuk dibuat sebagai minuman segar yang menyehatkan tubuh. Ciri khas blewah adalah aromanya yang harum dan tekstur buahnya crunchy.

Fakta gizi buah blewah cukup mengejutkan semua orang. The Journal of Food Science mengungkap bahwa 100 gram blewah pada umumnya telah memenuhi 68 persen dari kebutuhan vitamin A setiap harinya, dan 61 persen kebutuhan vitamin C harian anda.

Bukan hanya vitamin saja yang terdapat dalam blewah, buah ini juga diperkaya dengan mineral penting termasuk Zinc, Kalium, Magnesium, Krom, Tembaga, Kobalt, Mangan, dan Folat.


15 Manfaat Blewah Untuk Kesehatan Juga Kecantikan Kulit


Tidak sekedar dahaga yang dapat dihilangkan dengan minum es blewah, tapi banyak jenis penyakit yang dapat dicegah dengan konsumsi buah renyah ini. Berikut ini manfaat kesehatan dari buah blewah:

1. Menguatkan tulang

Kalsium dalam blewah dibutuhkan tubuh untuk menjaga tulang tetap sehat dan tidak keropos.

2. Sebagai obat tekanan darah tinggi (Hipertensi)


Mineral penting dalam blewah seperti potassium dan kalium sangat berguna untuk mengontrol tekanan darah. Buah berbau harum ini tidak mengandung kolesterol, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi.

3. Mencegah batu ginjal

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah blewah secara rutin dapat mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

4. Menurunkan kadar kolesterol buruk

Tahukah anda bahwa buah yang kaya vitamin C berguna untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah? Demikian pula kandungan vitamin C yang berlimpah dalam blewah baik untuk menguatkan dinding kapiler, serta mencegah koagulasi darah.

5. Menyehatkan mata

Betakaroten dalam buah blewah sangat dibutuhkan untuk menjaga indera penglihatan tetap sehat. Dengan minum jus buah ini secara teratur, maka penyakit mata dapat dicegah.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Blewah berkhasiat untuk melancarkan aliran darah disebabkan kadar vitamin C dan betakaroten yang melimpah. Sehingga buah ini efektif untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, paru-paru, dan sistem kardiovaskular.

Menurut RDA (Recommended Dietary Allowance), kebutuhan betakaroten setiap harinya sekitar 5-6 mg supaya jantung kita tetap sehat.

7. Aman bagi penderita diabetes

Blewah memang mengandung glukosa dan fruktosa, tapi tergolong ke dalam gula sederhana yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

8. Mencegah kanker rahim

Kekurangan asupan nutrisi tertentu dapat meningkatkan risiko kanker rahim pada wanita. Nutrisi gizi tersebut adalah betakaroten, asam folat, dan vitamin C. Blewah memuat semua gizi tersebut.

9. Baik untuk pencernaan

Blewah mengandung banyak serat yang tentunya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Bukan hanya itu, adanya betakaroten dalam buah ini berguna untuk mencegah infeksi saluran kemih (ISK).

10. Mengatasi sulit tidur

Blewah baik dikonsumsi oleh penderita insomnia. Hal ini disebabkan oleh sifat sedatif dalam buah segar ini, yang mampu meningkatkan kualitas tidur pada seseorang. Susah tidur juga dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi cokelat.

11. Menjaga kesehatan janin

Blewah kaya akan asam folat yang berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayinya. Nutrisi ini membantu dalam produksi sel-sel tubuh.

12. Sebagai obat Maag

Nafsu makan berkurang dan sakit maag dapat diobati dengan rutin minum jus blewah. Cara konsumsi haruslah dalam bentuk jus, supaya nutrisi lebih mudah dicerna usus.

13. Mencegah risiko penyakit asam urat

Blewah tergolong makanan alami dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam tubuh.


Manfaat Buah Blewah Untuk Kecantikan


14. Mencegah penuaan dini

Kulit anda dapat hilang kecantikannya sebab terpapar oleh sinar UV, polusi, radiasi AC (Air Conditioning), dan lainnya. Kombinasi vitamin C dan betakaroten dalam buah blewah merupakan antioksidan kuat yang melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh dan kulit. Vitamin C juga membantu pembentukan kolagen, sehingga kulit lebih kenyal dan tetap cantik.

15. Menurunkan berat badan

Bagi pelaku diet, blewah cocok dimasukkan ke dalam menu harian. Hal ini disebabkan rendahnya kalori dan gula dalam buah ini. Serat berlimpah dalam makanan ini juga sangat menunjang suksesnya program diet untuk mengurangi berat badan.

Nah, itulah manfaat blewah untuk kesehatan dan kecantikan yang menakjubkan. Buah ini dapat anda temukan dengan mudah di sekitar anda. Jadi, tidak selalu butuh biaya mahal untuk tetap sehat dan cantik. Mungkin anda belum tahu: 13 Manfaat Semangka Bagi Kecantikan Kulit Dan Rambut

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

15 Manfaat Blewah Untuk Kesehatan Juga Kecantikan Kulit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.