21 Cara Menghilangkan Racun Dalam Tubuh Secara Alami

Gaya hidup yang tidak sehat rentan dengan berbagai risiko penyakit berbahaya. Kebanyakan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, lemak jenuh, junk food, makanan siap saji, minuman ringan, dan sebagainya - dapat menyebabkan penumpukan racun (toksin) dalam tubuh.

Kelapa Muda Pembersih Racun Tubuh
Racun dapat menumpuk dalam ginjal, hati, saluran cerna, kulit, dan organ penting lainnya. Toksin ini harus dibersihkan, jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat. Nah, proses untuk mengeluarkan racun ini disebut detoksifikasi.

Detoksifikasi berguna untuk membersihkan racun dalam tubuh sehingga pencernaan bekerja dengan baik, serta mencegah sakit persendiaan dan punggung. Bukan hanya itu, ketika tubuh anda bersih dari racun maka kulit makin sehat dan bersinar.


21 Cara Menghilangkan Racun Dalam Tubuh Secara Alami


Detoksifikasi dapat dilakukan secara alami dengan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan tertentu yang punya kemampuan detoks. Supaya tubuh anda bersih dari racun berbahaya, jalani gaya hidup sehat dan perbanyak makanan di bawah ini:

1. Olahraga teratur

Tidak bisa dipungkiri bahwa olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Keringat yang keluar saat olahraga merupakan toksin yang berbahaya bagi tubuh, jika tidak dikeluarkan. Olahraga juga berguna untuk membantu sistem limfa dan melancarkan sirkulasi darah.

2. Alpukat

Studi oleh American Chemical Society, menemukan bahwa alpukat diperkaya dengan glutathione, yaitu senyawa yang membantu hati untuk menyaring racun berbahaya. Asam lemak dalam buah alpukat berguna untuk menurunkan kolesterol buruk yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, jika tertimbun dalam tubuh.

3. Mandi sauna

Salah satu metode detoks yang sedang marak saat ini adalah mandi sauna. Terapi sauna berguna untuk meningkatkan keluarnya keringat, mendongkrak metabolisme, serta membantu proses detoks. Lebih lengkap: Bahaya dan manfaat kesehatan akibat mandi sauna

4. Lemon

Vitamin C yang berlimpah dalam lemon berguna untuk mengaktifkan enzim dalam hati. Buah manis asam ini juga bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan mineral oleh liver.

5. Psyllium


Serat larut ini biasanya terdapat dalam suplemen serat berbentuk serbuk. Serat ini akan diubah menjadi gel di dalam usus , kemudian mengikat senyawa jahat dan membawanya keluar dari tubuh.

6. Bawang putih

Bawang putih mengandung zat pembersih racun dalam hati, yaitu allicin dan selenium. Keduanya mampu mengaktifkan kembali enzim yang rusak dalam hati. Bawang putih juga membantu dalam mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

7. Kurangi makanan berminyak

Untuk mencegah racun menumpuk dalam tubuh, jangan sering mengkonsumsi makanan berlemak, sate, mie instan, gorengan, dan sebagainya. Selain sulit dicerna oleh tubuh, makanan seperti itu dapat menyisakan toksin dalam tubuh anda.

8. Wortel

Semua orang tahu bahwa betakaroten dalam wortel baik untuk kesehatan mata. Tapi tahukah anda, ternyata sayur ini juga menjadi salah satu makanan pembersih racun dalam tubuh?

9. Air hangat

Dengan minum air hangat akan membilas racun dan sisa makanan yang ada dalam usus. Racun akan dikeluarkan bersama keringat. Perbanyak minum air hangat untuk meluruhkan zat kimia dalam darah.

10. Apel

Senyawa pectin dalam buah apel ampuh untuk membersihkan hati dari toksin berbahaya. Dengan rutin makan apel, racun tidak akan mengendap dalam liver.

11. Air kelapa hijau

Bukan hanya segar di tenggorokan, tapi air kelapa hijau juga berguna untuk membersihkan usus serta memerangi bakteri dan virus.

12. Kunyit

Bukan hanya efektif sebagai lulur kecantikan, rempah yang satu ini juga berkhasiat untuk memperbaiki kinerja hati dalam mengeluarkan racun berbahaya. Baik bagi anda untuk mengkonsumsinya sebagai minuman jamu ataupun minum sari kunyit.

13. Yogurt

Minuman olahan susu ini diperkaya dengan lactobacilus acidophilus dan bifidus yang mendongkrak kinerja kolon dalam mencegah bakteri dan racun untuk menggandakan diri.

14. Bayam

Sayur hijau ini juga mengandung glutathione yang dapat memacu produksi enzim, pembersih racun berbahaya dalam tubuh sehingga mudah dikeluarkan secara total.

15. Kenari

Kacang kenari mengandung omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, biji kenari juga dilengkapi dengan glutathione yang memudahkan bagi hati untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh.

16. Teh hijau

Antioksidan dalam teh hijau efektif untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Teh hitam maupun hijau efektif untuk menetralisir merkuri yang mungkin terdapat dalam makanan laut yang dikonsumsi. Antioksidan alami di dalam minuman sehat ini membantu mengurangi pembentukan gula dalam darah.

17. Buah kiwi

Dengan rutin minum jus buah kiwi yang kaya antioksidan, maka racun yang menumpuk dalam tubuh dapat dibersihkan. Kiwi memang salah satu buah super yang kaya manfaat kesehatan.

18. Brokoli

Sayur renyah ini mengandung sulforaphane yang menstimulasi hati dan usus besar, sehingga fungsi organ ini untuk membersihkan toksin dapat berjalan dengan optimal.

19. Buah bit

Untuk mengurangi lemak dan racun dalam tubuh, salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah buah bit. Lihat saja warna buahnya yang mencolok.

20. Minyak zaitun

Minyak zaitun menyuplai basis lipid ke dalam hati, sehingga organ penting ini dapat bekerja secara optimal untuk membilas racun dalam tubuh.

21. Kubis

Untuk membantu kerja liver, perbanyak makan kubis. Tidak berbeda jauh daripada brokoli, sayur crunchy ini juga efektif untuk membersihkan racun di dalam tubuh.
foto via shutterstock

Nah, itulah 21 cara menghilangkan racun dalam tubuh secara alami. Kurangi begadang bahkan hentikan kebiasaan tersebut, jika anda mampu. Karena tidur malam memberikan waktu bagi tubuh untuk menetralisir racun berbahaya. Penting disimak: 16 Makanan yang menyehatkan paru-paru perokok

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

21 Cara Menghilangkan Racun Dalam Tubuh Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.