12 Cara Hilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami dan Medis

Anak anda terkena penyakit cacar? Atau anda bingung mencari cara untuk menghilangkan bekas cacar? Penyakit kulit ini memang tidak terlalu berbahaya dan biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi bekas yang ditimbulkan pada kulit dapat merusak penampilan seseorang. Kulit yang mulus tidak lagi cantik disebabkan bopeng dengan cekungan yang tidak menarik.

12 Cara Hilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami Dan Medis
Anda tidak perlu bingung untuk mengobati penyakit cacar. Jika tidak segera sembuh, anda dapat mengobatinya dengan salep berbahan Asiklovir. Sedangkan bekas luka yang timbul pada kulit, dapat dihilangkan dengan bahan alami.

Gejala cacar air seperti munculnya bintil-bintil bernanah yang disertai demam, pilek, dan kepala pusing. Ketika bintil-bintil tersebut pecah, akan meninggalkan bekas luka di kulit. Dalam istilah medis, penyakit ini disebut juga Varicella (chicken pox). Penyebabnya adalah virus yang mudah menular dengan cepat melalui kontak langsung dengan penderita.


12 Cara Hilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami dan Medis


Meskipun penyakit cacar pada umumnya menyerang penderita sekali saja dalam seumur hidup, tapi bekas luka yang ditinggalkan pada kulit dapat merusak kecantikan kulit anda. Kadang seseorang berharap untuk terkena cacar pada saat ia masih balita, disebabkan jaringan sel kulit pada bayi lebih mudah dipulihkan jika terjadi kerusakan.

Cara aman untuk menghilangkan bekas cacar di kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh di sekitar kita. Dengan melakukan perawatan ini diharapkan bopeng pada kulit dapat disamarkan hingga hilang tanpa bekas. Nah, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menyamarkan bekas cacar air:

1. Jintan dan pinang muda

Siapkan 1 sdm jintan, ½ bangle, 3 lembar sirih, 1 buah pinang muda, 1 rimpang temu sore, dan 1 buah dlingo. Tumbuk enam bahan tersebut, tambahkan air kemudian peras. Minum ramuan tradisional ini untuk menyembuhkan bekas cacar.


2. Kacang ijo

Kacang ijo digunakan sejak lama untuk menghapus bekas cacar. Rendam segenggam kacang hijau ke dalam air selama semalaman. Tumbuk sampai lumat, campur dengan sedikit air hingga terbentuk krim. Balurkan pada bekas cacar selama sekitar ½ jam, bilas kulit anda dengan air bersih. Lakukan perawatan dengan rutin sampai warna kulit anda cerah kembali.

3. Air kelapa muda

Tidak hanya menyegarkan tenggorokan anda, air kelapa muda ternyata dapat digunakan untuk merawat bekas cacar. Basuh kulit anda dengan air kelapa, untuk membuatnya mulus dan bersih.

4. Jus noni (mengkudu)

Buah mengkudu kaya akan manfaat kesehatan, banyak penyakit berbahaya dapat diatasi olehnya. Untuk perawatan kecantikan, mengkudu ternyata mampu menyamarkan bekas cacar sehingga kulit mulus kembali.

Cukup dengan minum jus mengkudu setiap hari, akan melenyapkan bekas cacar di kulit secara berangsur. Pengobatan dari dalam ini sangat efektif, tapi hasilnya akan terlihat pada jangka panjang.

5. Lemon

Manfaat lemon untuk kecantikan kulit termasuk sebagai pencerah wajah, menghilangkan noda hitam, serta mengatasi bekas cacar. Cukup dengan aplikasi air lemon pada area kulit yang gelap akibat bekas cacar.

6. Daun pegagan

Cara menghilangkan keloid dapat juga anda terapkan pada bekas cacar. Tumbuk dan peras daun pegagan yang dicampur dengan sedikit air. Tambahkan madu murni, minum dengan rutin setiap hari. Pengobatan ini juga efektif untuk meremajakan kulit anda.

7. Madu murni

Aplikasikan madu secara langsung pada bekas cacar di wajah. Jika anda melakukan perawatan ini secara rutin, maka kulit wajah makin cantik dan bekas cacar pun memudar secara bertahap.

8. Gel lidah buaya

Selain berguna untuk menghapus flek hitam dan ruam merah pada kulit, gel aloe juga ampuh untuk menghaluskan kulit yang bopeng akibat bekas cacar. Oleskan gel ini pada kulit yang bermasalah, tunggu sampai kering sebelum dibilas dengan air bersih dan sabun.

9. Jagung muda

Meskipun bukan cara instan, dengan menerapkan masker jagung muda pada bekas cacar akan membuat kulit anda menjadi mulus. Cuci dan parut jagung muda, aplikasikan pada kulit anda terutama pada bekas luka.


Cara Menghapus Bekas Cacar Secara Medis


Cara cepat untuk menghilangkan bekas cacar adalah menggunakan pengobatan medis, seperti di bawah ini:

10. Metode eksisi

Perawatan bekas cacar dilakukan dengan operasi kecil untuk mengangkat jaringan parut. Operasi bedah ringan ini akan meninggalkan sedikit bekas pada kulit anda.

11. Micro-dermabrasion

Metode pengobatan menggunakan sikat mikro mampu meluruhkan sel kulit yang rusak akibat cacar. Regenerasi sel akan membuat lapisan kulit kembali muda dan cerah.

12. Laser

Metode medis yang sering digunakan untuk mengobati bekas cacar, salah satunya adalah menggunakan laser. Sinar laser mampu mengatasi pigmen hitam termasuk flek bekas cacar.

Nah, itulah 12 cara menghapus bekas cacar secara alami dan medis. Silahkan pilih salah satu cara yang menurut anda paling aman diterapkan. Jika anda ingin hemat biaya dan tanpa risiko, mungkin metode tradisional merupakan solusi terbaik. Pelajari juga: 10 Cara Mengobati Kulit Melepuh Secara Alami Dan Cepat

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Cara Hilangkan Bekas Cacar Air Secara Alami dan Medis
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.