14 Cara Alami Menghapus Flek Hitam Di Wajah Dengan Cepat

Obat alami untuk flek hitam dapat menggunakan bahan-bahan yang tersedia di sekitar kita. Flek hitam merupakan masalah kulit yang dapat merusak penampilan, selain jerawat. Penyebab noda hitam pada kulit adalah sekresi melanin yang berlebihan. Bintik gelap ini dipicu oleh beberapa faktor seperti hormon yang tidak seimbang, defisiensi vitamin atau mineral, menopause, kehamilan, atau stres.

14 Cara Alami Menghapus Flek Hitam Di Wajah Dengan Cepat
Jika noda gelap timbul di seluruh tubuh anda , silahkan konsultasi dengan dokter atau spesialis kulit. Karena kondisi tersebut mungkin saja disebabkan oleh penyakit tertentu.

Flek hitam di wajah dapat juga disebabkan oleh lingkungan yang tercemar oleh bakteri, polusi, pola makan yang buruk, atau bekas jerawat. Masalah kulit ini dapat diobati dengan produk kosmetik yang ampuh dan cocok dengan jenis kulit anda. Teliti sebelum menggunakan produk kecantikan wajah, karena tidak semuanya aman digunakan.


14 Cara Alami Menghapus Flek Hitam Di Wajah Dengan Cepat


Beberapa jenis produk pemutih wajah dapat anda gunakan untuk mengatasi flek hitam. Perhatikan apakah produk yang akan digunakan telah mendapatkan sertifikat resmi atau tidak. Sedangkan bagi anda yang memilih cara alami, berikut ini adalah bahan-bahan alami yang mampu menghapus noda hitam di wajah:

1. Minyak cendana

Selain bersifat antiseptic, cendana juga mengandung zat yang bertindak sebagai anti-penuaan. Campur bubuk cendana dengan gliserin, jus lemon, dan air mawar. Aplikasikan campuran ini pada flek coklat di wajah dan biarkan kering dengan sendirinya.

2. Air lemon


Asam sitrat dalam jus lemon berkhasiat untuk meregenerasi sel kulit dan mencerahkan warna kulit. Tidak hanya efektif untuk melenyapkan flek hitam di wajah, jus lemon juga mampu mengatasi keriput.

Caranya, basahi kapas dengan air lemon kemudian gosok-gosokkan pada wajah anda. Biarkan selama 10 menit, bilas wajah dengan air dingin. Terapkan pelembab kulit setelah perawatan ini, karena kulit anda akan menjadi sensitif disebabkan asam sitrat dalam lemon. Ulangi perawatan setiap 2 hari.

3. Jus tomat

Campuran jus tomat dan lemon merupakan obat rumahan yang ampuh untuk menghapus bintik gelap, noda, dan pigmentasi gelap. Gunakan sebagai masker bagi wajah anda, setiap malam sebelum tidur.

4. Jus pepaya

Papain yang terdapat dalam pepaya merupakan enzim yang efektif untuk menghapus noda gelap, eksfoliasi kulit mati, serta menghilangkan bintik penuaan dan bekas jerawat. Papain juga berguna untuk menghambat enzim tirosinase, sehingga pigmen penghasil melanin dapat ditekan.

Gosok-gosokkan irisan pepaya mentah pada wajah anda, terutama pada noda hitam. Biarkan selama 15 menit, bilas wajah dengan air hangat. Kulit pepaya juga efektif sebagai scrub untuk memutihkan lutut yang hitam dan siku.

5. Yogurt

Paket pemutih wajah dapat dibuat sendiri dengan beberapa bahan alami. Campur 1 sdm yogurt tanpa pemanis, 1 sdt jus lemon, dan 2 sdm bubuk oatmeal. Oleskan krim ini pada wajah anda selama 20 menit, bilas dengan air dingin. Lanjutkan dengan palikasi pelembab kulit. Lakukan perawatan ini setiap menjelang tidur malam.

6. Minyak pohon jarak

Vitamin E sangat berguna untuk merawat kecantikan kulit. Vitamin ini mampu meresap dalam dermis dan meningkatkan produksi kolagen.

Campur minyak jarak (castor oil) dan minyak vitamin E, terapkan pada flek coklat di wajah. Tunggu selama beberapa menit, cuci wajah hingga bersih.

7. Bawang merah

Bumbu dapur ini mengandung asam yang mampu bertindak sebagai pemutih alami bagi kulit anda. Terapkan perasan bawang merah pada wajah anda selama 10 menit, kemudian bilas sampai bersih. Perawatan aman dilakukan setiap hari.

8. Masker kentang

Kentang dilengkapi dengan berbagai jenis vitamin, mineral, dan fitokimia. Semua nutrisi tersebut berguna untuk memacu produksi kolagen dan menyingkirkan bintik-bintik hitam di kulit.

Parut 2 buah kentang, campur dengan air kemudian peras. Teteskan air jeruk nipis dan ½ sdm madu. Usapkan pada wajah yang timbul bintik coklat. Biarkan masker melekat selama 20 menit, sebelum dibilas dengan air mengalir.

9. Cuka apel

Untuk menghilangkan noda gelap di wajah dengan cepat, salah satu caranya dengan cuka sari apel. Campur cuka apel dengan air dalam takaran yang sama, tambahkan sedikit madu. Aplikasikan pada bintik hitam di wajah selama 3 menit.

10. Kulit semangka

Antioksidan yang berasal dari sejumlah vitamin dalam semangka efektif untuk mengatasi flek hitam di wajah. Terapkan pada wajah anda setidaknya 2 kali dalam seminggu.

11. Kunyit dan susu

Campur bubuk kunyit dengan jus lemon dan susu, oleskan secara merata pada flek coklat di wajah. Gunakan air hangat untuk membilas wajah anda, setelah perawatan.

12. Gel lidah buaya dan minyak zaitun

Kombinasi minyak zaitun dan gel lidah buaya ampuh untuk menghilangkan noda gelap di wajah. Aplikasikan masker ini pada wajah selama 5 menit, bilas menggunakan air hangat. Perawatan wajah ini dapat dilakukan dengan rutin, 2 kali dalam sehari.

13. Bengkuang dan mentimun

Anda dapat menerapkan irisan mentimun dan bengkuang pada area flek hitam di wajah. Vitamin A, C, dan E di dalamnya ampuh dalam membersihkan flek hitam di wajah.

14. Perbanyak minum air

Aupan air yang cukup berguna untuk membuang racun dalam tubuh, serta menyamarkan melasma dan bintik gelap di kulit. Perbanyak minum air sehingga flek gelap di kulit anda memudar secara bertahap.

Nah, itulah 14 cara menghapus flek hitam di wajah secara alami dan cepat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan perawatan secara teratur. Terapkan tabir surya setiap anda berada di bawah sinar matahari. Baca yang ini: Tips Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulitmu

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

14 Cara Alami Menghapus Flek Hitam Di Wajah Dengan Cepat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.