Tips Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulitmu

Radiasi UV yang berasal dari paparan sinar matahari dapat merusak kulit anda. Demikian juga bagi anda yang berada dalam ruangan yang menggunakan AC, sangat rentan dengan radiasi yang ditimbulkan oleh pendingin tersebut. Dampak buruk yang paling nyata seperti kulit kering, bintik hitam, bahkan kanker kulit. Nah, untuk mencegah kondisi kulit tersebut tabir surya atau sunblock merupakan solusi terbaik.

Tips Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulitmu
Kelembaban kulit dapat hilang oleh paparan AC maupun sinar matahari yang sangat terik. Sunblock berguna untuk melindungi kulit anda dari radiasi yang bersifat merusak.

Sebelum menerapkan tabir surya pada kulit anda, ketahui bahan apa saja yang terdapat di dalamnya. Apakah sunblock yang akan anda beli sesuai dengan tipe kulit anda?

Jika anda salah dalam memilih jenis sunblock, risikonya adalah kulit bukannya terlindungi tapi malah makin kering dan mungkin terjadi alergi.

Tabir surya yang berkualitas mengandung bahan yang mampu menyerap radiasi UV, serta memiliki bahan yang dapat memantulkan radiasi ultraviolet. Jadi, kedua bahan tersebut seharusnya ada di dalam sunblock yang bagus.

Sunblock pada umumnya mengandung salah satu jenis SPF (Sunburn Factor Protection) dengan tingkat tertentu seperti 15, 30, atau 90.


Tips Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulitmu


SPF yang terdapat dalam sunblock berguna untuk melindungi kulit anda sehingga tidak terbakar oleh sinar matahari. Karena jenis kulit setiap orang berbeda, maka tabir surya yang sebaiknya digunakan oleh tiap orang pun tidak sama.

Anda harus memilih sunblock dengan tingkat SPF yang sesuai dengan tipe kulit anda. Nah, berikut ini adalah tips memilih sunblock sesuai dengan jenis kulit anda:

1. Untuk kulit kering

Bagi pemilik kulit kering, anda dapat memilih sunblock yang berbentuk krim. Krim tabir surya biasanya mengandung bahan pelembab seperti lanolin, minyak alami, dan dimethicone.

2. Untuk kulit berjerawat


Jika wajah anda berjerawat, maka hindari tabir surya yang berbahan salicylates, oxybenzone, ecamsule, dan PABA. Bahan-bahan tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Pilih sunblock yang berbentuk gel, yang biasanya mengandung bahan khusus untuk mengurangi peradangan pada kulit.

3. Untuk kulit sensitif

Jika anda memiliki kulit sensitif, maka sunblock untuk bayi sangat cocok untuk digunakan. Pilih tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dionxide. Kedua bahan ini cocok diterapkan pada kulit sensitif. Sebaiknya pilih tabir surya dalam bentuk spray, untuk mengurangi risiko terjadinya iritasi pada kulit anda.

4. Untuk kulit berminyak

Tidak jauh berbeda daripada kulit berjerawat, sunblock berbentuk gel juga cocok diterapkan pada kulit berminyak. Hindari lotion, meskipun tidak mengandung minyak tapi dapat memicu produksi kelenjar minyak. Jika wajah anda sangat berminyak, sebaiknya gunakan tabir surya yang berbentuk spray atau bedak.

5. Untuk kulit gelap

Hindari pemakaian sunblock berbahan titanium bagi anda yang kulitnya cenderung berwarna gelap. Bahan ini dapat menyebabkan kulit anda menjadi belang atau berwarna sangat putih. Pilihan tepat untuk kulit gelap adalah tabir surya yang diproses dengan teknologi micronized, sehingga dapat diserap dengan baik oleh kulit anda. Produk berbentuk spray atau lotion pada umumnya menggunakan teknologi ini.

6. Untuk kulit berwarna pucat

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit kanker kulit dan penderita melisma, jangan sembarangan dalam memilih jenis sunblock. Sebaiknya gunakan tabir surya yang memiliki SPF-30 atau lebih. Hal ini juga berlaku bagi anda yang memiliki tipe kulit cenderung pucat. Hindari penggunaan sunblock yang banyak mengandung bahan kimia.


Bahan-bahan yang terkandung dalam sunblock



  • Mineral Sunblocks. Sunblocks fisik yang punya kemampuan untuk memantulkan UV dari kulit anda.
  • Avobenzone. Bahan ini baik untuk melindungi kulit dari UV-A tapi dalam waktu singkat saja.
  • Asam aminobenzoic (PABA). Sunblocks kimia ini ampuh untuk melindungi kulit anda dari radiasi UV-B. Tapi tidak cocok digunakan untuk tipe kulit sensitif.
  • Benzophenones. Zat yang mampu melindungi kulit anda dari paparan UV-A yang memiliki gelombang sedang.
  • Salisilat. Zat kimia yang efektif untuk menangkal radiasi UV-B.
  • Anthelios. Produk tabir surya yang tebuat dari kombinasi bahan kimia dan dioksida titanium. Produk ini baik untuk mem-blok UV-A dan UV-B.

Nah, itulah berbagai jenis sunblock dan cara memilih produk sesuai jenis kulit anda. Setelah membaca artikel ini, pastinya anda lebih berhati-hati untuk memilih tabir surya sesuai tipe kulit anda. Sehingga kecantikan kulit dapat dipertahankan, serta kerusakan kulit dapat dicegah. Simak juga: 15 Bahaya Kosmetik Berbahan Merkuri dan Ciri-cirinya

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Tips Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulitmu
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.