12 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut

Cemilan pada umumnya banyak mengandung lemak, sehingga rentan dengan risiko jerawat. Parahnya lagi, selain tinggi kalori cemilan biasanya juga sarat dengan kolesterol. Inilah alasan kebiasaan ngemil bikin gemuk dan merusak kecantikan kulit. Tahukah anda, bahwa ada kudapan yang justru baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Apakah itu? Salah satunya adalah biji bunga matahari.

12 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut
Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan dan pengobatan. Nah, kali ini kita akan kupas manfaat bunga matahari untuk kecantikan.

Minyak bunga matahari dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, sehingga baik untuk perawatan kulit. Tiap 100 gram kuaci menyediakan 35,17 gram vitamin E, kadar yang sangat tinggi. Kandungan folat yang berlimpah dalam biji bunga matahari, dibutuhkan untuk regenerasi sel-sel tubuh.


12 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut


Kuaci memiliki sejumlah manfaat kecantikan, terkait beberapa nutrisi penting yang terdapat di dalamnya. Cemilan yang sangat cocok dikonsumsi oleh wanita yang ingin mendapatkan kulit sehat dan cantik. Berikut ini adalah manfaat kuaci untuk kulit dan rambut:

1. Mencegah keriput


Antioksidan alami yang terdapat dalam minyak bunga matahari dapat bertindak sebagai anti penuaan dini. Dengan menggunakannya secara rutin, akan menjadikan kulit anda terkesan jauh lebih muda dan segar.

2. Melembabkan kulit

Minyak bunga matahari dapat bertindak sebagai emolien bagi kulit anda. Penggunaan minyak alami ini secara rutin, dapat mengatasi kulit kering. Bukan hanya itu, masalah iritasi dan peradangan pada kulit dapat diobati dengan minyak ini.

3. Sebagai tabir surya

Minyak bunga matahari mengandung vitamin E yang berlimpah, yang berguna untuk melindungi sel-sel kulit yang sensitif dari kerusakan oleh sinar UV. Minyak ini juga kaya akan betakaroten yang berperan dalam melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada kulit, serta mencegah kanker kulit dan sunburn.

4. Menghilangkan Jerawat

Timbunan minyak dan sebum pada folikel di bawah kulit akan menimbulkan jerawat, jika terinfeksi oleh bakteri. Jerawat merupakan masalah umum bagi remaja. Nah, untuk mengatasi gangguan kulit ini, gunakan minyak bunga matahari. Asam lemak esensial dan sejumlah vitamin penting yang ada di dalamnya mampu membentuk lapisan yang melindungi kulit dari serangan bakteri. Untuk menghilangkan jerawat, cukup dengan menerapkan minyak ini pada kulit anda secara langsung.

5. Mengurangi flek hitam di wajah


12 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut
Ekstrak biji bunga matahari juga berguna untuk menyamarkan flek hitam dan di kulit wajah. Aplikasikan minyak alami ini pada wajah anda setiap malam, untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Menghaluskan kulit

Vitamin E dalam kuaci berperan untuk mengganti sel-sel kulit mati dengan sel muda. Sehingga menjaga elastisitas kulit dan membuatnya lebih halus.

7. Menyuburkan rambut

Sekitar 5,25 mg zat besi yang terdapat di dalam 100 gram biji bunga matahari. Mineral penting ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

8. Menurunkan berat badan

Kuaci sangat cocok dikonsumsi oleh pelaku diet, untuk menurunkan berat badan. Folat dalam biji bunga matahari dapat mendongkrak metabolisme dalam tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan pembakaran kalori.


Manfaat ekstrak bunga matahari lainnya untuk kecantikan


9. Menyamarkan bekas jerawat.
10. Menghilangkan bekas riasan.
11. Memudarkan lingkaran hitam di mata (mata panda).
12. Mengobati mata yang lelah.


Cara Menggunakan minyak bunga matahari


Pilih salah satu produk pembersih, atau krim dengan bahannya yang utama adalah minyak bunga matahari. Untuk pembersih, Minyak bunga matahari dapat dikombinasikan dengan minyak jarak, untuk membantu regenerasi sel-sel kulit dan mengembalikan elastisitasnya. Hindari aplikasi minyak ini pada kulit kering secara langsung. Jadi, basahi atau buat kulit anda menjadi lembab terlebih dahulu sebelum menerapkannya, sehingga minyak dapat meresap ke bawah jaringan kulit.

Nah, itulah 12 manfaat minyak bunga matahari bagi kecantikan kulit dan rambut. Anda dapat menanam bunga ini di kebun atau di pekarangan rumah. Selain menambah keindahan suasana, banyak manfaat dapat diperoleh dari tanaman ini. Apakah anda berfikir untuk memulai menanamnya di taman?

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.