8 Cara Menyikat Gigi Dengan Benar Sesuai Arahan Medis

Cara menyikat gigi dengan benar bertujuan untuk mencegah berbagai gangguan mulut, termasuk masalah bau mulut, gigi kuning, dan gusi bengkak. Dengan menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari, maka sisa-sisa makanan yang melekat di sela-sela gigi dapat dibersihkan sehingga mencegah plak dan gigi keropos.

8 Cara Menyikat Gigi Dengan Benar Sesuai Arahan Medis
Teknik menggosok gigi yang benar sering dianggap sepele bagi sebagian orang. Ketika muncul plak dan karang gigi, mereka akan menyadari pentingnya cara menggosok gigi yang benar.

Tehnik menyikat gigi dengan metode yang tepat, sangat disarankan oleh dokter gigi. Jadi, jangan tunggu gigi keropos untuk memulai menyikat gigi dengan cara yang benar.

Perawatan gigi yang efisien bertujuan untuk melindungi lapisan gigi supaya tidak terjadi kerusakan pada gigi. Tindakan pencegahan lebih mudah dilakukan daripada pengobatan sakit gigi.


8 Cara Menyikat Gigi Dengan Benar Sesuai Arahan Medis


Untuk mencegah gigi berlubang, maka gigi perlu dibersihkan sesering mungkin terutama setelah makan dan menjelang tidur. Banyak orang menyikat gigi mereka dengan cara yang kurang tepat, sehingga hasil pun kurang maksimal. Ada beberapa kesalahan saat menggosok gigi dan sering tidak disadari oleh kita. Nah, untuk mendapatkan gigi yang putih, sehat, dan kinclong, simak cara yang benar dalam menyikat gigi sebagai berikut ini:

1. Menyikat gigi dengan teknik memutar

Mulai menyikat gigi anda dari depan ke arah kanan. Teruskan menggosok gigi sambil menggeser dengan perlahan secara memutar. Jangan menyikat gigi terlalu kuat, karena gusi dapat terluka dan justru berisiko mengalami sariawan.

2. Jangan menggunakan pasta gigi secara berlebihan


Gunakan odol seperlunya saja. Terlalu banyak pasta gigi justru menimbulkan busa berlebih, sehingga mulut terasa pedas dan tidak nyaman. Nah, situasi ini akan membuat anda ingin segera menyelesaikan kegiatan menggosok gigi.

3. Bersihkan gigi satu per satu

Jangan menyikat gigi dengan tergesa-gesa. Sikat gigi anda satu per satu, sehingga setiap sisa makanan yang melekat dapat dibersihkan dengan tuntas. Cara ini akan mencegah timbulnya plak dan gigi berlubang.

4. Hindari minuman asam sebelum menggosok gigi

Minuman yang memiliki derajat keasaman tinggi seperti minuman bersoda, jus jeruk, jus buah anggur, akan merapuhkan email gigi. Gosok gigi anda setelah berselang satu jam dari konsumsi minuman asam, supaya email gigi menguat kembali.

5. Menyikat gigi dengan arah vertikal

Gosok gigi anda mengikuti alur permukaan gigi, yaitu arah vertikal. Gerakan menyikat ini berguna untuk membersihkan semua kotoran di sela-sela gigi anda.

6. Gunakan obat kumur (mouthwash)

Obat kumur akan membuat nafas menjadi segar dan mulut lebih bersih. Fluoride di dalamnya akan menyebabkan nafas segar dan tidak berbau.

7. Pilih bulu sikat yang lembut

Bulu sikat yang kaku tidak mampu menjangkau sela-sela gigi, sehingga gigi tidak dapat dibersihkan dengan maksimal. Bulu sikat yang keras juga dapat melukai gusi anda. Baca juga: 15 Cara alami untuk Mengobati Gusi Bengkak.

8. Jangan menggunakan sikat gigi yang rusak

Jika bulu sikat telah renggang, maka segera ganti dengan yang baru. Menggunakan sikat gigi yang rusak tidak dapat membersihkan sisa makanan yang melekat di gigi dengan optimal.


Tips menyikat gigi dengan baik dan benar


Simpan sikat gigi di tempat yang tidak lembab, supaya kering dan bakteri tidak hinggap padanya.


8 Cara Menyikat Gigi Dengan Benar Sesuai Arahan Medis
Bersihkan lidah anda menggunakan sikat gigi dan odol, setelah menggosok gigi. Tindakan ini bertujuan untuk mencegah dan mengatasi bau mulut.

Jangan bertukar sikat gigi dengan orang lain, untuk mencegah bakteri berpindah dari mulut orang lain.

Itulah 8 cara menyikat gigi dengan benar. Kesehatan gigi berpengaruh terhadap kesehatan mulut secara menyeluruh. Jadi, rajin menggosok gigi akan membuat gigi lebih kuat, bersih, dan kinclong. Simak juga: 6 Bahaya akibat Lidah Tergigit.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

8 Cara Menyikat Gigi Dengan Benar Sesuai Arahan Medis
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.