15 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Gusi bengkak membuat seseorang merasa tersiksa dan menghilangkan nafsu makan. Berbagai macam obat gusi bengkak tersedia di pasaran, namun efek samping pada jangka panjang perlu Anda perhitungkan. Anda dapat memilih cara alami untuk mengobati gusi bengkak. Bahan-bahan alami aman digunakan dan sangat efektif untuk mengatasi masalah kesehatan gusi.

gusi
Penyebab gusi bengkak

A. Akibat Infeksi

Infeksi oleh virus dan jamur dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak. Terlebih jika ada riwayat herpes, maka pertumbuhan jamur Candida di dalam mulut dapat memicu penyakit gusi bengkak.

B. Akibat Kehamilan

Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil sering membuat gusi rentan terhadap infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang menurun pada usia kehamilan, berakibat naiknya risiko radang gusi.

C. Akibat Radang Gusi (Gingivitis)

Kondisi ini dapat menyebabkan bengkak dan iritasi pada gusi. Banyak orang menganggap sepele gejala radang gusi, sehingga berujung pada kehilangan Gigi. Tidak menjaga Kesehatan mulut dan gigi, dengan membiarkan sisa makanan menumpuk pada akhirnya mengundang berbagai jenis bakteri. Plak akan berubah menjadi karang gigi, kemudian menusuk gusi dan terjadilah pembengkakan.

D. Akibat Kekurangan Vitamin C

Sariawan merupakan salah satu akibat dari kekurangan vitamin C. Masalah ini juga dapat memicu pembengkakan pada gusi.

E. Akibat Mengkonsumsi Makanan yang tidak sehat

Makanan yang banyak mengandung gula juga dapat menjadi penyebab gusi bengkak.

F. Akibat penggunaan Kawat Gigi atau Behel

Pemasangan kawat gigi yang terlalu rapat dengan gusi akan menyebabkan tekanan pada gusi, sehingga berakibat bengkak dan iritasi.


15 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami


1. Minyak Cengkih

Oleskan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak. Lakukan di pagi dan malam hari secara teratur.

2. Garam

Tuangkan 1 sdt garam ke dalam segelas air hangat. Aduk, kemudian berkumur dengannya. Lakukan setiap hari sebanyak tiga kali.


3. Jeruk Nipis

Peras jeruk nipis, tuangkan airnya ke dalam satu gelas air hangat. Berkumur dengan airnya menjelang tidur malam dan ketika bangun tidur di pagi hari.

4. Bawang Merah

Tumbuk bawang merah hingga lembut, campur dengan sedikit garam. Bubuhkan pada gusi yang terasa nyeri akibat bengkak.

5. Gambir

Sediakan 3 potong gambir dan ½ jari empu kunyit. Kedua bahan diiris-iris, setelah dicuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan airnya berkurang setengahnya. Berkumur dengan airnya, selagi hangat. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Baking soda atau Hidrogen peroksida

Campur baking soda dengan air, gunakan sebagai obat kumur untuk meredakan rasa sakit akibat gusi bengkak.

7. Madu

Oleskan madu alami pada gusi yang terasa sakit. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

8. Kulit Andong

Cuci kulit andong untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Kunyah kulit andong kemudian campur dengan sedikit garam dapur, terapkan pada gusi yang terasa sakit.

9. Asam Jawa

Biji asam jawa dipanaskan di atas wajan tanpa minyak (disangrai), tumbuk sampai halus. Taruh bubuk ini di atas kain, gosokkan pada karang gigi.

10. Bayam Duri

Setelah seluruh bagian tanaman bayam duri dicuci bersih, kemudian bakar di atas genteng. Tumbuk sampai halus, oleskan sebagai salep untuk mengobati gusi bengkak.

11. Krokot

Cuci 200gr tanaman krokot, rebus bersama 3 gelas air hingga mendidih dan berkurang gelas air. Setelah dingin, minum airnya.

12. Perbanyak minum air

Dengan minum air akan membantu fungsi air liur, serta mengurangi bakteri di mulut yang dapat memicu masalah kesehatan gusi.

13. Ubah menu diet

Jauhi makanan yang merugikan kesehatan gusi, ganti dengan mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C.

14. Hindari stres

Mungkin terdengar aneh, namun kesehatan gigi dan gusi dapat dipengaruhi oleh stres. Jaga ketenangan fikiran agar tetap segar dan sehat.

15. Pijatan pada Gusi

Cuci tangan Anda, gunakan jari telunjuk untuk memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar. Lakukan pemijatan dengan lembut, secara berulang-ulang.

Itulah 15 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami. Rajinlah menggosok gigi dan jauhi makanan manis. Penting: 9 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Bahan Alami! Lebih baik sering menemui dentist untuk konsultasi, daripada datang untuk mengobati sakit gigi atau gusi.

foto ilustrasi by wayzatadental.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

15 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.