6 Bahaya Lidah Tergigit Dan Cara Mengatasinya

Seberapa besar bahaya akibat lidah tergigit sendiri? Tahukah anda, bahwa lidah yang tergigit oleh gigi dapat menimbulkan gangguan kesehatan? Semua orang tentu mengaduh ketika hal ini terjadi pada dirinya. Kesalahan mengunyah makanan dapat dialami oleh seseorang tanpa sengaja. Faktor penyebab yang paling dominan adalah terlalu cepat ketika mengunyah makanan, atau konsentrasi yang hilang saat makan.

lidah-tergigit
Anda tentu merasa kesal, atau setidaknya berteriak saat lidah tiba-tiba terjepit oleh gigi. Sebagian orang segera menghentikan aktivitas makan, ketika mengalami kejadian ini. Sebagian yang lain, tetap melanjutkan acara makan.

Ada lagi yang aneh, dengan meyakini bahwa hal ini disebabkan oleh pembicaraan orang lain mengenai dirinya. Anggapan ini belum dapat dibuktikan secara ilmiah, terlebih secara medis.


6 Bahaya Lidah Tergigit Dan Cara Mengatasinya


Kesalahan mengunyah makanan dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Berikut bahaya lidah tergigit ketika makan:

1. Luka yang Cukup Mengganggu

Rasa sakit pada lidah tergigit lebih hebat daripada luka di tempat lain. Ini dapat dimaklumi karena lidah merupakan salah satu indera perasa yang sangat peka. Ujung syaraf lidah tidak hanya peka terhadap rasa, namun juga sensitif terhadap rasa nyeri. Namun, luka pada lidah paling cepat sembuh dibanding organ tubuh lainnya.


2. Selera makan hilang

Makanan akan hilang kelezatannya, ketika tanpa sengaja lidah tergigit secara tiba-tiba. Mungkin anda akan berhenti makan, karena takut lidah tergencet gigi lagi.

3. Lidah menjadi Kasar

Tekstur lidah yang lembut akan berubah menjadi kasar dan retak. Sensitivitas lidah sedikit mengalami kerusakan oleh gigitan tepi gigi yang tajam. Jika tidak ada luka akibat gigita dan tidak berdarah, biasanya akan sembuh sendiri setelah 3 hari.

4. Risiko Sariawan

Luka pada lidah akibat tergigit dapat mengalami infeksi, sehingga rentan sariawan. Kondisi ini tentu sangat mengganggu aktivitas makan. Baca juga: Cara Mengobati Sariawan Dengan Sangat Cepat.

5. Timbul rasa Nyeri

Luka pada lidah bekas tergigit dapat menimbulkan infeksi. Luka ini biasanya disertai dengan nyeri.

6. Perubahan pada Warna Lidah

Infeksi bakteri akibat lidah yang pecah akan mengakibatkan lidah berubah warna.


Cara Mengatasi Lidah Yang Tergigit Tanpa Sengaja


Jadi, bagaimana cara mengatasi lidah tergigit? Agar tidak terjadi luka trauma yang cukup serius, cobalah cara alami di bawah ini:

1. Gunakan Es Batu

Pengobatan awal terhadap lidah yang tergigit, dengan mengompres luka menggunakan es batu. Perawatan ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan cepat menghentikan pendarahan.


lidah
2. Berkumur dengan Air Garam

Ketika terjadi luka akibat gigitan gigi sendiri, gunakan air garam untuk berkumur-kumur. Meskipun timbul sesikit rasa perih, cara ini efektif untuk mencegah iritasi dan membantu untuk menghilangkan bakteri. Rasa perih yang timbul hanya bersifat sementara.

3. Perbanyak Minum Air Dingin

Dengan minum banyak air es batu akan menenangkan lidah yang memar dan kontraksi yang terjadi.

4. Gunakan Baking Soda

Oleskan sedikit baking soda yang telah dicampur dengan air bersih, pada lidah yang terluka akibat tergigit.

5. Gunakan madu

Manfaat madu untuk mengeringkan luka dan mencegah infeksi telah dikenal oleh banyak orang. Demikian pula untuk mengatasi lidah tergigit yang timbul luka, caranya dengan mengoleskan madu murni secukupnya, pada luka di lidah.

6. Hindari makanan pedas

Ketika anda mengalami luka gigitan di lidah, jauhi makanan pedas untuk sementara waktu. Makanan pedas akan mengakibatkan peradangan pada lidah, sehingga luka makin parah dan lama untuk sembuh. Simak juga: 13 Bahaya Makanan Pedas Bagi Ibu Hamil.

Itulah bahaya lidah tergigit dan cara mengatasinya. Sebenarnya kasus ini tidak memerlukan penanganan khusus, karena lidah dapat sembuh dengan sendirinya. Air liur dalam rongga mulut ikut membantu proses penyembuhan. Sebaiknya hati-hati ketika mengunyah makanan, dan tetap fokus.

foto via lonetreedentistblog.com, aafp.org

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

6 Bahaya Lidah Tergigit Dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.