14 Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih

Cara mengurangi nafsu makan, sangat penting untuk dipelajari khususnya bagi anda dengan berat badan yang berlebih. Nafsu makan sebenarnya bukanlah sesuatu yang harus dilawan, namun bagi sebagian orang hal ini dapat menjadi sangat bermasalah.


14 Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan
Nafsu makan yang tidak terkontrol akan mengakibatkan berat badan naik secara drastis, yang tentunya rentan dengan risiko obesitas. Sedangkan kegemukan dapat memicu penyakit lain yang berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, kolesterol tinggi, diabetes, dan lainnya.

Bagaimana mengontrol rasa lapar Anda? Sebelum anda mengurangi nafsu makan, perlu diketahui penyebab nafsu makan berlebihan. Beberapa faktor penyebab seperti begadang, dehidrasi, telat makan, kebiasaan mengunyah makanan dengan cepat, dan banyak lagi.


14 Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih


Untuk menurunkan nafsu makan, kuncinya adalah diri anda. Masalah ini sebenarnya merupakan dilema, antara keinginan otak dan perut. Seringkali anda mengelabuhi diri sendiri dengan berkata dalam hati, ah tidak masalah kalau cuma tiga atau empat potong kue setelah makan besar. Ironisnya, kebiasaan ini dilakukan secara berulang-ulang.

Setelah mengetahui dampak buruk akibat nafsu makan berlebihan, tentu semua orang akan berusaha keras untuk menghentikannya. Berikut adalah cara mengontrol nafsu makan, yang seharusnya dicoba:

1. Warna biru

Beberapa penelitian mengungkapkan secara psikologi, ternyata warna biru dapat mengurangi nafsu makan. Jadi, ganti semua peralatan makan anda dan gunakan warna biru. Hindari semua atribut berwarna merah dan orange yang justru meningkatkan selera makan anda.

2. Fokus pada makanan


Hindari makan sambil melakukan aktivitas lain, seperti menonton TV atau lainnya yang membuat acara makan menjadi tidak fokus. Kebiasaan ini menyebabkan otak menjadi lambat untuk mengirim sinyal kenyang. Sehingga nafsu makan tidak segera reda, setelah menghabiskan seporsi makanan.

3. Selalu sarapan

Pilih makanan yang berserat dan kaya akan protein, sebagai menu sarapan pagi. Menu diet ini akan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lama sehingga efektif untuk menunda lapar.

4. Jangan menonton tayangan kuliner

Program acara di televisi yang menayangkan acara kuliner dan sebagainya akan menimbulkan selera makan anda. Makanan yang lezat tentu akan memacu produksi air liur (saliva), sehingga anda akan meraih cemilan di meja.

5. Makan dengan pelan-pelan

Nikmati proses makan, jangan terburu-buru. Jika anda makan terlalu cepat, perut yang telah penuh tapi tidak segera kenyang. Makan dengan cepat, justru membuat selera makan tidak reda. Kunyah makanan hingga benar-benar lembut, sebelum ditelan. Simak juga 6 Bahaya Lidah Tergigit Dan Cara Mengatasinya.

6. Hindari makanan instan

Makanan ringan dan siap saji termasuk biskuit krim dan kue, akan membuat mulut terus mengunyahnya. Jangan letakkan makanan ringan di dekat anda. Hal in akan menambah nafsu makan saja.

7. Isi perut anda sebelum beraktivitas

Jangan bekerja dalam keadaan perut yang kosong. Karena setelah rasa lapar datang, selera makan anda akan melonjak tinggi.

8. Jadwal makan yang teratur

Jangan ubah jam makan anda. Menunda waktu makan siang akan menyebabkan anda menyantap makanan lebih banyak, di siang berikutnya.

9. Hindari stres

Seseorang yang mengalami stres umumnya punya keinginan makan yang meledak-ledak. Atasi stres dengan cara yang benar.

10. Kurangi makan di luar rumah

Banyak orang merasa tidak mampu untuk mengontrol nafsu makan, ketika berada di restoran. Jangan tergoda, ambil porsi biasa atau sedikit. Hentikan makan, setelah merasa kenyang. Jika perlu, bungkus makanan anda dan bawa pulang.

11. Perbanyak minum air mineral

Minum segelas air mineral, sebelum mengunyah makanan. Cara ini dapat meredakan nafsu makan anda. Anda akan merasa kenyang tanpa makan berlebihan.

12. Perbanyak makan sayur dan buah

Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat, dengan sayur dan buah. Hal ini akan mencegah nafsu makan melonjak.

13. Sikat gigi

Pasta gigi dan obat kumur ternyata efektif untuk mengurangi nafsu makan. Ketika nafsu makan melonjak, cobalah untuk menggosok gigi anda atau sekedar berkumur dengan obat kumur.

14. Lilin Beraroma

Cara untuk mengurangi nafsu makan yang paling unik adalah lilin beraroma. Nyalakan lilin dengan aroma apel, pisang, atau peppermint. Aroma yang timbul dari lilin akan menenangkan otak dan meredakan nafsu makan yang mengebu-gebu.

Nah, itulah 14 cara mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Semua cara alami di atas bertujuan untuk mencegah kenaikan berat badan secara drastis. Bagi anda yang mengalami kegemukan, pelajari 14 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

14 Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.