16 Manfaat Minyak Ikan Yang Luar Biasa

Tahukah anda bahwa minyak ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, mulai dari kesehatan kulit, kecantikan wajah, perawatan rambut, mengobati penyakit mata, meningkatkan kecerdasan, kesehatan jantung, obat alami untuk depresi, hingga penyakit berat seperti kanker, radang sendi, kesehatan mental, diabetes, dll. Hal ini dikarenakan kandungan gizi pada Minyak ikan sangat lengkap.

16 Manfaat Minyak Ikan Yang Luar Biasa
Omega-3 yang dikandung Minyak ikan sangat baik untuk meningkatkan kemampuan daya ingat. Asam lemak ini baik untuk perkembangan otak anak, juga mencegah kepikunan. Omega-3 juga dapat menurunkan kolesterol buruk.

Manfaat utama minyak ikan terkait dengan kandungan tinggi omega 3, asam alfa-linolenat, dan asam Gamma-linolenat. Minyak ikan dapat diperoleh dari sarden, ikan makarel, tuna, salmon, dll. Kualitas Minyak ikan ditentukan oleh jenis ikan yang digunakan.


16 Manfaat Minyak Ikan Yang Luar Biasa


1. Minyak Ikan untuk Perawatan Rambut dan Kulit

Merawat rambut agar tetap berkilau dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi Minyak Ikan. Ini dikarenakan kandungan Omega-3 mampu memberi makanan bagi rambut hingga ke folikel. Cara alami memanjangkan rambut adalah dengan menggunakan minyak ikan. Rambut rontok dapat dicegah dengan penggunaan minyak ikan. Hal ini disebabkan oleh kandungan protein yang terdapat pada minyak ikan.

Omega-3 yang terdapat pada Minyak ikan efektif melembabkan kulit. Dengan meningkatnya kolagen, sel kulit menjadi sehat sehingga anda tampak lebih cantik. Minyak ikan juga dapat mengatasi bekas jerawat, eksim, gatal pada kulit, dan ruam. Jika anda punya masalah dengan jerawat, kapsul minyak ikan bisa menjadi pilihan obat alami.

2. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian yang diadakan di Australia menemukan bahwa dengan konsumsi rutin Minyak ikan dapat mengikis lemak di dalam tubuh. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, minyak ikan adalah pilihan yang baik. Baca: 14 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami!

3. Melawan kanker

Omega-3 yang dikandung oleh minyak ikan dapat melawan kanker. Asam lemak ini menjaga sel tubuh tetap sehat. Terutama kanker usus, kanker prostat, dan kanker payudara. Sedangkan untuk kanker pankreas, minyak ikan ikan berperan sebagai penurun berat badan.

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular


Minyak ikan dapat mengurangi kolesterol jahat, kadar trigliserida, dan melembutkan sistem arteri yang keras. Demikian juga untuk menjaga kestabilan denyut jantung dan pencegahan terhadap stroke.

5. Obat alami bagi Diabetes

Stroke, penyakit Jantung Koroner, dan aterosklerosis mudah menyerang penderita diabetes tipe 2. Nah, minyak ikan berguna untuk menurunkan kadar trigliserida pada penderita diabetes.

6. Mencegah Kenaikan Tekanan Darah

Omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi dan anti koagulasi. Ini berarti bahwa Tekanan Darah Tinggi dapat ditekan oleh penerapan minyak ikan. Tekanan Darah Tinggi umumnya disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar.

7. Mencerdaskan otak

Kandungan DHA pada minyak ikan membantu perkembangan otak dan mata pada bayi. Minyak ikan juga mencegah risiko cacat pada bayi.

8. Mencegah Asma

Minyak ikan berperan untuk melancarkan saluran pernafasan. Penyempitan saluran pernafasan dicegah oleh penggunaan minyak ikan. Ini berarti, asma dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi minyak ikan.

9. Memiliki anti inflamasi

Peradangan pada tubuh dan darah dapat dikurangi dengan pemakaian minyak ikan. Minyak ikan sangat membantu penyerapan nutrisi bagi penderita penyakit Crohn. Minyak ikan juga mengatasi masalah pada usus besar.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Hal ini disebabkan oleh omega-3 yang mempengaruhi aktifitas sitokin, dan eicosanoid. Minyak ikan juga baik digunakan oleh penderita penyakit Lupus.

11. Mengatasi Radang sendi

Anti inflamasi yang dimiliki oleh minyak ikan efektif dalam membantu mengobati rematik, arthritis, osteoarthritis, gejala Raynaud dan sebagainya. Fakta kesehatan ini diperkuat oleh pernyataan dari The Royal Adelaide Hospital dan University of Newcastle, di Australia. Namun efek samping dari penggunaan dengan dosis besar, masih dalam penelitian.

12. Baik untuk penglihatan

Minyak ikan berguna untuk memperbaiki gangguan penglihatan, dan mencegah degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia.

13. Meredakan Cemas dan Depresi

Minyak ikan dilengkapi dengan asam lemak Omega 3, yang mampu meredakan depresi, cemas, sedih, kelelahan mental, gelisah, stres, dan penurunan gairah. Studi oleh Case Western Reserve University School of Medicine di Cleveland , menunjukkan bahwa minyak ikan bermanfaat untuk menenangkan suasana hati dan mengobati gangguan bipolar.

14. Mencegah Penyakit Alzheimer

Penelitian yang dilakukan di Louisiana State University telah menunjukkan bahwa asam lemak efektif dalam pengobatan penyakit Alzheimer. Hal ini karena minyak ikan adalah salah satu sumber terbaik asam lemak esensial, termasuk EPA dan DHA, yang bisa membantu pengobatan penyakit Alzheimer.

15. Mencegah risiko bayi prematur

Minyak ikan mengandung DHA alami yang membantu perkembangan otak bayi, sehingga mencegah kelahiran prematur, bayi lahir terlalu kurus, dan lahir tidak selamat. Namun hindari minyak dari hati ikan, seperti minyak ikan cod.

16. Meningkatkan fungsi otak

Studi oleh CSIRO dan University of South Australia mengungkapkan bahwa minyak ikan efektif untuk mengatasi perilaku anak yang hiperaktif. Minyak ikan juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi otak.

Penting untuk diperhatikan

  • Minyak ikan tidak dapat menggantikan fungsi minyak nabati secara keseluruhan.
  • Jangan mengkonsumsi minyak ikan secara berlebihan, karena dapat menimbulkan alergi. Tanyakan kepada dokter untuk dosis yang tepat.
  • Hati-hati terhadap zat beracun seperti merkuri, timah, dan arsenik, yang berasal dari limbah industri. Pilih minyak ikan murni, yang didapatkan dari laut yang tidak tercemar.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

16 Manfaat Minyak Ikan Yang Luar Biasa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.