11 Manfaat Buah Leci Di Balik Rasanya Yang Lezat

Leci merupakan salah satu buah super yang dapat digunakan sebagai obat alami bagi beberapa penyakit, serta memiliki manfaat untuk kecantikan kulit. Disebut Leci atau lici sebab masih tergolong ke dalam genus Litchi, dari family lerak-lerakan Sapindaceae. Buah ini berasal dari China, biasa dikonsumsi oleh kaisar sejak masa lalu. Selanjutnya, leci tersebar ke India dan sekitarnya.

Fakta nutrisi Buah Leci

Buah Leci mirip dengan lengkeng dan rambutan. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis dengan aroma harum. Ketiga buah ini memiliki biji, bedanya kulit buah leci lebih halus. Lici memiliki manfaat kesehatan, terkait nutrisi yang melimpah.


Leci

foto via authoritynutrition.com

Tiap 100gr buah Leci mengandung 66 kalori, tidak kalah jika dibandingkan dengan buah Anggur. Vitamin C yang dikandung di dalamnya sangat tinggi, sekitar 71,5 mg per 100gr. Buah Lici juga dilengkapi dengan vitamin B-kompleks termasuk niacin, thiamin, dan folat. Leci bebas lemak jenuh dan kolesterol, kaya akan antioksidan dan serat makanan. Antioksidan juga berasal dari oligonol, yaitu polifenol sederhana yang memiliki anti virus.


11 Manfaat Buah Leci Di Balik Rasanya Yang Lezat


1. Mencegah kanker payudara dan prostat

Penyakit Kanker dapat menyerang ketika sel-sel tidak sehat berkembang tanpa kontrol. Buah leci memiliki flavonoid, yang mampu melawan kanker. Senyawa penting seperti quercitin, flavones, dan kaemferol mampu menurunkan proliferasi sel kanker. Nutrisi ini bermanfaat untuk mencegah kanker prostat dan kanker payudara.

2. Menguatkan Tulang


Dengan menambahkan jus leci ke dalam menu harian, akan mencegah penyakit degeneratif seperti tulang keropos (osteoporosis). Mineral seperti fosfor dan magnesium yang terdapat di dalam buah ini bermanfaat untuk menguatkan tulang. Tembaga dan mangan yang ada di dalamnya juga mencegah kerapuhan pada tulang. Seng bekerjasama dengan tembaga untuk menstimulasi vitamin D dan meningkatkan asimilasi kalsium sehingga mendukung kesehatan tulang.

3. Menyehatkan Jantung

Menurut The Journal of Nutrition, leci merupakan buah yang memiliki polifenol paling tinggi berada di peringkat kedua. Bahkan lebih unggul dari buah Anggur. Polifenol ini berguna untuk mendukung kesehatan jantung, menormalkan denyut jantung dan tekanan darah sehingga mencegah penyakit cardiovascular. Minumlah segelas jus leci dengan teratur setiap hari untuk menormalkan detak jantung Anda.

4. Memulihkan Stamina

Dalam secangkir jus leci mengandung 126 kalori, 28gr gula alami, lemak, serat, dan protein. Jus buah super ini cocok diminum oleh mereka yang punya aktivitas padat. Gula alami menyumbang energi bagi tubuh, sedangkan air yang melimpah mampu mencegah dehidrasi.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah Leci memiliki jumlah tinggi vitamin C yang membantu untuk meningkatkan resistensi tubuh terhadap infeksi dan menghambat inflamasi radikal bebas yang merugikan bagi kesehatan. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang mendongkrak imunitas tubuh, sehingga lebih kebal dari serangan penyakit ringan seperti batuk, pilek, demam, flu dan sakit tenggorokan. Imunitas tubuh juga ditingkatkan dengan adanya beta karoten di dalam buah ini. Buatlah segelas jus leci untuk anak-anak, agar mereka mendapatkan manfaat ini. Baca: Tips Selalu Sehat dan Kebal dari Berbagai Penyakit!

6. Melancarkan Pencernaan

Buah leci juga bermanfaat untuk mendongkrak nafsu makan, meredakan mulas, dan baik untuk sistem pencernaan yang sehat. Jumlah tinggi dari serat larut yang hadir pada buah leci efektif dalam membersihkan usus besar, serta menetralkan senyawa beracun yang masuk ke dalam perut.

7. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Buah Leci kaya akan serat dan vitamin B kompleks seperti thiamin, niasin, riboflavin, dan folat yang ikut memainkan peranan kunci dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme dibutuhkan dalam proses asimilasi, menyerap kemudian membuang nutrisi yang berlebih dari tubuh. Nutrisi yang dimaksud adalah lemak, karbohidrat, protein, dan gula. Jika metabolisme terganggu, dapat memicu kenaikan kadar gula darah karena gula berlebih tidak mampu dibuang dari tubuh. Meski begitu, penderita diabetes harus membatasi dalam mengkonsumsi buah leci karena memiliki kadar gula tinggi.

8. Mencegah Kekurangan Darah

Buah diperkaya dengan mineral penting seperti zat besi, magnesium, tembaga, folat, dan mangan. Semua nutrisi ini dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel darah merah. Vitamin C yang dikandung buah ini berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Perbanyak minum jus leci untuk mengatasi anemia.

Manfaat Buah Leci Bagi Kecantikan Kulit Dan Rambut


9. Menjaga kelembaban kulit

Buah Leci merupakan makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda, disebabkan nutrisi seperti niacin, thiamin, dan tembaga. Ketiga nutrisi ini mendukung metabolisme protein dan lemak. Niacin berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit, sedangkan tembaga bermanfaat untuk membantu proses pemulihan kulit dari kerusakan.

10. Mencegah Penuaan Dini

Zat polifenol banyak ditemukan di dalam buah leci. Termasuk oligonol yang berguna untuk meningkatkan aliran darah, menurunkan berat badan berlebih, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV-A yang merusak kulit. Oligonol juga mencegah kelelahan setelah berolahraga, mendongkrak stamina tubuh, serta mencegah munculnya garis-garis halus di wajah dan bintik-bintik hitam.

11. Menyehatkan Rambut

Buah Lici kaya akan vitamin C yang memainkan peran dalam menjaga integritas mikro sirkulasi, sehingga memberikan pasokan darah yang cukup bagi folikel rambut.

Buah leci harus dipanen ketika benar-benar matang di pohon. Karena setelah dipetik, proses pematangan tidak berlanjut. Lici yang terlalu tua akan memiliki warna coklat gelap, tidak berkilau dan kurang lezat. Baca juga: 12 Manfaat Minum Air Hangat Di Pagi Hari Bagi Kecantikan!

Menurut sebuah legenda Cina, kaisar Tang pernah menyuruh prajuritnya untuk mendapatkan buah leci paling istimewa yang berjarak 960km dari istana. Cara ini bertujuan hanya untuk merayu istrinya. Inilah alasan kenapa buah leci identik dengan romantisme dan Tanda Cinta.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Manfaat Buah Leci Di Balik Rasanya Yang Lezat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.