10 Tips Agar Olahraga Lebih Asyik Dan Menyenangkan

Semua orang tentunya mengetahui bahwa dengan olahraga setiap hari dapat menjaga kesehatan tubuh, serta meningkatkan stamina dan kebugaran. Waktu yang paling tepat untuk berolahraga adalah di pagi hari ketika sinar matahari terasa hangat, atau sekitar dua jam menjelang tidur malam. Kendala yang sering terjadi adalah aktivitas yang padat, sehingga tiada waktu luang untuk melakukan olahraga.

Banyak orang merasa enggan melakukan rutinitas olahraga. Alasan yang paling umum adalah rasa malas, membosankan, bahkan menganggap sebagai aktivitas yang hanya menyita waktu mereka. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan duduk di belakang meja kerja. Inilah kebiasaan manusia modern yang sangat tidak menyehatkan tubuh. Artikel sebelumnya mengenai 12 Manfaat Aerobik Bagi Kesehatan Wanita


jogging
ilustrasi foto: blog.codyapp.com


10 Tips Agar Olahraga Lebih Asyik dan Menyenangkan


Olahraga sangat diperlukan oleh semua orang untuk menjaga kinerja organ tubuh supaya berlangsung dengan optimal, membuang racun dari dalam tubuh, membakar lemak, menenangkan fikiran, serta meningkatkan kualitas hidup. Ada beberapa tips yang mampu memberikan inspirasi bagi anda, sehingga olahraga lebih asyik dan terhindar dari kebosanan.

1. Melatih otot mata

Ketika bangun tidur, biasanya tubuh malas untuk bergerak. Dengan melatih retina akan membangkitkan otot-otot tubuh lainnya, karena sinyal yang dikirim ke otak mengisyaratkan bahwa otot tubuh siap bergerak. Untuk melatih retina, caranya dengan menyalakan lampu meja yang diatur dengan tingkat kecerahan yang tidak menyilaukan. Simak juga: 10 Cara Merawat Mata yang Benar

2. Pilih jenis olahraga sesuai minat Anda


Ada banyak pilihan dalam berolahraga seperti bersepeda, berjalan, berlari, atau berenang. Olahraga yang disukai akan membuat kita lebih menikmati aktivitas ini, sehingga lebih asyik dan senang.

3. Isilah perut Anda dengan makanan sehat untuk memperoleh energi

Bagi Anda yang jarang atau belum terbiasa berolahraga, latihan yang terlalu berat dapat berisiko terkena serangan jantung. Asupan energi yang diperlukan ketika olahraga, diperoleh dari makanan. Isilah perut Anda dengan makanan sehat yang kaya zat besi seperti bayam, kacang-kacangan, dan susu. Lakukan hal ini sekitar satu jam sebelum berolahraga. Cara ini akan membuat olahraga lebih efisien dan menyenangkan, karena gerakan tubuh lebih berenergi.

4. Minum jus melon

Semangat dalam melakukan olahraga terkadang tidak stabil. Untuk mengembalikan semangat yang hilang, minumlah jus buah melon. Selain menghilangkan dahaga dengan segera, jus melon dapat meredakan nyeri setelah berolahraga. Jus buah yang kaya antioksidan bermanfaat untuk membuat olahraga lebih nyaman, tidak mudah lelah, dan lebih berenergi. Minumlah jus buah ini, satu jam sebelum beraktivitas.

5. Gunakan baju yang cocok

Memakai kostum yang kurang sesuai dengan bentuk tubuh, seperti kedodoran ataupun terlalu ketat dapat mengganggu gerakan tubuh. Pilihlah bra khusus untuk olahraga, sehingga baik untuk kesehatan payudara dan lebih nyaman. Salah dalam memilih kostum akan merusak mood.

6. Ajak teman

Mengajak teman untuk jogging di pagi hari, tentu lebih menyenangkan. Anda dapat melakukan jogging sambil bercanda, ngobrol, dan hal lain yang dapat membuat aktivitas lebih seru dan rileks. Anda juga dapat bergabung ke dalam klub olahraga untuk mendapatkan banyak teman. Brandon Irwin dari Michigan University menuturkan bahwa olahraga bersama teman dapat meningkatkan intensitas hingga dua kali lipat.

7. Gabungkan antara berjalan dan berlari

Awali dengan berjalan ketika berangkat olahraga, pulang dengan berlari. Cara ini dapat menghilangkan kebosanan ketika latihan.

8. Membiasakan diri untuk olahraga di pagi hari

Kesegaran udara di pagi hari tidak tergantikan, karena jauh dari kebisingan. Terbiasa berlari di pagi hari akan membuat anda lebih sehat dan terhindar dari stres.

9. Pilih waktu yang paling tepat

Tidak semua orang memiliki waktu luang di pagi hari. Silahkan berjalan kaki di sore hari, jika anda merasa lebih luang.

10. Variasi waktu

Jogging selama satu jam setiap hari terkadang membuat kita merasa bosan, jika telah berlangsung selama sebulan. Anda bisa mengurangi durasi ataupun mengganti jenis olahraga.

Demikian tips kesehatan mengenai 10 Cara agar olahraga lebih asyik dan menyenangkan. Jagalah kesehatan Anda sebaik mungkin, karena kesehatan merupakan aset paling berharga di hari tua ataupun kini.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Tips Agar Olahraga Lebih Asyik Dan Menyenangkan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.