Manfaat Senam Lantai Dan Jenis Gerakannya

Gerakan senam lantai tergolong unik dan mudah dilakukan. Latihan ini bermanfaat untuk meninggikan tubuh, serta menguatkan tulang dan otot tubuh. Senam lantai biasanya dilakukan dengan bantuan matras atau alas yang empuk, untuk menjaga keselamatan maupun kenyamanan tubuh. Namun hal ini tidaklah wajib, senam lantai dapat juga dilakukan tanpa alas.

Senam lantai termasuk ke dalam cabang renang, yang memerlukan keahlian khusus dalam melakukan setiap gerakannya. Bagi pemula yang ingin melakukan senam ini harus mengikuti panduan dari instruktur, karena gerakannya cukup ekstrim. Dengan mengikuti arahan instruktur senam, akan mencegah kesalahan gerakan yang dapat menyebabkan cedera. Artikel sebelumnya tentang 12 Manfaat Aerobik Bagi Kesehatan Wanita.


senam

photo by media.oregonlive.com


Manfaat Senam Lantai Dan Jenis Gerakannya


1. Melangsingkan tubuh

Khusus bagi wanita, gerakan senam lantai bermanfaat untuk membakar lemak di dalam tubuh sehingga membuat tubuh langsing dan ideal. Terkait: Ramuan Tradisional Untuk Melangsingkan Perut Buncit

2. Meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot


Beberapa jenis gerakan seperti split, lompat harimau, roll depan dan belakang, dapat membuat kinerja otot menjadi aktif. Bagi seseorang yang memiliki tubuh yang kaku, cocok mengikuti latihan ini. Dengan latihan secara teratur akan meningkatkan kekuatan dan massa otot.

3. Meninggikan badan dan menguatkan tulang

Manfaat senam lantai yang paling terlihat adalah mencegah osteoporosis, serta meninggikan tubuh. Rangkaian gerakan yang dilakukan sangat aktif, melibatkan semua bagian tulang dan persendian. Mulai dari lengan, punggung, panggul dan kaki. Gerakan yang focus pada tulang punggung akan bermanfaat untuk meninggikan badan.

4. Membangun bentuk tubuh

Tubuh yang terlalu bungkuk terkadang dapat menghilangkan rasa percaya diri. Dengan mengikuti latihan senam ini, dapat memperbaiki postur tubuh sehingga lebih tegak.

5. Meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh

Tubuh yang bergerak secara aktif bermanfaat untuk menjaga kebugaran, serta meningkatkan kesehatan tubuh dan otak. Aktifitas sehari-hari pun akan lebih bersemangat dan energik.

Perlu diperhatikan untuk melakukan pemanasan sebelum memulai latihan ini, untuk mencegah kemungkinan yang tidak diinginkan, seperti otot terkilir, dislokasi tulang, ataupun badan terasa pegal-pegal.

Rangkaian gerakan dimulai dari komposisi yang ringan hingga berat. Durasi latihan untuk pesenam pria dan wanita pun berbeda.

Jenis-jenis gerakan senam lantai

Seperti pada senam Aerobik, senam lantai pun mempunyai banyak varian gerakan seperti di bawah ini:

Berguling ke depan (Forward Roll)

Urutan gerakan adalah berdiri tegak, letakkan kedua tangan secara lurus di samping badan. Kedua tangan diangkat ke depan, badan membungkuk. Kedua telapak tangan diletakkan di atas matras. Gerakkan siku tangan ke samping, masukkan kepala di antara kedua tangan kemudian bahu disentuhkan ke matras. Berguling ke arah depan. Selanjutnya kedua lutut dilipat, dagu dan lutut ditarik ke arah dada dengan posisi tangan memeluk lutut. Roll ke depan, jongkok lalu berdiri tegak.

Berguling ke belakang (Backward Roll)

Urutan posisinya adalah jongkok, rapatkan kedua kaki kemudian angkat tumit. Tundukkan kepala dan rapatkan dagu ke dada. Taruh tangan di samping telinga dengan telapak tangan menengadah ke atas. Rebahkan pantat ke belakang, ketika punggung menyentuh matras, segera tarik kedua lutut ke belakang kepala. Ketika ujung kaki menyentuh matras, tekan matras menggunakan kedua telapak tangan hingga posisi tangan lurus dan kepala terangkat. Ambil posisi jongkok, kemudian berdiri.

Lompat harimau

Tehnik gerakan loncat harimau pada prinsipnya hampir sama dengan roll ke depan. Loncat harimau merupakan gerakan senam berupa loncatan membusur dengan posisi kedua tangan lurus ke depan ketika melayang, dilanjutkan dengan gerakan berguling ke depan dan diakhiri dengan sikap jongkok.

Gerakan senam lantai lainnya seperti berguling ke depan kemudian balik lagi ke belakang (Roll Back Roll), berdiri dengan kepala (Head stand), berdiri dengan tangan (Hand stand), melenting dengan tangan (Hand spring), meroda, lompat jongkok, round off round off, lompat kangkang, kayang, sikap lilin, dan salto.

Pesenam yang melakukan jungkir balik di udara dengan gesit akan membuat penonton merasa takjub. Gerakan ini tentunya telah melalui latihan dalam jangka waktu yang lama dan berulang-ulang. Jika Anda ingin mencoba senam lantai, sebaiknya menemui seorang instrukstur senam yang ahli.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Senam Lantai Dan Jenis Gerakannya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.