11 Manfaat Biji Selasih Dan Cara Membuatnya

Biji selasih memiliki segudang manfaat kesehatan, tidak mengherankan jika sering dicampurkan bersama minuman segar. Biji selasih didapatkan dari biji bunga kemangi yang telah kering, kemudian direndam selama 60 menit hingga mengembang dan timbul selaput berwarna bening di pinggir bijinya.

Biji selasih berwarna hitam dan berukuran kecil. Nutrisi penting yang terdapat di dalamnya seperti vitamin, mineral, lemak, karbohidrat, dan serat. Senyawa lain yang melengkapi biji ini seperti tymol, eugenol, dan metal eugenol. Biji ini sangat cocok dicampurkan ke dalam es buah, pudding, jelly, atau jus buah.


selasih
foto: jesselton88 via photobucket.com


11 Manfaat Biji Selasih Dan Cara Membuatnya


1. Mengurangi efek nikotin

Selasih turut berperan dalam meminimalisir efek negatif dari nikotin yang dihirup oleh perokok. Bagian tanaman yang digunakan terutama daunnya. Penting: Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat dan Alami!

2. Menguatkan imunitas tubuh

Selasih efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, disebabkan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Baca juga: 11 Makanan Yang Memperkuat Daya Tahan Tubuh.

3. Mengobati sembelit dan perut kembung

Biji selasih memiliki efek karminatif yang membantu mengobati berbagai masalah pencernaan seperti perut kembung, kram perut, berak tidak teratur dan sembelit.

Untuk mengobati radang lambung, ambil 5gr biji selasih. Rebus bersama 200cc air, masukkan 1sdm madu. Minum airnya ketika hangat di pagi hari dan malam, masing-masing setengahnya.

4. Mengobati batuk


Biji selasih memiliki antispasmodik yang sangat membantu mengobati batuk rejan. Biji ini sering digunakan sebagai ekspektoran ataupun obat batuk. Secangkir teh yang dicampur dengan biji selasih dapat membantu mengencerkan dahak.

5. Meredakan stres

Biji selasih mengandung efek menenangkan yang dapat memperbaiki suasana hati, mengobati kelelahan, syaraf tegang, migrain, dan depresi. Biji bunga kemangi ini sering digunakan sebagai bahan aromaterapi.

Cara membuatnya, cukup dengan menyeduh 5gr biji selasih ke dalam 200cc air panas, minum airnya selagi hangat masing-masing sebanyak 2 sdt ramuan setiap hari.

6. Meredakan gangguan pernafasan

Minuman jahe yang dicampur dengan biji selasih dan madu, dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan saluran pernafasan seperti asma dan bronkitis. Caranya dengan merebus kedua bahan tersebut bersama segelas air selama beberapa menit. Setelah dingin, saring airnya kemudian tambahkan madu. Minum ramuan ini secara teratur setiap hari.

7. Mengobati luka dan infeksi kulit

Minyak alami yang diperoleh dari ekstrak biji selasih dapat membantu mengobati infeksi kulit dan luka di tubuh.

8. Menurunkan kadar gula darah

Menurut Sutter Gould Medical Foundation, efektivitas biji selasih termasuk untuk membantu menormalkan kadar gula darah pada pasien diabetes tipe 2. Di samping itu, selasih efektif dalam mengontrol nafsu makan.

9. Menguatkan tulang

Tanaman selasih memiliki anti inflamasi yang membantu mengobati penyakit arthritis. Kalsium yang dimiliknya bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang, serta mencegah tulang keropos (osteoporosis).


Manfaat biji selasih untuk kecantikan kulit


10. Menghaluskan kulit

Tumbuk biji selasih secukupnya, campur dengan air dingin. Terapkan ke kulit wajah sebagai masker alami. Biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari, untuk mendapatkan hasil maksimal.

11. Baik untuk diet sehat

Serat yang dikandung biji ini cukup tinggi, sehingga membuat kenyang lebih lama. Lebih dari sekedar menahan lapar, tapi juga menyehatkan usus karena melambatkan konversi pati menjadi gula serta mengurangi penyerapan toksin oleh tubuh. Penting untuk diet sehat: Ramuan Tradisional Untuk Melangsingkan Perut Buncit!

Manfaat lain biji selasih adalah mengobati penyakit batu ginjal dan menurunkan kadar kolesterol tinggi. Taburkan biji ini ke dalam es buah atau minuman segar lainnya. Bagi Anda yang belum pernah melihatnya, mungkin mengira biji ini sebagai biji buah naga. Bagi yang telah mengenalnya, tentu ketagihan untuk menikmati rasanya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Manfaat Biji Selasih Dan Cara Membuatnya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

2 komentar

June 10, 2016 at 7:07 PM delete

saya setuju sekali..mksih infonya semoga berkah ya..aamiin

Reply
avatar
June 10, 2016 at 9:45 PM delete

Biji kemangi yang terabaikan punya manfaat segudang untuk kesehatan tubuh

Reply
avatar

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.