Manfaat Sirih Merah Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Sirih merah sangat dikenal oleh para pakar herbal, bahkan tanaman hias ini telah digunakan jauh hari oleh putri keraton. Para wanita pada zaman dahulu menggunakan daun sirih merah atau piper crocatum untuk menghaluskan kulit. Selain itu, daun sirih merah bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit ringan hingga berat.


khasiat daun sirih

Kandungan sirih merah

Sirih merah memiliki daun yang cantik, serta berbagai senyawa penting yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Senyawa yang terdapat di dalamnya seperti minyak atsiri, flavonoid, alkoloid, hidroksikavicol, kavibetol, allylprokatekol, kavicol, karvakrol, pcymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, eugenol, terpenena, fenil propada, saponin dan tanin.

Senyawa polifenol dan flavonoid berperan sebagai antiflamasi, antioksidan dan anti-diabetic. Sedangkan alkaloid efektif dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Senyawa karvakrol berfungsi sebagai desinfektan dan anti jamur. Senyawa eugenol berguna untuk meredakan nyeri atau analgesic. Senyawa tannin memiliki sifat antiseptik.


Manfaat Sirih Merah Untuk Mengobati Berbagai Penyakit


1. Menghilangkan bekas Jerawat

Ambil daun sirih sebanyak sepuluh lembar untuk diremas, kemudian diseduh dengan air panas. Gunakan airnya untuk membasuh luka, selagi hangat. Lakukan perawatan ini di pagi, siang dan malam hari.


2. Menghilangkan Bau Badan

Daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi masalah bau badan. Caranya dengan merebus lima lembar daun sirih bersama 2 gelas air. Biarkan hingga airnya tersisa segelas saja. Minumlah setiap hari untuk melenyapkan bau badan yang tidak sedap.

3. Mengobati Diabetes Melitus

Ambil tiga helai daun sirih merah yang telah tua, kemudian diiris-iris. Rebus bersama 600ml air, sehingga tersisa 100ml air. Minum airnya untuk menurunkan kadar gula darah. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Mengobati batuk

Ambil 4 helai daun sirih merah dan 3 helai daun bidara upas. Rebus kedua bahan bersama 2 gelas air hingga mendidih selama beberapa menit. Gunakan airnya untuk berkumur, ketika air telah dingin. Usahakan agar kerongkongan dapat terjangkau.

5. Membantu mengobati penyakit Jantung Koroner

Ambil tiga lembar daun sirih merah untuk direbus bersama 4 gelas air, sehingga airnya berkurang 2 gelas. Minum airnya di pagi dan sore hari.

6. Mengobati Mimisan

Daun sirih muda dilumatkan hingga mengeluarkan air, kemudian digulung. Masukkan ke rongga hidung hingga darah berhenti mengalir.

7. Membantu mengobati Penyakit Ginjal

Pucuk daun sirih merah sebanyak 8 lembar direbus bersama 4 gelas air, hingga tersisa 1 ½ gelas air. Minum airnya ketika dingin sebanyak tiga kali dalam sehari, masing-masing sebanyak ½ gelas.

8. Membantu mengobati Radang Prostat

Rebus enam pucuk daun sirih merah bersama 2 gelas air sampai tersisa segelas. Tambahkan 2 sdt madu, minum ketika dingin di pagi dan malam hari.

9. Mengobati Hepatitis atau Radang Liver

Daun sirih merah tua sebanyak enam lembar, direbus bersama 800 ml air sampai tersisa 300ml air. Minum sebanyak tiga kali dalam sehari, masing-masing 100ml air.

10. Membantu mengobati TBC

Rebus enam lembar daun sirih yang telah tua bersama 3 gelas air, sehingga tersisa setengah dari semula. Tambahkan 1 sdt madu atau air jeruk nipis, untuk tiga kali minum.

11. Membantu mengobati Kanker Payudara dan kanker rahim

Ambil 15cm batang sirih merah dan 6 lembar daunnya. Rebus dengan 800 ml air sampai tersisa 2 gelas air, lalu disaring. Minum di pagi dan malam hari, masing-masing sebanyak ½ gelas air.

12. Membantu mengobati Asam Urat

Rebus batang sirih berukuran 15cm dan daunnya sebanyak 7 lembar ke dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas air. Minum ramuan ini sebanyak dua kali dalam sehari, masing-masing ½ gelas air.

13. Membantu mengobati Wasir

Ambil daun sirih merah sebanyak 7 lembar, rebus bersama 600ml air sampai tersisa 300ml air. Minumlah ketika dingin, sebanyak ½ gelas air setiap minum.

14. Mengobati payudara bengkak akibat menyusui bayi

Daun sirih merah dipanggang dengan api hingga layu, kemudian tempelkan pada organ tersebut yang telah diolesi minyak kelapa.

15. Mengobati nyeri akibat gigi berlubang dan gusi berdarah

Cukup dengan menggunakan air daun sirih untuk berkumur. Lakukan cara ini secara berulang. Untuk mengobati gusi berdarah, lakukan cara yang sama.

Demikian beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa menambahkan ramuan yang anda ketahui dengan berkomentar di bawah.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Sirih Merah Untuk Mengobati Berbagai Penyakit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.