Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Lengkap

Manfaat madu untuk kesehatan seakan tidak pernah habis untuk dibahas. Mulai dari madu manis hingga madu pahit. Minuman sehat ini biasa dikonsumsi oleh pria Babilonia pada bulan pertama perkawinan mereka, sehingga kini dikenal istilah bulan madu. Nektar bunga dihisap oleh lebah, diubah menjadi madu kemudian disimpan di dalam sarangnya. Minuman sehat lain yang dihasilkan oleh lebah seperti royal jelly dan propolis. Minuman ini tidak hanya manis, namun juga sebagai obat alami untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.


madu
ilustrasi foto: beautystylo.com

Jenis-jenis Madu

Ada banyak jenis madu ditinjau dari rasa, kekentalan dan jenisnya. Hal ini dipengaruhi oleh nektar bunga yang dihisap oleh lebah, serta habitat lebah. Tawon yang menghisap sari bunga cengkih akan menghasilkan madu cengkeh yang rasanya sangat lezat. Sari bunga mahoni dapat diubah oleh tawon menjadi madu hitam yang memiliki rasa sangat pahit, sedangkan bunga jamblang akan menghasilkan rasa asin. Jika anda pergi ke Kanada, dapat menjumpai madu maple yang sangat terkenal. Demikian pula jika anda pergi ke Arab, mudah mendapatkan madu Arab yang sangat kental disebabkan kelembaban yang rendah. Disebut monoflora, jika nektar berasal dari satu tanaman dominan.

Fakta nutrisi Madu

Nutrisi yang terdapat di dalam 1 kg madu setara dengan 5,7 liter susu, 50 butir telur ayam, 40 buah jeruk, 25 buah pisang, dan 1,6 kg daging. Madu mengandung mineral penting seperti natrium, magnesium, kalsium, aluminium, fosfor, zat besi dan kalium. Minuman ini juga dilengkapi dengan vitamin B1, B2, B6, C, K, Niasin, Biotin, Asam Folat, dan Asam Pantotenat.


Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Lengkap


1. Meningkatkan stamina

Madu hitam berguna sebagai afrodisiak yang membuat tubuh lebih bertenaga dan otot lebih kuat. Baca lainnya: Makanan Tersehat Khusus Untuk Para Pria

2. Mempercepat proses penyembuhan penyakit




Madu hitam kaya alk4loid yang mampu melawan infeksi, sehingga proses penyembuhan terhadap penyakit lebih cepat.

3. Menurunkan kadar gula darah

Minuman ini memiliki Alkaloid tinggi dan kadar glukosa rendah, sehingga membantu mengobati penyakit diabetes. Untuk mengontrol kadar gula darah diperlukan kombinasi antara glukosa dan fruktosa dalam jumlah yang tepat. Minuman ini memiliki indeks hipoglikemik yang rendah, sehingga tidak memicu kenaikan kadar gula darah. Simak juga: Cara Mengobati Diabetes dengan Ramuan Tradisional.

4. Mengobati Maag, flu dan batuk

Minuman antibiotik alami ini dapat menekan produksi asam lambung yang melonjak, mengurangi mual dan nyeri ketika maag kambuh. Antibiotik di dalamnya juga dapat meredakan batuk, flu, dan sakit tenggorokan.

Penn State College of Medicine melakukan studi yang menunjukkan bahwa madu sangat efektif dalam mengobati batuk. Dekstrometorfan yang terdapat di dalam madu mampu untuk meredakan batuk di malam hari, serta meningkatkan kualitas tidur anak-anak. Fakta kesehatan ini juga dibenarkan oleh studi lain yang diumumkan di Pediatrics.

5. Membantu mengobati Penyakit Asam Urat

Madu hitam bersifat detoksif yang mampu menguraikan zat purin dan membuangnya dengan bantuan ginjal.

6. Mengobati infeksi akibat luka

Madu cukup efektif dalam mengobati luka, menghilangkan bau tidak sedap akibat infeksi, serta melenyapkan nanah. Sebuah studi yang dilakukan oleh Norwegian Forest menggunakan Medihoney (Madu asli berasal dari Selandia Baru yang telah diproses melalui pemurnian khusus) menunjukkan efektivitas kuat dalam mematikan bakteri pada luka.

7. Melawan bakteri jahat

Sebuah penelitian klinis menunjukkan efektivitas madu dalam mematikan bakteri yang bersifat patogen seperti E. coli, salmonella, Pseudomonas aeruginosa, dan methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Staphylococcus aureus dapat menyebabkan infeksi pada tulang, kulit, paru-paru, jantung, atau infeksi sistemik.

8. Membantu mengobati Anemia

Konsumsi madu dengan teratur dapat meningkatkan jumlah hemoglobin, sehingga kekurangan sel darah merah dapat diatasi.

9. Meningkatkan daya ingat

Konsumsi madu sebanyak 20 gram sehari oleh wanita di masa menopause selama 4 bulan, dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek. Studi ini dilansir dari Reuters. Simak juga: 11 Jenis Makanan Ini Meningkatkan Daya Ingat.

10. Mencegah penyakit jantung dan kanker

Minuman sehat ini mengandung flavonoid, antioksidan kuat yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.


5 Manfaat Madu Untuk Kecantikan Kulit


1. Meningkatkan elastisitas kulit

Salah satu khasiat madu untuk kecantikan adalah mencegah tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur dan kerutan di wajah. Untuk menghilangkan garis di wajah, terapkan madu sebagai masker wajah dan biarkan hingga kering. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

2. Menghilangkan flek hitam di wajah

Semakin lanjut usia, flek hitam dapat timbul di wajah disebabkan kolagen yang menumpuk di kulit dipicu oleh beberapa faktor seperti pola makan ataupun stres. Madu bermanfaat untuk mengurangi flek hitam, dengan menggunakannya sebagai masker wajah.



3. Mengobati jerawat

Menghilangkan jerawat di wajah dapat dilakukan dengan mengoleskan madu selama 30 menit, sehingga meresap ke kulit dan mematikan bakteri yang ada di dalamnya. Cara ini lebih efektif jika diiringi dengan konsumsi minuman ini juga. Mengenai jerawat: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami.

4. Membakar kalori dan lemak tubuh

Konsumsi madu hitam secara teratur juga dapat membantu membakar lemak di tubuh yang berlebihan. Tentu saja, anda seharusnya melakukan olahraga untuk menunjang kesuksesan diet ini.

5. Menyehatkan rambut

Madu bermanfaat untuk kesehatan rambut seperti menguatkan dan menghitamkan rambut. Tidak hanya itu, masalah rambut bercabang dan rontok pun dapat diatasi dengan menerapkan madu sebagai masker rambut.

Demikian manfaat madu yang lengkap untuk kesehatan dan kecantikan kulit ataupun wajah. Minuman ini benar-benar menyehatkan, sehingga tidak salah jika anda selalu menyediakan di rumah. Saya rasa semua wanita menyukai bulan madu, tapi hampir semua wanita tidak mau dimadu. Apakah anda setuju?

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Lengkap
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.