7 Makanan Tersehat Khusus Untuk Para Pria

Menjaga kesehatan tubuh harus dilakukan oleh semua orang, apalagi bagi seorang lelaki. Kesehatan tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele. Terlebih, bagi lelaki harus serius memperhatikan masalah kesehatan serta daya tahan tubuh. Hal ini terkait fakta bahwa hampir semua pekerjaan berat dilakukan oleh seorang lelaki. Jika anda adalah seorang lelaki yang telah menikah, tentu merasakan pentingnya kesehatan tubuh. Bagaimana seandainya anda ditimpa sakit, sedangkan banyak pekerjaan yang belum terselesaikan? Saya kurang bisa menggambarkan situasi yang lebih genting, mungkin anda lebih tahu dalam masalah ini. Mungkin dikarenakan nilai kesehatan yang terlalu tinggi, sehingga memang sulit untuk digambarkan.

Banyak lelaki yang mengabaikan pola hidup sehat, seolah kesehatan bukanlah sesuatu yang dianggap penting. Ketika seorang tertimpa suatu penyakit, barulah mereka sadar akan mahalnya kesehatan. Tidak peduli, lelaki maupun perempuan. Saya berasumsi bahwa lelaki yang umumnya mengabaikan masalah penting ini. Padahal, sekuat apapun tubuh seorang lelaki, jika terkena penyakit tentu menjadi tidak berdaya. Jadi, mulai sekarang anda harus merubah pola fikir dan pola hidup yang salah. Terutama bagi lelaki yang sering  begadang, menelan minuman keras, dan pola hidup yang tidak sehat. Secara perlahan, tinggalkan semua itu!

Terlalu panjang kiranya uraian di atas. Jadi, adakah tips khusus untuk menjaga kesehatan seorang lelaki? Selain pola hidup sehat, ada beberapa jenis makanan sehat khusus untuk lelaki.


Makanan Paling Menyehatkan Khusus Untuk Lelaki


Sering Makan Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat mudah anda dapatkan. Pisang kaya akan kalium dan magnesium. Kedua zat penting ini sangat membantu menguatkan sistem kekebalan kita, serta mencegah serangan stroke. Sediakan buah ini di meja makan anda, setiap hari.


pisang
photo credits: independent.co.uk

Sering Makan Ikan

Seorang lelaki sebaiknya rajin untuk mengkonsumsi ikan. Asam lemak Omega-3 dan vitamin D banyak dikandung oleh ikan laut, seperti salmon, tuna, dan sarden. Omega-3 sangat berperan dalam mendukung kesehatan jantung, mencegah kanker prostat, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D yang dikandung oleh ikan sangat bermanfaat untuk melawan kanker, tekanan darah tinggi, osteoporosis, dan diabetes tipe 2.


Perbanyak Makan Gandum

Gandum kaya akan mineral, vitamin dan serat. Ketiga nutrisi penting ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk otot serta menjaga kesehatan jantung.

Perbanyak Makan Kedelai

Isoflavon adalah salah satu zat yang terkandung dalam kedelai. Zat ini sangat bemanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah, serta mencegah resiko kanker prostat.

Perbanyak Makan Sayuran Hijau

Kebanyakan sayuran hijau kaya akan potassium, beta karoten dan vitamin C. Semua nutrisi tersebut bermanfaat untuk mencegah pembesaran prostat, juga baik untuk kulit anda.

Sering Makan Strawberry

Bukan hanya tubuh kuat, otak pun harus cerdas. Buah strawberry banyak mengandung flavonoid yang baik untuk meningkatkan fungsi otak, sehingga memori otak menjadi tajam dan cerdas.

[Simak: 11 Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat]

Sering Makan Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C, kalium, betakaroten dan sulforaphane yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat, stroke, serta menyehatkan jantung anda.

Selain Mengkonsumsi makanan di atas, olahraga secara teratur dan gaya hidup sehat sangat perlu untuk diperhatikan. Mungkin saat ini kita belum merasakan dampak dari gaya hidup yang tidak sehat. Lambat laun, seiring berjalannya waktu usia kita semakin tua. Alangkah bijaknya, jika kita mulai beralih untuk menerapkan gaya hidup sehat. Dalam hal ini pola makan yang seimbang, olahraga secara teratur, serta cukup beristirahat tidak dapat dipisahkan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Makanan Tersehat Khusus Untuk Para Pria
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.