9 Manfaat Buah Markisa Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Manfaat buah markisa untuk kecantikan dan kesehatan terkait fakta bahwa buah ini merupakan gudang nutrisi, yang sering juga digunakan untuk produk kecantikan. Buah berbentuk bulat dengan biji dibalut oleh selaput berwarna kuning ini, memiliki manfaat untuk mengobati penyakit berbahaya seperti hipertensi dan kanker. Ekstrak markisa sangat populer, demikian pula bijinya.

Markisa memiliki rasa yang unik dan aroma yang segar, sehingga tidak heran jika buah ini sering dijadikan sebagai minuman kemasan ataupun sirup. Mulai dari diet langsing hingga penyakit berat, markisa turut memberikan kontribusi besar. Inilah manfaat selengkapnya:


buah markisa

ilustrasi foto: acatinthekitchen.com

Fakta nutrisi buah markisa

Vitamin C yang terdapat di dalam buah markisa sangat dominan. Demikian pula nutrisi lain seperti asam nitrat, karoten, kalsium, niasin, zat besi dan fosfor.

Zat besi

Buah markisa mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Di dalam secangkir markisa mentah terdapat sekitar 4 mg zat besi. Wanita perlu mengkonsumsi zat besi sebesar dua cangkir markisa setiap hari. Fakta ini berdasarkan rekomendasi dari Institute of Medicine.

Protein dan serat

Di dalam secangkir markisa terdapat sekitar 5 gram protein dan 24,5 gram serat. Nutrisi ini dapat diperoleh dengan konsumsi buah beserta bijinya.

Vitamin C

Markisa kaya akan vitamin C, bahkan dengan konsumsi buah ini telah mencukupi asupan vitamin C harian. Serta memenuhi kebutuhan tubuh akan folat sebesar 10% dari kadar yang diperlukan setiap hari.

Karotenoid

Dengan konsumsi secangkir markisa, telah memenuhi seperempat asupan vitamin A harian. Buah markisa memiliki 13 karotenoid yang beragam seperti alpha karoten, lycopene, b-cryptoxanthin, dan lainnya. Zat ini larut di dalam lemak, sehingga vitamin A lebih mudah untuk diserap oleh tubuh.


9 Manfaat Buah Markisa bagi Kecantikan Dan Kesehatan


1. Menyehatkan kulit dan organ mata

Vitamin A yang ada di dalamnya bermanfaat untuk mencegah katarak, degenerasi makula, dan kebutaan. Selain itu, vitamin A juga efektif dalam mencegah tanda-tanda penuaan seperti kulit keriput. Vitamin A mendukung fungsi membran seluruh organ tubuh, serta menjaga kelembaban kulit sehingga membuat kulit bersinar.

2. Menurunkan berat badan


Buah markisa cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang mengikuti program diet untuk menurunkan berat badan, karena rendah kalori dan memiliki sedikit natrium dan lemak.

3. Menormalkan tekanan darah

Buah markisa juga mengandung kalium tinggi, mineral penting yang berperan sebagai vasodilator. Kalium berfungsi untuk meningkatkan aliran darah, menenangkan pembuluh darah, serta menjaga keseimbangan cairan tubuh. Bagi pasien hipertensi, buah ini cocok untuk dikonsumsi. Selain itu, zat besi dan tembaga di dalamnya merupakan unsur penting yang diperlukan dalam produksi sel darah merah. Pembuluh darah yang lebar akan membuat oksigen mengalir secara leluasa ke seluruh organ tubuh, meningkatkan sistem metabolisme dan produktivitas.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Imunitas tubuh dapat meningkat disebabkan oleh nutrisi penting seperti karoten, vitamin C dan cryptoxanthin. Antioksidan ini menetralkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Vitamin C juga menstimulasi aktivitas sel-sel darah putih.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Konsumsi buah ini telah memenuhi hampir seluruh kebutuhan serat harian. Serat sangat diperlukan untuk mendukung sistem pencernaan yang sehat. Markisa memiliki serat larut yang berguna untuk mencegah sembelit, serta sebagai pencahar umum.

6. Meredakan gejala asma

Buah ini juga dilengkapi dengan senyawa antihistamin yang membantu meredakan gejala penyakit asma. Histamin merupakan molekul protein dengan yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh kita. Senyawa antihistamin bermanfaat untuk menenangkan penderita serangan asma, sehingga kondisinya semakin baik.

7. Mencegah kanker

Buah markisa juga memiliki aktivitas anti karsinogenik, serta mengandung flavonoid, dan senyawa fenolik. Semua senyawa itu bersifat anti-kanker, khususnya mencegah kanker mulut dan kanker paru-paru.

9. Menguatkan tulang dan gigi

Buah markisa kaya akan betakaroten yang bermanfaat untuk menguatkan gigi dan tulang. Betakaroten juga berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, menurunkan risiko penyakit arthritis, penyakit parkinson, penyakit crhon (penyakit autoimun), juga mencegah depresi.

9. Mencegah bayi cacat

Asam folat yang dikandung buah markisa, baik bagi ibu hamil. Vitamin ini efektif dalam menurunkan risiko cacat otak pada bayi. Selain itu, juga mampu mencegah kolesterol jahat di dalam tubuh.

Tips Kulit Cantik Menggunakan Masker Markisa


Untuk mencegah kerutan di wajah Anda, ikuti panduan berikut:
  • Ambil buah markisa matang, belah menjadi 2 bagian untuk diambil bijinya.
  • Haluskan biji markisa, tambahkan sedikit air lalu aduk sampai rata.
  • Terapkan ke wajah sebagai masker, biarkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air, kemudian tempelkan kain bersih yang berisi es batu ke wajah anda.
  • Usap wajah dengan handuk kering.

Demikian Manfaat dan tips cantik menggunakan markisa. Adakah yang belum pernah melihat buah ini?

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Manfaat Buah Markisa Bagi Kecantikan Dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.