21 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Obat Alami - Air kelapa muda merupakan solusi tepat bagi anda yang sedang mengalami dahaga. Selain rasanya yang manis dan segar,  air kelapa memiliki segudang manfaat kesehatan dan kecantikan. Beruntung bagi kita yang tinggal di daerah tropis, mudah untuk mendapatkan buah kelapa yang kaya akan nutrisi. Anda bisa minum air kelapa dalam keadaan segar ataupun menikmatinya dalam bentuk minuman olahan seperti nata de coco. Sitokinin yang dikandung dalam air kelapa merupakan sumber zat pertumbuhan. Banyak lagi manfaat buah dan airnya yang akan kita bahas nanti. Begitu juga dengan efek samping dan bahaya minum air kelapa.


phil-islands.com

Fakta nutrisi yang dikandung Air kelapa

Air kelapa mengandung mineral, protein, vitamin C, vitamin B kompleks, karbohidrat, gula dan sedikit lemak. Buah kelapa juga mengandung asam folat, asam pantotenat, asam nikotenat, vitamin C, biotin dan riboflavin.

Air kelapa mengandung asam amino yang lebih tinggi daripada susu sapi, tapi bukanlah asam amino esensial. Asam amino yang dimaksud adalah arginin, alanin, sistein dan serin. Sedangkan asam amino esensial yang terdapat di dalam air kelapa seperti glutamin, fenilalanin, histidin, tirosin, leusin dan lisin. Asam amino esensial sangat diperlukan oleh tubuh sebagai penyusun protein dan molekul penting lainnya. Zat ini harus didapatkan dari luar, karena tidak diproduksi oleh tubuh.


Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kecantikan


1. Mencegah penuaan dini


Air kelapa mengandung asam lemak jenuh berantai sedang yang disebut asam laurat dan juga sitokin. Kedua elemen penting yang diperlukan dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel. Elemen ini punya kemampuan untuk menghambat penuaan dini, anti karsinogenik, serta anti trombotik yang menyeimbangkan pH kulit, dan menjaga jaringan kulit. Selain itu, cytokinin yang terdapat di dalamnya memiliki kemampuan sebagai anti penuaan dan anti kanker.

2. Mencegah uban

Air kelapa muda dapat digunakan untuk merendam rambut anda selama beberapa menit, kemudian dibilas hingga bersih. Cara ini mampu mencegah uban muncul secara dini.

3. Mengobati jerawat

Anda dapat membuat ramuan herbal untuk mengobati jerawat dengan menggunakan air kelapa. Ambil 3 ruas kunyit, kemudian diparut dan diletakkan di sebuah wadah. Tuangkan air kelapa muda sebanyak 1 gelas ke dalamnya. Masukkan ke dalam lemari es selama semalaman. Tambahkan 3 sdt cendana ke dalamnya, kemudian biarkan selama 3 hari. Gunakan kain bersih untuk menyaring airnya. Oleskan airnya pada wajah anda, untuk menghilangkan jerawat. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

4. Mencegah kerutan di wajah dan melembabkan kulit

Semakin tua, kerutan di wajah akan semakin terlihat. Membasuh wajah dengan air kelapa akan menjaga elastisitas kulit, serta membuat kulit makin kencang. Minum air kelapa muda dapat menjaga kelembaban kulit. Hal ini terkait nutrisi penting yang dikandungnya, seperti vitamin, enzim, asam amino dan potassium.

5. Menurunkan Berat Badan

Air kelapa termasuk minuman rendah lemak, sangat cocok untuk program diet anda. Dengan meminum airnya, akan membuat kenyang lebih lama. Minuman ini juga rendah gula dan kalori, sehingga sangat baik untuk diet cepat langsing.


Manfaat Air kelapa untuk kesehatan


6. Menurunkan Tekanan Darah

Minum air kelapa dapat menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jika kadar elektrolit dalam tubuh meningkat, dapat memicu tekanan darah tinggi.

7. Meningkatkan energi tubuh

Air kelapa merupakan minuman energi alami. Cairan isotonik di dalamnya mirip dengan elektrolit dalam tubuh, sehingga mencegah dehidrasi. Minuman alami ini mengandung vitamin, asam amino dan ion. Kesemuanya itu memberikan energi bagi tubuh.

8. Mencegah dan memecah Batu Ginjal

Air kelapa mengandung kalium yang berperan dalam proses alkali urin. Air kelapa mampu memecahkan dan melarutkan batu ginjal. Minuman alami ini berperan sebagai diuretik. Sebagian kasus batu ginjal ringan dapat diobati dengan minum air kelapa. Namun tidak untuk batu ginjal yang parah.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air kelapa kaya nutrisi, vitamin, dan asam laurat yang memiliki sifat anti virus dan anti bakteri yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi virus. Asam laurat di dalamnya,

10. Menetralisir toksin

Antidotum yang terdapat di dalam air kelapa mampu menetralkan beberapa jenis racun. Hal ini berlaku jika racun masih berada di dalam lambung. Jika racun telah meresap dalam darah, efeknya akan mengencerkannya sehingga mudah dikeluarkan oleh ginjal.

11. Mengobati tumit retak

Air kelapa dapat digunakan untuk mengobati kulit gatal, luka dan tumit retak. Ambil segenggam beras, kemudian rendam ke dalam air kelapa di dalam tempurungnya. Biarkan hingga beras terasa asam, kemudian digiling menjadi tepung. Oleskan pada bagian tubuh yang bermasalah. Lakukan selama 3 hari berturut-turut.

12. Melembutkan Suara

Taruh air kelapa di luar rumah supaya terkena embun selama semalaman. Minum keesokan harinya untuk mendapatkan suara merdu dan lembut.

Selain manfaat yang telah disebutkan, air kelapa juga memiliki manfaat kesehatan antara lain:

13. Mengurangi efek alkohol
14. Mencegah sembelit
15. Membuat kulit bayi menjadi bersih ketika dilahirkan
16. Menurunkan demam dan menaikkan trombosit penderita demam berdarah
17. Baik untuk kehamilan
18. Mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung
19. Meningkatkan metabolisme tubuh
20. Mencegah refluks asam
21. Mengobati cacingan

Perlu diperhatikan untuk tidak memberikan air kelapa pada bayi, kecuali dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Hindari meminumnya di malam hari, dan konsumsi secara berlebihan. Simak artikel berikutnya, tentang bahaya minum air kelapa secara berlebihan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

21 Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kecantikan Dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.