10 Manfaat Belimbing Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Belimbing bukan hanya enak sebagai bahan rujak, namun buah berbentuk seperti bintang ini kaya akan manfaat kesehatan. Rasa manis dan masam menjadi ciri khas buah yang satu ini. Selain untuk menghilangkan rasa haus, belimbing sering digunakan sebagai peluruh urine dan obat alami untuk tekanan darah tinggi. Masih banyak manfaat belimbing untuk kesehatan terkait nutrisi penting yang dikandung olehnya seperti serat, kalsium, protein, zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C. Manfaat belimbing untuk kesehatan terutama disebabkan oleh serat pektin yang dikandungnya, baik untuk kesehatan pembuluh darah.

Manfaat Belimbing untuk Kecantikan Wajah dan Tubuh


Sedangkan manfaat untuk kecantikan dikaitkan fakta bahwa belimbing kaya akan antioksidan seperti vitamin A , vitamin C dan Zinc. Mineral dan vitamin yang dikandung oleh belimbing sangat bermanfaat untuk merapatkan pori-pori wajah serta membuat wajah segar, cantik alami.

1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalani program diet dan ingin mendapatkan tubuh langsing, buah belimbing baik untuk dimasukkan ke menu harian anda. Daripada mengkonsumsi obat pelangsing, beralihlah ke cara alami. Belimbing termasuk ke dalam buah yang rendah kalori, sehingga baik untuk diet anda. Belimbing kaya akan serat, sehingga baik untuk pencernaan dan pada akhirnya mencegah sembelit.
[Lainnya: Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Tanpa Resiko ]
 

2. Masker Belimbing untuk Menghilangkan Jerawat

Kecantikan wajah terkait erat kaitannya dengan jerawat dan minyak. Belimbing dapat dijadikan sebagai masker wajah untuk mengobati jerawat dan minyak berlebih. Untuk membuat masker wajah, ambil buah belimbing dan buang bijinya. Haluskan belimbing tanpa biji tadi ke dalam blender. Oleskan pada wajah anda selama 15 menit. Bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan kulit cantik tanpa jerawat maupun minyak. [Lainnya: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami ]


Manfaat Belimbing untuk Kesehatan Tubuh


Selain untuk kecantikan, nutrisi dan zat penting yang dikandung oleh belimbing cukup efektif untuk melawan berbagai penyakit ringan hingga berat. Inilah manfaat belimbing, buah yang mirip bintang:


khasiat buah belimbing
photo credits: farm4.staticflickr.com

3. Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Lemak tak jenuh yang terkandung di dalam belimbing membantu menurunkan tekanan darah serta mencegah kanker. Buah ini kaya akan kalium yang dapat menimbulkan diuretik sehingga mengontrol tekanan darah. Demikian juga pektin, serat yang dikandungnya memiliki kemampuan sebagai penyerap lemak serta penurun tekanan darah tinggi.


4. Mencegah Batu Ginjal

Seperti telah disebutkan, belimbing punya kemampuan meningkatkan diuretik. Belimbing mengandung kalium yang memperlancar kencing. Ini artinya mencegah batu ginjal terbentuk, serta menyehatkan ginjal. Anda dapat membuat jus belimbing yang dicampur dengan madu, untuk mendapatkan manfaat ini.

5. Menurunkan Kolesterol Jahat

Belimbing mengandung pektin, yang termasuk serat kasar. Serat kasar ini mengikat kolesterol dan asam empedu sehingga tidak masuk ke pembuluh darah. Pada akhirnya peningkatan kadar kolesterol dapat ditekan.

6. Mencegah serangan Hati

Masih terkait pektin, enzim ini juga efektif untuk mencegah pengerasan hati atau biasa disebut sebagai hepatitis. Belimbing juga mengandung zat anti peradangan yang bermanfaat untuk mencegah gangguan liver.

7. Mencegah Diabetes

Penyebab utama Diabetes type2 adalah kegemukan.Buah Belimbing rendah dalam kalori dan lemak. Belimbing kaya akan serat larut yang efektif menyerap gula. Belimbing baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, kecuali penderita dengan komplikasi nefropati.

[Lainnya: Cara Mengobati Diabetes dengan Ramuan Tradisional]
 

8. Mengobati Sariawan

Makan buah belimbing secara rutin dapat mencegah infeksi pada mulut dan tenggorokan. Buah ini mampu mencegah sariwan disebabkan kandungan vitamin C di dalamnya.

9. Menurunkan panas demam

Jika anda sedang mengalami demam dan panas, makan buah belimbing dapat menurunkan panas tubuh anda.

10. Mengobati Batuk

Belimbing juga efektif membantu mengobati batuk anda. Anda dapat makan buah ini secara langsung, pilih yang sudah matang. [Lainnya: Obat Alami Untuk Semua Jenis Batuk ]

Selain manfaat yang telah disebutkan, belimbing ternyata juga efektif untuk mengobati sakit kepala serta nyeri sendi. Mungkin masih ada beberapa manfaat belimbing untuk kecantikan dan kesehatan lainnya. Anda punya pengalaman dengan buah ini?

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Manfaat Belimbing Untuk Kecantikan dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.