11 Cara Mengobati Eksim Secara Alami dan Tradisional

Eksim terbagi menjadi 2 jenis, kering dan basah. Penderita Eksim kering biasanya warna kulitnya menjadi merah, menebal dan bersisik. Sedangkan pada eksim basah timbul banyak bintil yang mengandung nanah. Kulit penderita eksim terasa panas dan gatal. Umumnya, eksim menyerang bagian kaki, paha, wajah, atau kepala. Jika bintil pada kulit pecah sehingga mengelupas, bagian dalam kulit tampak basah dan merah karena timbulnya nanah. Ketika cairan tersebut kering, timbul kerak di kulit.

Penyebab Eksim secara umum


Banyak faktor yang dapat menyebabkan eksim, seperti alergi terhadap zat kimia, paparan sinar matahari, alergi makanan, dll. Eksim dapat diperburuk jika terkena debu, busa deterjen, depresi, parfum, klorin, dan suhu dingin dengan kelembaban udara rendah. Jenis makanan dan minuman seperti susu sapi, telur, ikan, kacang, udang, kerang, dan sebagainya hendaknya dihindari oleh penderita. [Lainnya: 9 Cara Mengobati Biduran Menggunakan Obat Tradisional]

Untuk merawat kulit yang terkelupas dapat menerapkan minyak zaitun yang dioleskan pada kapas. Untuk merawat kulit yang basah dapat menerapkan tepung beras yang halus. Untuk meningkatkan immunitas tubuh, penderita dianjurkan makan sayuran hijau dan buah.


Cara Mengobati Eksim secara Alami Dengan Ramuan Tradisional


1. Belerang dan Bengkuang

Sediakan 3 sdm tepung belerang, 4 sdm biji bengkuang, dan 2 sdm minyak kelapa. Kedua bahan ditumbuk, kemudian tambahkan minyak kelapa. Aduk hingga rata. Oleskan pada kulit yang terkena eksim. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.

[Lainnya: Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan dan Kecantikan]

2. Biji Mahoni

Siapkan ½ sdm serbuk biji mahoni dan madu. Seduh serbuk tersebut ke dalam ½ cangkir air panas. Anda bisa menambahkan madu supaya enak rasanya. Minum selagi hangat. Minum 3 kali dalam sehari. Tentang mahoni lebih jauh dapat anda pelajari: Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

3. Daun Kecubung

Sediakan 3 lembar daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya. Cuci daunnya kemudian ditumbuk hingga lumat. Tambahkan minyak kelapa, kemudian aduk secara merata. Panaskan di atas api. Oleskan pada kulit selagi hangat.


eksim, kecubung
photo: gunfaremim.com

4. Kunyit dan Asam Jawa

Sediakan 2 rimpang kunyit dan segenggam daun asam jawa. Cuci kedua bahan, kemudian ditumbuk hingga lumat. Terapkan pada kulit.


5. Wortel dan Kapur Sirih

Sediakan 1 sdm kapur sirih san sebuah umbi wortel. Wortel dicuci, lalu diparut. Campurkan kapur sirih, kemudian aduk rata. Terapkan pada kulit, kemudian balut dengan kain perban.

6. Daun Sambiloto dan Temulawak

Sediakan 5 rimpang temulawak, segenggam daun sambiloto, 10 gram asam, dan 7 lembar ngokilo. Temulawak dikupas, kemudian diris tipis-tipis. Campur semua bahan menjadi satu, kemudian rebus ke dalam 2 gelas air hingga mendidih. Angkat setelah air tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Minum selama 5 hari terus-menerus.

7. Daun Meniran

Siapkan 1 sdm daun meniran, 1 rimpang temulawak dirajang, 15 lembar daun remujung, dan air. Cuci semua bahan, kemudian rebus. Biarkan dingin, kemudian tambahkan gula batu. Minum obat tradisional ini.

8. Daun Bayam

Cuci daun bayam hingga bersih, kemudian rebus hingga mendidih. Gunakan airnya untuk mengompres kulit. Lakukan selama 30 menit.

9. Daun Ketepeng

Siapkan daun ketepeng, daun asam muda, dan sepotong kunyit. Cuci semua bahan, kemudian ditumbuk. Terapkan pada kulit yang terkena eksim.

10. Biji Bungur

Siapkan ½ genggam biji bungur, 1 rimpang kunyit, 3 lembar daun ketepeng, dan 2 sdm minyak kelapa. Biji bungur disangrai, kemudian semua bahan ditumbuk. Tuangkan minyak kelapa sambil diremas. Ramuan alami ini dapat diterpakan pada kulit eksim sebagai obat gosok, kemudian dibalut dengan kain bersih. Lakukan 2 kali sehari.

11. Kangkung Segar

Siapkan kangkung yang masih segar secukupnya. Cuci hingga bersih, lalu rebus selama sekitar 15 menit. Airnya dapat digunakan untuk membasuh kulit yang terkena eksim.

Semoga Tips Mengobati Eksim secara alami di atas membantu anda yang sedang mencari cara menyembuhkan eksim dengan ramuan tradisional.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

11 Cara Mengobati Eksim Secara Alami dan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.