Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Bengkuang adalah salah satu jenis umbi yang tidak asing bagi kita. Mudah ditemukan di toko buah, maupun pasar. Bengkuang sangat lezat dimakan, terutama di musim panas. Bengkuang sering dikaitkan dengan kecantikan dan kesehatan. Tidak heran, karena manfaat umbi ini bagi kesehatan sangat banyak. Begitu pula manfaat bengkuang untuk kecantikan kulit.

Bengkuang memiliki rasa yang sangat beda daripada umbi lain. Kandungan air pada bengkuang sekitar 80 hingga 90%. Oleh sebab itu, bengkuang baik digunakan oleh penderita Diabetes, untuk men-suplai cairan tubuh, juga untuk menurunkan berat badan (bagi anda yang sedang menjalani program diet). Bengkuang memiliki rasa manis dan segar. Penyebab rasa manis tersebut adalah oligokasarida yang disebut inulin. Bengkuang tersebar di seluruh benua.

Bengkuang mengandung gizi yang sangat banyak. Kandungan Gizi pada bengkuang bisa anda lihat di bawah.



sumber gambar: healthfulpursuit.com


Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit


1. Mengurangi produksi Asam Lambung


Bengkuang digolongkan ke dalam makanan yang bersifat alkali (basa). Jadi, bengkuang berperan sebagai pendingin perut, menetralkan asam lambung. Bengkuang baik dikonsumsi oleh orang yang punya asam lambung tinggi.

2. Baik untuk penderita Diabetes

Seperti yang disebutkan di atas bahwa rasa manis pada bengkuang berasal dari inulin. Enzim pada usus tidak mampu mencerna inulin, sehingga kadar gula dalam tubuh tetap terjaga. Inilah alasan, mengapa bengkuang baik dikonsumsi oleh orang yang terkena Diabetes. Umumnya penderita diabetes mengkonsumsinya dalam bentuk sari bengkuang.

3. Mengobati Sariawan sekaligus sebagai Antioksidan

Bengkuang kaya Vitamin C, jadi umbi ini baik bagi kesehatan. Sebagaimana diketahui, vitamin C berperan sebagai antioksidan, juga obat sariawan. Bengkuang juga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Memperlancar Pencernaan

Bengkuang termasuk makanan kaya serat. Ini juga disebabkan oleh inulin. Dengan sifat ini, maka bengkuang dapat memperbaiki fungsi usus. Inulin mampu meningkatkan berat feses (kotoran sisa metabolisme), juga meningkatkan frekuensi defekasi (pada penderita Konstipasi). Juga berperan dalam menurunkan kadar triliserida serum maupun kolesterol dalam darah (pada penderita hypercholerolemia).

5. Menyehatkan Gigi dan Tulang

Kalsium dan fosfor yang dikandung oleh bengkuang baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang. Zat yang sangat dibutuhkan oleh tulang dan gigi tersebut tercukupi dengan memakan bengkuang. Kekurangan fosfor mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan selera makan menurun.

6. Obat alami bagi penderita Beri-beri

Beri-beri disebabkan tubuh kekurangan asupan vitamin B1. Bengkuang kaya Vitamin B1, sehingga dapat mengobati penyakit Beri-beri.


Manfaat Bengkuang bagi Kecantikan kulit



sumber gambar: svvfx.com

7. Menjadikan Kulit Sehat dan Segar

Hal ini terutama bagi wanita yang telah lanjut usia. Mereka yang menopause umumnya mengalami penuaan kulit, sehingga kulit keriput dan banyak kerutan. Bengkuang mengandung fitoestrogen yang dapat mengurangi efek penuaan kulit. Konsumsi yang cukup membuat kulit tetap segar dan sehat.

8. Menghilangkan Flek pada wajah

Gunakan bengkuang sebagai masker wajah. Kupas bengkuang, parut lalu balurkan sebagi masker wajah. Wajah menjadi bersih dan cantik.

Bahaya Biji Bengkuang dan Manfaatnya


Bengkuang sangat lezat dimakan. Namun hati-hati terhadap bagian bengkuang yang berbahaya, yaitu biji bengkuang. Biji ini mengandung rotenon, sejenis racun pada tuba. Keracunan akibat makan biji ini biasanya dapat diatasi dengan minum air kelapa hijau.

Sedangkan manfaat biji bengkuang adalah sebagai obat penyakit Kudis dan urus-urus. Untuk kudis, haluskan biji bengkuang lalu campur dengan belerang. Untuk obat urus-urus, cukup dengan makan setengah biji bengkuang.

Bengkuang mengandung gizi yang bervariasi, antara lain protein, energi, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, dan vitamin B1. Dalam sebuah penelitian, pada 100 gram bengkuang mengandung gizi sebagai berikut:

Vitamin C : 20 mg
Vitamin B1 : 0,04 mg
Zat Besi : 1 mg
Energi : 55 kkal
Protein : 1,4 gr
Kalsium : 15 mg
Karbohidrat : 12,8 gr
Lemak : 0,2 gr
Fosfor : 18 mg

Demikian manfaat Bengkuang bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat bagi anda dan mengatasi masalah kesehatan anda. Mungkin anda punya pengalaman dengan umbi ini, silahkan berbagi tips dengan cara berkomentar di bawah tulisan ini.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.