14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah Anda Lakukan

Kanker termasuk penyakit yang sangat mematikan. Meskipun pada beberapa kasus kanker dapat disembuhkan, namun biaya untuk itu sangat mahal. Selain faktor genetik, gaya hidup menjadi pemicu utama serangan kanker. Asupan harian yang tidak sehat dan pola makan yang salah dapat memperbesar resiko terkena kanker. Radiasi yang berbahaya juga perlu dihindari untuk mencegah resiko kanker.

Perlu ditekankan dalam pembahasan tentang kanker, bahwa Pola hidup sehat dan olahraga secara teratur sangat berperan dalam upaya pencegahan terhadap kanker. Bagi para pembaca yang ingin mempelajari Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami, silahkan baca artikel sebelumnya.



kanker

photo: understandcancerin60minutes.wordpress.com


Cara Mencegah Kanker yang mudah dilakukan


1. Minum Teh Hijau

Teh hijau tanpa gula dapat menurunkan resiko serangan kanker. Antioksidan yang terdapat di dalamnya sangat efektif untuk melawan kanker.


2. Makan Paprika

Lykopene merupakan zat penting yang dapat membantu mencegah kanker. Zat ini dapat diperoleh dengan makan paprika merah, juga kuning.

3. Makan Ikan

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 bermanfaat untuk melawan kanker. Anda bisa memasak ikan setengah matang, supaya kandungan omega-3 di dalamnya tidak hilang.

4. Makan Bawang putih

Bawang putih juga efektif untuk melawan kanker, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Makan Buah dan Sayuran Hijau

Zat antikarsinogen efektif melindungi tubuh dari serangan kanker. Buah dan sayuran yang mengandung vitamin A, vitamin C, betakaroten, vitamin E, dan zat gizi seperti niasin, asam folat, selenium, kalsium, seng, vitamin D dan magnesium baik untuk dikonsumsi. Zat yang disebutkan merupakan antikarsinogen.

Sedangkan serat berperan dalam mencegah kanker kolon dan menjaga kesehatan tubuh. Pilihlah sayuran organik yang bebas dari racun pestisida.

6. Minum Air dalam porsi yang tepat

Hal ini terkait dengan pengeluaran toksin dari dalam tubuh. Bukan sebanyak 8 gelas per hari, melainkan sesuai kebutuhan tubuh. [Baca: Terlalu Banyak Minum Air Ternyata Sangat Berbahaya! ]

7. Olahraga secara teratur

Olahraga diperlukan untuk membakar lemak tubuh dan meningkatkan metabolisme. Olahraga dapat mengeluarkan keringat, racun tubuh. Hal ini terkait upaya pencegahan terhadap serangan kanker.

8. Mengurangi konsumsi Gula

Bukan cuma semut yang suka gula, sel kanker juga memerlukan gula untuk proses pertumbuhannya. Hindari makanan serta minuman yang manis.

9. Menggunakan Masker

Sebaiknya anda menggunakan masker untuk mengurangi efek buruk dari polusi udara. Racun bertebaran di mana-mana. Ketika berkendara, sebaiknya menggunakan masker untuk menghindari terkena polusi udara.


kanker
photo: wellbuzz.com

Tips Cara Melawan Kanker Tanpa Obat

10. Cerdas dalam memilih makanan

Hindari makanan yang tercemar, tidak diolah dengan baik, dan makanan yang sudah kadaluarsa. Jangan biarkan zat pemicu kanker ada dalam makanan anda. Kurangi makanan yang dimasak dengan suhu tinggi dan lama. Hindari makanan yang gosong, diasinkan, atau diasap. Makanan seperti itu bisa menimbulkan prokarsinogen.

11. Hindari Pewarna dan Pengawet Makanan

Memilih makanan segar sebagai asupan harian termasuk pola makan yang benar. Makanan ringan yang mengandung pemanis buatan seperti sakarin dan siklamat mempunyai potensi sebagai pemicu tumor kandung kemih. Kanker hati dapat dipicu oleh penggunaan formaldehida, zat pengawet makanan yang biasa ditambahkan pada bakso dan tahu. Kanker hati juga dapat disebabkan oleh methanyl yellow, zat pewarna pakaian. Demikian pula pewarna merah sirup yang disebut rhodamin dapat memicu kanker hati.

12. Hindari kebiasaan merokok dan Minuman keras

Anda sudah tidak asing dengan kalimat di atas. Bagi wanita, minuman keras dapat meningkatkan resiko serangan kanker pydara.

13. Mengurangi Daging Merah

Lemak jenuh dan kolesterol jahat yang terkandung pada sebagian besar daging merah dapat memicu kanker usus.

14. Hindari Berat badan berlebihan

Kegemukan dapat meningkatkan resiko kanker, terutama pada wanita.

Diperlukan keseriusan dalam upaya mencegah kanker. Sebagian tips yang telah disebutkan mungkin terdengar sangat merepotkan. Namun, perlu kita ingat bahwa pencegahan jauh lebih mudah daripada pengobatan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah Anda Lakukan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.