Menghitamkan Rambut Dengan Cara Alami

Rambut hitam adalah keindahan tersendiri bagi wanita. Hampir semua wanita menginginkan warna rambut hitam legam, berkilau, dan sehat. Sebagian wanita menghitamkan rambutnya dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung gizi untuk memperbaiki sel rambut mereka, sehingga rambut menjadi hitam berkilau. Kendalanya adalah harga yang terlalu mahal, apalagi di saat harga BBM naik.

Kali ini kita memberikan tips untuk menghitamkan rambut secara alami, tanpa resiko yang membahayakan kesehatan rambut anda. Anda dapat membaca artikel sebelumnya tentang Cara Alami Meluruskan Rambut. Namun sebelum kita mulai, anda harus ketahui penyebab warna rambut kurang hitam berkilau.


rambut, hitam

photo: fansshare.com

Beberapa faktor di bawah ini menyebabkan hilangnya warna pada rambut anda:

  • Rambut sering terkena paparan sinar matahari dalam waktu lama
  • Rambut kekurangan asupan zat para amino benzoate
  • Penggunaan sampo maupun minyak rambut yang tidak sesuai dengan jenis rambut anda
  • Keramas menggunakan air yang kurang bersih
  • Depresi, gizi buruk, dan faktor genetik
  • Efek dari penyakit berat yang diderita
  • Kekurangan kekebalan tubuh, gangguan pada ginjal, atau tubuh terinfeksi racun berupa logam berat

Beberapa faktor di atas dapat menyebabkan warna rambut luntur, kusam, dan kasar. Jika hal itu menimpa anda, jangan terlalu panik. Ada tips untuk mengembalikan kilau hitam rambut anda menggunakan cara alami. [Lainnya: Cara Alami Memanjangkan Rambut]


Menghitamkan Rambut secara alami tanpa resiko menggunakan bahan tradisional


1. Teh Basi

Ini sangat terkenal di kalangan ahli herbal sebagai obat alami untuk warna rambut yang pucat. Teh basi bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut, member warna hitam pada rambut, serta menghambat uban. Nutrisi seperti vitamin, kalsium, dan zinc sangat baik bagi rambut anda!

Untuk membuatnya tidak sulit, cukup rendam teh dengan air panas. Biarkan selama semalaman untuk mengeluarkan kandungan pada teh.

2. Alpukat

Untuk mengembalikan warna rambut, gunakan alpukat. Oleskan alpukat yang telah dihaluskan sebelumnya ke rambut anda. Biarkan hingga kering, sebelum dibilas.


Apokat, rambut

photo: feastingathome.com

3. Biji Pepaya

Cara menggunakan: Sediakan biji pepaya secukupnya, sangrai hingga kering kemudian ditumbuk. Tambahkan sedikit air, lalu usapkan pada rambut anda. Biarkan selama 30 menit sebelum keramas.

4. Minyak Kemiri

Cara menggunakan: Oleskan minyak kemiri pada rambut kesayangan anda. Kemiri sangat efektif untuk menghitamkan rambut sejak dahulu kala. [Lainnya: Manfaat Kemiri Untuk Kecantikan Rambut]

5. Minyak buah ulin


Minyak ulin memberi gizi yang diperlukan akar rambut anda. Ini sudah populer di kalangan suku dayak. Terapkan minyak ini pada rambut anda setiap hari selama 2 minggu. Setelah masa itu lewat, kurangi penggunaannya menjadi 2 kali saja tiap minggu. Berhenti menggunakannya ketika rambut anda telah hitam mengkilap.

6. Merang Padi

Cara membuat: Bakar merang padi sampai berubah menjadi abu. Tambahkan air jeruk nipis dan sedikit air. Biarkan semalaman sebelum disaring. Gunakan airnya untuk keramas. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali seminggu.

7. Lidah Buaya

Potong lidah buaya untuk mengambil lendirnya (gel). Oleskan ke rambut anda. Biarkan selama 20 menit sebelum keramas.

8. Mengkudu

Potong buah mengkudu, kemudian haluskan ke dalam blender. Tambahkan kuning telur bebek, kemudian aduk. Gunakan sebagai masker rambut selama 10 menit sebelum anda membilasnya.

9. Daun Mangkok

Haluskan 15 lembar daun mangkok, kemudian giling hingga halus. Tambahkan sedikit air. Oleskan pada rambut selama 15 menit.

10. Santan Kelapa

Terapkan santan kelapa yang kental ke rambut anda. Lakukan selama 30 menit sebelum dibilas.

11. Madu

Terapkan madu pada rambut anda selesai keramas. Cuci rambut anda setelah 15 menit.

12. Bunga Sepatu

Kelopak bunga sepatu direndam ke dalam air, kemudian diremas hingga keluar lendir.
Usapkan pada rambut setelah keramas. Biarkan semalaman, keramas di pagi berikutnya.

Pilih cara termudah bagi anda. Mungkin para pembaca ada yang punya tips maupun pengalaman tentang cara menghitamkan rambut, silahkan menulis di kolom komentar.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Menghitamkan Rambut Dengan Cara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.