13 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Kemiri merupakan rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Kemiri sangat kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, terutama untuk rambut dan kulit. Ini disebabkan nutrisi seperti gliserida, protein,karbohidrat, lemak, stearat, palmitat, miristat, asam minyak, asam linoleat, dan zat lemak. Zat penting lain juga tersedia dalam kemiri, seperti falvonida, saponin, dan polifenol. Kemiri juga dilengkapi dengan vitamin A, folat, vitamin B1, dan fitosterol yang melawan kolesterol jahat.

Meski mengandung lemak dalam jumlah besar, namun ini merupakan lemak tak jenuh yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan mencegah koagulasi darah sehingga anda terhindar dari serangan stroke dan jantung. Jika anda ingin terhindar dari bahaya MSG, ganti bumbu masakan anda dengan kemiri. Ini karena asam glutamat dalam kemiri mampu memberi rasa lezat.


Manfaat Kemiri Bagi Kecantikan Rambut

Photo: organics.org



Manfaat Kemiri bagi Kesehatan


1. Mengobati Sariawan dan Sakit Gigi

Campur getah pohon Kemiri dengan sedikit santan kelapa. Basahi kapas dengan campuran tadi, oleskan ke mulut yang terkena sariawan. Untuk mengobati sakit gigi, lakukan hal yang sama.

2. Mengobati Diare


Tumbuk kulit pohon kemiri hingga halus. Rebus ke dalam air, hingga tersisa setengah dari semula. Saring dan tunggu sampai dingin. Minum ramuan tersebut untuk mengobati diare anda.

3. Mengatasi Infeksi Jamur

Infeksi jamur pada kulit seperti panu dapat dapat diobati dengan minyak kemiri. Cukup oleskan minyak kemiri ke kulit anda untuk membuat kulit kembali cantik.

4. Mengobati Insomnia

Melatonin yang ada dalam kemiri mampu meningkatkan kualitas tidur anda. Jika anda bermasalah dengan insomnia, sudah saatnya melirik kemiri sebagai obat tradisional.

5. Mengobati sembelit

Siapkan bahan-bahan berupa: Kemiri, pulasari, kayu manis, daun urang-aring, ½ sdm garam dan the adas. Tumbuk semua bahan tadi, kemudian rebus ke dalam air hingga berkurang setengahnya. Saring, kemudian minum airnya untuk mengobati sembelit anda.

6. Menetralkan racun Serangga

Panggang kemiri dan kunyit, kemudian tumbuk hingga halus. Oles ke tempat yang digigit serangga.

7. Mengobati berak berdarah

Rebus kulit pohon kemiri ke dalam air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum airnya sewaktu hangat.

8. Sebagai Obat Gosok

Gosokkan minyak kemiri ke bagian tubuh anda untuk mengobati pegal dan masuk angin.


Manfaat Minyak Kemiri bagi Kecantikan rambut dan Kulit


Minyak kemiri mengandung antioksidan yang menjaga keremajaan kulit, menangkal radikal bebas, dan menghapus keriput di kulit. Silahkan baca tentang Ramuan Alami Untuk Kulit Wajah Putih Berseri. Mineral yang ada dalam kemiri juga baik untuk rambut anda. Berikut manfaat minyak kemiri untuk kecantikan:


Minyak Kemiri untuk Rambut Cantik
Photo: wellingtonhairspa.com

9. Minyak kemiri untuk menyuburkan rambut

Cukup oleskan minyak kemiri ke rambut dan kulit kepala, kemudian pijat dengan lembut. Lakukan ini menjelang tidur malam. Pagi harinya, bilas hingga bersih rambut anda.

10. Merawat Rambut rontok

Minyak kemiri dapat digunakan sebagai obat alami bagi rambut rontok. Mineral dan protein yang ada dalam kemiri menguatkan rambut. Selengkapnya: Ramuan Alami Untuk Memulihkan Rambut Rontok.

11. Mengobati kebotakan pada Rambut

Minyak kemiri bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut anda. Gunakan minyak kemiri untuk dapatkan rambut kuat dan lebat.

12. Menjaga Rambut Hitam

Agar rambut anda menjadi hitam dan cantik, terapkan minyak kemiri ke rambut secara rutin.

13. Menghilangkan Ketombe

Jika anda bermasalah dengan ketombe, minyak kemiri merupakan solusi yang tepat. Oles minyak kemiri ke kulit kepala dengan disertai memijatnya secara lembut.

Cara Membuat Minyak Kemiri di rumah

Untuk mendapatkan minyak kemiri alami, anda dapat membuatnya sendiri. Tumbuk kemiri, kemudian rebus hingga keluar minyaknya. Ambil minyak yang mengapung di permukaan air, kemudian saring dan simpan dalam botol.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

13 Manfaat Kemiri Bagi Kesehatan dan Kecantikan Rambut
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.