Cara Alami Meluruskan Rambut Dengan Ramuan Tradisional

Banyak orang ingin punya rambut lurus, terlebih wanita. Rambut panjang, lurus, dan indah dambaan wanita pada umumnya. Meski tidak semua orang berambut lurus, halus, dan sehat. Sebenarnya rambut ikal tak kalah menarik, asalkan sehat dan benar dalam perawatannya. Tapi bagi sebagian orang, rambut terlalu keriting kurang disukai, sehingga mereka berusaha untuk meluruskan rambut dengan mencatoknya dalam suhu panas, menerapkan bahan kimia yang bisa merusak rambut.

Meluruskan rambut dengan cara demikian sebenarnya kurang bagus untuk kesehatan rambut. Rambut yang terjepit oleh alat catok panas dapat rusak, rontok, dan ujungnya bercabang. Bagi anda yang punya rambut bercabang, silahkan baca artikel sebelumnya tentang cara alami memperbaiki rambut bercabang. Perawatan rambut yang benar dapat anda temukan pada artikel tersebut. Demikian juga, bagi anda yang mengalami masalah kerontokan rambut, silahkan baca: Ramuan Alami Untuk Memulihkan Rambut Rontok.



sumber foto: modelrambutmu.com

Untuk meluruskan rambut secara aman dan efektif, berikut ramuan tradisional yang dapat anda terapkan pada rambut anda:


Meluruskan Rambut Menggunakan Ramuan Tradisional


1. Daun seledri


Untuk meluruskan rambut secara alami, sediakan daun seledri yang masih segar kemudian cuci hingga bersih. Tumbuk daun seledri tersebut, lalu beri air seperlunya. Selanjutnya, peras bahan tersebut agar diperoleh ramuan pelurus rambut. Air perasan seledri tersebut digunakan untuk creambath. Anda bisa menerapkan ke rambut anda setelah 12 jam, jangan langsung menggunakannya. Ramuan tradisional ini sudah dikenal oleh leluhur.
 

2. Jeruk nipis dan santan kelapa

Sediakan 2 sdm jeruk nipis yang diperas, dan segelas santan kelapa. Campur kedua bahan alami tersebut, kemudian aduk hingga merata. Simpan ramuan tersebut di dalam kulkas hingga mengental. Usapkan secara merata ke rambut anda, setelah ramuan mengental. Kemudian sisir rambut anda hingga rapi. Bungkus rambut anda memakai shower cup, dan biarkan beberapa menit. Pijat secara lembut kepala anda, kemudian bilas hingga bersih.

Jeruk nipis di sini bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan lemak yang melekat di kulit kepala dan rambut. Jika anda melakukan perawatan ini secara teratur, rambut akan menjadi lurus, halus, dan sehat.


sumber foto: kompas.com

3. Susu

Agar tidak terlalu kental, campur susu dengan air. Semprotkan ke rambut anda secara merata, biarkan selama setengah jam agar meresap ke seluruh bagian rambut. Setelah mengering, sisir rambut anda. Kemudian, bilas rambut hingga bersih. Terapkan conditioner ke rambut anda, lalu keramas hingga bersih.

4. Air kelapa

Campur segelas air kelapa dengan 2 sdm jeruk nipis yang diperas, kemudian aduk hingga merata. Usapkan ke rambut anda sambil dipijat lembut. Rapikan rambut menggunakan sisir hingga lurus. Bungkus rambut anda selama 30 menit sebelum anda membilasnya. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali.

5. Pepaya dan pisang

Haluskan pepaya dan pisang dalam sebuah mangkuk. Gunakan buah yang telah masak. Tambahkan 2 sdm madu ke dalam mangkuk tersebut, kemudian aduk secara merata. Terapkan ramuan tersebut ke rambut anda, biarkan hingga mengering. Kemudian keramas hingga bersih. Lakukan secara rutin 2 minggu sekali.

6. Telur

Peras jeruk nipis, campur dengan 2 butir telur. Aduk kedua bahan merata. Terapkan pada rambut selama setengah jam. Keramas hingga bersih.

Silahkan pilih salah satu cara yang anda anggap paling mudah dilakukan. Kesalahan dalam perawatan rambut bisa mengakibatkan kerusakan pada rambut. Tips meluruskan rambut secara alami di atas sangat aman bagi kesehatan rambut anda. Hindari penggunaan bahan kimia yang berbahaya bagi rambut anda.

sumber: ahliherbal.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Alami Meluruskan Rambut Dengan Ramuan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.