Cara Mengobati Diare Secara Alami Dan Cepat

Sangat menyebalkan ketika berulang-ulang pergi ke WC untuk BAB karena perut mulas. Diare dapat dialami oleh semua orang. Penyebab utama diare adalah aktivitas bakteri e coli yang masuk ke tubuh kita, biasanya lewat makanan atau minuman. Kontaminasi bakteri ini dapat disebabkan oleh pengolahan makanan yang salah. Makan sayuran atau buah yang tidak dicuci dapat menyebabkan diare. Bagi seorang yang padat aktivitas, diare sangat mengganggu. Resiko paling parah adalah tubuh mengalami dehidrasi akibat kekurangan banyak cairan, bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Penyebab Diare secara umum

Diare menimpa seseorang bukanlah tanpa sebab, ada beberapa faktor yang dapat memicu gangguan pada pencernaan ini. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

- Infeksi oleh virus, bakteri, atau parasit.
- Alergi terhadap obat atau pun makanan tertentu.
- Efek samping dari penggunaan antibiotik.
- Efek samping menggunakan pemanis buatan, seperti manitol dan sorbitol.

[Lainnya: Obat Alami Untuk Semua Jenis Batuk]

Gejala Diare

- Frekuensi BAB meningkat 4 kali atau lebih.
- Badan lesu, muntah, tubuh panas demam, selera makan hilang, ada lendir pada kotoran.
- Sakit perut, atau kejang perut.
- Bibir kering akibat dehidrasi


diare
plantasyhongos.es


Cara Mengobati Diare Secara Alami dan Cepat


Daun Jambu Klutuk (Jambu Biji)

Buah Jambu Klutuk kaya akan vitamin C. Untuk mengobati diare, anda bisa menggunakan buah atau daunnya yang masih muda. Akar jambu klutuk juga efektif mengobati disentri awal. Daun Jambu Klutuk yang direbus mampu menghambat pertumbuhan bakteri e colli.
Siapkan 30 gram daun jambu Klutuk. Cara membuat: Petik daun jambu Klutuk, kemudian biarkan kering. Rebus daun tersebut ke dalam 300 ml air. Biarkan mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring airnya. Minum airnya hingga diare sembuh.

Cara Kedua: Sediakan 11 lembar daun yang masih segar. Tumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam dan ½ cangkir air siap minum. Peras dan saring, tambahkan madu juga boleh. Minum secara teratur.

Kunyit

Ambil sepotong kunyit, kemudian diparut. Tambahkan air hangat, lalu diperas. Airnya dapat memperbaiki sistem pencernaan dan baik untuk kesehatan usus.
[Lainnya: Ramuan Tradisional Menggunakan Kunyit Untuk Kesehatan]

Minumlah Cuka Sari Apel


Tambahkan 2 sdm cuka apel ke dalam minuman jus. Minum hingga diare sembuh.

Minum Teh Pahit

Minumlah teh pahit, atau dapat anda tambahkan madu jika tidak terbiasa dengan rasa pahitnya. Minum teh hitam, jahe, raspberry, maupun chamomile di sela waktu makan dapat mencegah dehidrasi dan membuat perut tenang.

Hindari telur, susu, dan gandum selama diare

Makanan dan minuman tersebut dapat memperparah diare anda. Ganti dengan susu kedelai sebagai asupan harian anda.

Perbanyak minum air

Anda hendaknya minum banyak air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare. Hal ini juga mencegah dehidrasi. Perbanyak juga mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Hindari Minuman Keras

Diare dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan, sehingga timbul masalah pada usus. Jangan menjadikannya semakin parah dengan minuman keras.

Minumlah Oralit

Jika ingin segera mengakhiri diare, segera minum oralit. Larutan garam dan elektrolit yang terkandung dalam oralit bermanfaat untuk mengurangi frekuensi BAB saat diare.

Perbanyak Istirahat

Anda harus menjalani cara hiduo sehat dengan istirahat yang cukup. Jangan tidur terlalu malam, sebaiknya bangun di awal hari. Sistem pencernaan pada tubuh perlu istirahat juga, untuk pemulihan. Tidur yang cukup sangat membantu kesembuhan diare yang sedang anda derita.

Dengan pola hidup sehat, memperhatikan kebersihan makanan, dan sebisa mungkin untuk menghindari pemakaian obat antibiotik adalah cara efektif untuk mencegah diare.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Mengobati Diare Secara Alami Dan Cepat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.