Ramuan Tradisional Menggunakan Kunyit Untuk Kesehatan

Kunyit merupakan rempah-rempah yang dapat dijadikan sebagai obat tradisional alami bagi kesehatan dan kecantikan. Peran kunyit dalam hal kecantikan, mampu membuat kulit lembut dan sebagai penghilang flek hitam di wajah. Kini kunyit bukan hanya digunakan untuk bumbu masakan, lebih dari itu banyak produk farmasi menggunakannya sebagai bahan baku. Produk berbahan kunyit tak kalah dibanding obat-obatan medis. Sebagai contoh, kunyit sangat efektif dalam penyembuhan radang sendi  menyaingi obat paten. Kini, ekstrak kunyit telah dibuat dalam bentuk kapsul sebagai makanan suplemen dengan tambahan Vitamin B, E, lesitin, dll.

Kandungan Kimia Kunyit

Kunyit mengandung banyak senyawa penting seperti kurkuminoid, minyak atsiri, lemak, protein, vitamin C, dan garam mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.
Manfaat dan Khasiat Kunyit

Manfaat Kunyit bagi kesehatan terkait dengan hadirnya kurkumin yang berperan sebagai antioksidan alami dan fitonutrien. Ini meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Ramuan Tradisional Menggunakan Temulawak, dapat anda baca di artikel sebelumnya.


Ramuan Tradisional Menggunakan Kunyit Untuk Kesehatan

Photo: naf.in


Beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan:


1. Sebagai Antiseptik alami yang mengobati luka.

Mencegah dan mematikan tumor ganas. Bahkan, Paduan kunyit dan kembang kol membantu menghambat pertumbuhan kanker prostat.

2. Kunyit juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dengan cara mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Jadi, kunyit dapat digunakan sebagai obat alami untuk melawan diabetes.

3. Kunyit sangat efektif mengobati diare, leukemia, peradangan pada persendian tubuh, melawan nyeri, melawan penyakit Alzheimer, mengobati stres, detoksifikasi, mengurangi efek penuaan.

4. Membantu melawan penyakit kulit, seperti psoriasis, eksim, dan ruam merah.


Manfaat kunyit untuk kecantikan


Kurkumin yang ada pada kunyit menghilangkan penimbunan lemak yang berbahaya bagi tubuh. Kunyit membantu mengobati peradangan pada kulit. Demikian pula untuk regenerasi sel sehingga menghambat efek penuaan. Nutrisi yang dikandung oleh kunyit berkhasiat untuk melembabkan kulit dan mengatasi kulit kering, membuat kulit cerah dan bersinar.

Kunyit juga efektif dalam mengurangi selulit. [Baca: Ramuan Tradisional Untuk Melangsingkan Perut Buncit ]


Kunyit Untuk Kecantikan

Photo: helynskitchen.com



Cara Membuat Ramuan Tradisional menggunakan Kunyit


1. Kunyit untuk Mengobati Keputihan

Cara membuat ramuan: Siapkan 2 rimpang kunyit, 1 genggam beluntas, 1 buah asam, dan sepotong gula aren. Rebus bahan-bahan alami tersebut hingga mendidih, kemudian saring. Minumlah secara rutin tiap hari.

2. Mengobati Demam


Parut kunyit secukupnya, tambahkan air kemudian peras dan saring. Minumlah sebanyak 2 kali setiap hari.

3. Merangsang Keluarnya ASI

Bagi anda yang sedang menyusui tapi ASI keluar tidak lancar, parut kunyit kemudian oleskan ke tempat keluarnya ASI.

4. Mengobati Diare

Rebus irisan kunyit, lalu tambahkan 1 sdm air kapur sirih dan aduk. Setelah disaring, minum airnya 3 kali dalam sehari.

5. Mengobati Cacar air

Siapkan kunyit dan daun asam secukupnya. Haluskan dengan blender hingga halus, kemudian oleskan. Ini juga dapat mengobati gatal pada kulit.

6. Mengobati Borok

Parut sepotong kunyit, tambahkan 1 sdm air kapur sirih dan air jeruk nipis. Aduk hingga merata lalu oleskan.

7. Mengobati Radang amandel

Peras kunyit yang sudah diparut, tambahkan kuning telur dan air kapur sirih. Kocok campuran tersebut, kemudian minum.

8. Mengobati Radang gusi

Rebus irisan kunyit dan gambir beberapa saat, kemudian gunakan untuk berkumur.

9. Mengobati Haid terlambat

Siapkan bahan berupa kunyit, daun sigading, bji pala, kapulaga, ketumbar, jinten hitam dan cengkih. Rebus bahan-bahan tersebut, kemudian saring airnya. Minum ramuan alami tersebut untuk mengobati haid yang terlambat.

Demikian beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga tulisan ini membantu anda yang sedang mencari cara alami mengobati penyakit menggunakan kunyit.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Ramuan Tradisional Menggunakan Kunyit Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.